Comscore Tracker

5 Tips Mengatur Pernikahan dengan Low Budget, Tetap Terlihat Mewah

Persiapan menikah tahun 2020, nih

Akan lebih banyak pengeluaran yang diperlukan setelah berumah tangga, sementara pesta pernikahan hanya untuk satu kali saja. Ada baiknya, pernikahan dilakukan dengan sewajarnya saja tapi tetap dapat kesan sakralnya dari kedua keluarga mempelai. Biaya pernikahan memang tidak murah, tapi kamu bisa mengatur budget yang kamu miliki untuk menggelar pesta pernikahan sesuai keinginanmu.

Menggelar pesta pernikahan yang mewah dan meriah tidak harus mahal. Yuk simak 5 tips pernikahan dengan low budget di bawah ini.

1. Gunakan undangan online

5 Tips Mengatur Pernikahan dengan Low Budget, Tetap Terlihat Mewahpixabay.com/mcmike

Di zaman yang semakin maju ini, kamu juga tentu bisa memanfaatkan teknologi berupa undangan online untuk pernikahanmu. Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mencetak kertas atau kartu yang harganya puluhan ribu rupiah. Bahkan kamu bisa mendapatkannya secara gratis dari temanmu yang ahli mendesain.

Namun jika memang harus mengeluarkan undangan fisik secara resmi, kamu tidak perlu mencetak banyak undangan. Cukup bagikan undangan fisik tersebut kepada kerabat terdekat atau kepada orang yang sangat kamu hormati.

2. Selektif dalam memilih tamu undangan

5 Tips Mengatur Pernikahan dengan Low Budget, Tetap Terlihat Mewahpixabay.com/Pexels

Banyaknya tamu yang akan diundang di pernikahan juga akan mempengaruhi budgeting lho. Oleh karena itu, disarankan untuk selektif dalam memilih tamu undangan. Pernikahan merupakan momen keakraban dengan orang-orang terdekat, jadi manfaatkan kesempatan ini untuk mengundang orang-orang yang tentunya akrab denganmu dan pasanganmu. Jangan lupa minta pendapat orangtua juga ya.

Baca Juga: 7 Venue Resepsi Pernikahan Unik & Low Budget yang Bisa Jadi Referensi

3. Souvenir yang unik tapi murah

5 Tips Mengatur Pernikahan dengan Low Budget, Tetap Terlihat Mewahpexels.com/Artem Beliaikin

Kurang lengkap rasanya jika tamu undangan tidak diberi souvenir pernikahan. Sekarang ini banyak sekali souvenir yang unik dan lucu, tapi tetap dengan harga yang tidak murah. Kamu tidak perlu khawatir, souvenir yang unik dan lucu-lucu tentu bisa kamu buat sendiri. Banyak referensi souvenir DIY yang bisa kamu tiru dari internet. Selain harganya yang sangat terjangkau, souvenir ini juga pastinya lebih bermanfaat.

4. Gunakan jasa keterampilan kerabat atau teman dekat

5 Tips Mengatur Pernikahan dengan Low Budget, Tetap Terlihat Mewahinstagram.com/citraciki

Pentingnya bergaul dan mempunyai banyak teman dekat sangat dibutuhkan ketika akan mengadakan pesta pernikahan seperti ini. Kamu tentu mengetahui kemampuan teman-teman terdekatmu sesuai bidang masing-masing. Misalnya temanmu yang jago makeup atau yang ahli fotografi. Kamu bisa meminta bantuan kepada mereka, tentunya dengan harga teman yang lebih terjangkau.

5. Menentukan prioritas dan mengeliminasi biaya yang tidak penting

5 Tips Mengatur Pernikahan dengan Low Budget, Tetap Terlihat Mewahpexels.com/Lum3n.com

Selain hal-hal di atas, masih banyak yang harus dipikirkan dalam pernikahan. Kamu harus pandai menentukan prioritas dan mulai mengeliminasi biaya-biaya yang tidak penting. Seperti cincin pernikahan yang pasti harus ada, dan gaun pengantin yang sebaiknya kamu sewa ketimbang harus membeli yang baru.

Mendekorasi pelaminan juga tidak harus yang mewah, cukup yang simple namun terlihat elegan saja. Kamu bisa mendekorasi sendiri konsepnya, ini tentu memangkas pengeluaranmu saat memesan wedding organizer.

Outfit senada memang terlihat bagus saat acara foto bersama, tapi tentu biaya seragam untuk keluarga besar ini juga tidak murah. Kamu bisa mengakalinya dengan meminta mereka menggunakan pakaian dengan warna yang senada sehingga nampak rapih dan serasi.

Biaya tiap tahun tentu semakin mahal, oleh karena itu konsep pernikahan harus dipikir secara matang agar tidak mengeluarkan biaya yang banyak. Semuanya bisa kamu atur sesuai keinginan kamu dan pasangan.

Nah, itu dia tips mengatur pernikahan dengan low budget!Semoga membantu ya untuk yang akan menikah tahun depan.

Baca Juga: 7 Tips Menggelar Pesta Pernikahan Impian Tanpa Bikin Kantong Jebol

Rizna M. Hidayah Photo Community Writer Rizna M. Hidayah

Sharing | Travelling | Writing Antara menulis dan bulutangkis, namun bukan seorang jurnalis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Just For You