Comscore Tracker

Gak Ribet! Berikut 12 Tips untuk Merawat Kompor Gas Supaya Awet

Bakal selalu look new!

Kompor gas adalah salah satu peralatan rumah tangga yang perlu dijaga kebersihannya. Dalam memasak, terkadang ada percikan minyak, air yang tumpah dan kotoran lain menghinggap di kompor gas yang bisa menyebabkan jamur dan karat. Karena itu, jangan menghindar untuk membersihkan kompor gas supaya nggak cepat rusak. Membersihkan kompor gas secara keseluruhan perlu dilakukan secara teratur, itu untuk menjaga kualitas api dan kompor supaya nggak cepat rusak.

Sebab, kerusakan kompor gas akan menghambat kegiatan memasak untuk menyediakan makanan sehat dan lezat untuk keluarga. Nah, berikut dua belas tips untuk membersihkan dan merawat kompor gas supaya awet dan selalu terlihat baru.

1. Lepas ring dan selang pada kompor gas

Gak Ribet! Berikut 12 Tips untuk Merawat Kompor Gas Supaya Awetreadersdigest.ca

Sebelum mulai membersihkan kompor gas, perlu memperhatikan hal-hal kecil. Di antaranya, yaitu melepaskan ring dan selang kompor gas terlebih dahulu. Secara umum, ring kompor gas bisa langsung dilepas dari tungku. Jika ring melekat pada bagian tungku, bacalah manual untuk membersihkan atau melepasnya.

Setelah dilepaskan, rendam ring dalam larutan air panas, tambahkan sabun cuci piring cair atau dengan satu sendok makan asam sitrat. Rendam ring selama 2-4 jam, sehingga kotoran dan kerak yang membandel terangkat. Kemudian, bersihkan ring dengan menyikatnya menggunakan sikat gigi bekas, lalu bilas dan keringkan dengan lap kain.

Oh iya, jangan lupa untuk menutup bagian kepala tabung gas setelah selang dilepas. Tentu hal itu untuk menghindari hal yang nggak diinginkan.

2. Lepaskan kenop dan tungku kompor gas

Gak Ribet! Berikut 12 Tips untuk Merawat Kompor Gas Supaya Awetlowes.com

Cara ini akan memudahkan untuk membersihkan bagian bawah kompor. Namun, satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah melepas kenop kompor perlahan-lahan. Itu supaya nggak merusaknya. Setelah kenop terlepas, kemudian rendam kenopnya.

Rendam kenop kompor gas menggunakan air sabun. Merendam dengan air sabun akan membantu mengangkat noda pada kenop kompor. Jika noda masih menempel, gunakan kain basah untuk menggosoknya. Sembari kenop direndam, bisa menyeka bagian kompor lainnya.

3. Bersihkan tungku menggunakan krim khusus dan sikat juga spons

Gak Ribet! Berikut 12 Tips untuk Merawat Kompor Gas Supaya Awetpiekerts.com

Tungku adalah bagian kedua dari kompor yang paling banyak terkena noda lemak. Hindari membersihkan tungku kompor gas dengan larutan air dan sabun. Karena, air akan membuat tungku basah dan lembab, yang membuat api nggak menyala sempurna. Alternatifnya, bisa menggunakan krim khusus pembersih dapur atau kompor gas.

Dalam penggunaan krim khusus, jangan lupa untuk mengikuti aturan penggunaan. Tapi, umumnya krim khusus cuman dioleskan ke tungku. Kemudian, diamkan beberapa menit supaya krim bekerja optimal untuk menghilangkan lemak dan kotoran. Jika masih ada kerak atau noda yang membandel, sikat menggunakan sikat gigi bekas.

Terakhir, gosok atau seka tungku dengan spons atau kain. Untuk hasil maksimal, disarankan mengangkat kompor ketika disikat. Kemudian, keringkan tungku sebelum memasukkannya kembali ke atas kompor. Hal itu supaya air nggak menetes ke celah yang ada pada kompor gas.

4. Lap bagian burner kompor gas

Gak Ribet! Berikut 12 Tips untuk Merawat Kompor Gas Supaya Awetlaetapaparaguay.com

Kompor gas memiliki bagian inti di mana api keluar. Karena bersentuhan langsung dengan api, masih banyak orang yang ragu untuk membersihkan bagian yang satu ini. Tapi, bagian yang satu ini juga perlu untuk dibersihkan. Jika pembakar nggak dibersihkan, kotoran akan menumpuk dan menghambat aliran api untuk memasak.

Caranya, lepas pembakar dan bersihkan bagian gigi pembakar. Jangan ragu untuk melepasnya, apalagi kompor gas merek Rinnai. Karena, kompor gas tersebut dilengkapi dengan burner yang bisa dilepas dan dibersihkan. Untuk membersihkan permukaan burner, bisa menggunakan sikat gigi kering.

Untuk bagian gear burner, gunakan kawat atau pin yang kaku. Jangan sekali-kali menggunakan tusuk gigi atau batang yang mudah patah. Karena, jika patah berpotensi tertinggal di bagian pembakar kompor gas.

5. Membersihkan permukaan kompor gas menggunakan bahan alami

Gak Ribet! Berikut 12 Tips untuk Merawat Kompor Gas Supaya Awetblogs.extension.iastate.edu

Permukaan kompor gas adalah bagian yang perlu dibersihkan setiap kali selesai memasak. Noda dan minyak goreng sangat sering meninggalkan bekas. Selain menggunakan cairan pembersih kimia, bisa juga menggunakan bahan-bahan alami untuk membuat permukaan kompor gas terlihat lebih clean. Di antaranya adalah bubuk soda kue, cuka apel, jeruk nipis dan tepung terigu.

6. Jangan lupa! Bagian bawah tungku kompor gas juga harus dibersihkan

Gak Ribet! Berikut 12 Tips untuk Merawat Kompor Gas Supaya Awethotpads.com

Untuk membersihkan bagian bawah tungku kompor gas, gunakan spons yang telah dioleskan ke sabun pencuci piring. Kemudian, basahi spons dan peras, tapi jangan sampai kering. Tambahkan lebih banyak sabun untuk membersihkan bagian bawah kompor gas dengan noda lemak yang sulit dibersihkan. Ingat! Jangan biarkan air dari spons menetes ketika membersihkan kompor.

Itu supaya tetesan air nggak masuk ke celah di bagian bawah tungku. Karena, bisa merusak mesin kompor.

Periksa lagi, apakah noda lemak di bagian bawah tungku benar-benar bersih atau nggak. Jika nggak, bersihkan dan gosok kembali dengan membasahi spons dengan air sabun. Nggak perlu khawatir dengan sisa sabun yang menempel, karena ini dilakukan cuman untuk memastikan bahwa bagian bawah tungku benar-benar bersih.

Baca Juga: 8 Trik Membersihkan Wadah Plastik yang Menguning dan Berbau Tak Sedap

7. Gunakan kain kering yang bersih

Gak Ribet! Berikut 12 Tips untuk Merawat Kompor Gas Supaya Awet101daysoforganization.org

Jika bagian bawah tungku benar-benar bersih, langkah selanjutnya adalah menyeka bagian bawah tungku dengan kain kering dan bersih. Hal ini dilakukan supaya air yang masih menempel bisa terserap ke dalam kain, sehingga bagian tersebut benar-benar kering.

Bagian bawah kompor gas adalah bagian terpenting dari kompor yang perlu dibersihkan, karena di situlah noda minyak menempel.

8. Cek secara berkala selang dan regulator

Gak Ribet! Berikut 12 Tips untuk Merawat Kompor Gas Supaya Awetgumtree.com

Nggak cuma kompor gas yang perlu dibersihkan, selang dan regulator tabung gas juga perlu dirawat. Bersihkan pada bagian ujung-ujung selang setelah regulatornya dilepas. Selain itu, perlu juga menyeka bagian luar selang dengan kain lembab. Dengan membersihkannya secara teratur, akan tahu jika ada kebocoran pada selang gas.

Regulator juga jangan lupa dari perhatian, itu untuk mengantisipasi kebocoran gas jika pemasangannya nggak tepat. Pastikan tekanan tabung gas normal, nggak terlalu rendah atau terlalu tinggi yang berpotensi menyebabkan ledakan gas.

9. Jangan lupa juga membersihkan range hood

Gak Ribet! Berikut 12 Tips untuk Merawat Kompor Gas Supaya Awetuacom.info

Jangan lupa untuk merawat berbagai range hood. Bagian terpisah dari kompor gas ini berfungsi untuk menyerap asap, aroma, kepekatan dan residu lainnya yang nggak terlihat ketika cooking. Jika nggak menggunakan range hood, bukan berarti tugas bersih-bersih selesai. Tapi, harus membersihkan dinding di sekitar kompor.

Residu memasak bisa menumpuk dan menjadi jelaga yang bisa membuat dinding kotor. Jika kotoran telah menjadi kerak, bisa menggunakan pengerik untuk membantu membersihkannya.

10. Taruh dan pasang semua bagian kompor yang sudah dibersihkan ke asalnya

Gak Ribet! Berikut 12 Tips untuk Merawat Kompor Gas Supaya Aweterinnudi.com

Setelah semua bagian kompor dibersihkan, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah meletakkan dan memasang kembali semua bagian kompor yang dilepas dan dibersihkan. Jangan lupa untuk tetap menggunakan kain kering dan bersih untuk membersihkan bagian lain dari kompor yang mungkin masih basah.

11. Hindari penggunaan kompor tanpa peralatan memasak di atasnya

Gak Ribet! Berikut 12 Tips untuk Merawat Kompor Gas Supaya Awetdigitaltrends.com

Menyalakan kompor ketika nggak ada peralatan memasak di atasnya bisa membahayakan. Mengapa demikian? Karena, api yang nggak berinteraksi langsung dengan peralatan memasak akan menyebabkan bau gas yang bisa berbahaya. Dan yang terburuk bisa memicu ledakan pada kompor gas.

12. Bersihkan tabung gas secara rutin

Gak Ribet! Berikut 12 Tips untuk Merawat Kompor Gas Supaya Awetkiwicamping.co.nz

Tabung gas juga perlu dijaga kebersihannya. Ini untuk mencegah terjadinya karat yang bisa menyebabkan kebocoran pada tabung gas. Cara membersihkannya cukup mudah, lepaskan regulator terlebih dahulu. Bersihkan tabung dengan menyiraminya dengan air, kemudian menyikatnya dengan sabun di semua bagian tabung.

Kemudian, perhatikan apakah ada bagian tabung gas yang mengeluarkan gelembung yang disebabkan interaksi antara air dan gas (bagian tabung yang diindikasikan sebagai kebocoran). Setelah selesai menyikat, bilas dengan air sampai bersih. Langkah terakhir, seka tabung sampai benar-benar kering.

Mudah dan nggak ribet, kan?

Baca Juga: Seberapa Sering Sih Kita Harus Membersihkan Keyboard? Begini Kata Ahli

Riyan Sumarno Photo Verified Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya