Comscore Tracker

5 Cara Aman Singkirkan Sarang Tawon di Rumah, Sengatannya Mematikan!

Tawon mampu menyengat "penganggu" berkali-kali, lho

Tak sedikit orang mengira lebah dan tawon adalah hewan yang sama karena bentuknya yang mirip. Padahal, tawon lebih berbahaya bila dibandingkan lebah, lho. Dilansir Rescue, sengatan tawon dapat menyebabkan bengkak dan sakit di sekitar area serangan. Bahkan dalam beberapa kasus, sengatan ini menyebabkan reaksi alergi serius yang bisa mengakibatkan lumpuh hingga kematian.

Mengetahui bahayanya, maka kamu harus segera menyingkirkan sarang tawon di rumah. Sayangnya, hewan ini menjadi sangat agresif saat sarangnya terganggu. Mereka juga bisa menyengat penganggu sarangnya berkali-kali. Maka dari itu, kamu harus ekstra hati-hati.

Untuk menghindarinya, kamu memerlukan beberapa cara yang aman dan mudah untuk menyingkirkan sarang tawon di rumah seperti penjelasan berikut ini.

1. Cek sarang tawon di setiap ruangan rumah

5 Cara Aman Singkirkan Sarang Tawon di Rumah, Sengatannya Mematikan!ilustrasi sarang tawon (pixabay.com/Nature-Pix)

Yang harus pertama kali dilakukan adalah menemukan semua sarang tawon di rumahmu. Biasanya, sarang itu menempel atau menggantung di tempat yang tinggi. 
Beberapa lokasi yang menjadi favorit tawon adalah atap, semak-semak, loteng, dan lubang ventilasi.

Namun, tidak jarang kamu juga akan menemukan sarang tawon di tempat yang tersembunyi seperti lemari atau rak yang lama tidak terpakai. Jadi, carilah sarang tawon ini dengan detail, ya.

2. Rencanakan dengan baik

5 Cara Aman Singkirkan Sarang Tawon di Rumah, Sengatannya Mematikan!ilustrasi tangga (pexels.com/Rafael De Lancer)

Siapkan semua alat untuk menyingkirkan sarang tawon seperti kantong sampah tebal, gunting, tangga, rotan pembunuh tawon, dan pakaian tebal. Jika salah satunya tidak ada, lebih baik ditunda, ya. Sebab barang-barang tersebut memiliki fungsi masing-masing untuk melindungimu dari sengatan tawon.

Waktu terbaik untuk melakukan proses penyingkiran tawon ini setelah matahari terbenam atau di sore hari. Ini merupakan waktu yang tepat karena ratu tawon dan pengikutnya ada di sarangnya. Dengan begitu, kamu tidak hanya menyingkirkan sarang kosong.

3. Jauhkan sumber cahaya saat mendekati sarang tawon di malam hari

5 Cara Aman Singkirkan Sarang Tawon di Rumah, Sengatannya Mematikan!ilustrasi lampu senter (pexels.com/Francesco Paggiaro)

Tawon akan menyerangmu karena mereka tidak bisa melihatmu dengan baik dalam gelap, alhasil mereka akan mengejar sumber cahaya. Karena itu, pastikan untuk jauhkan sumber cahaya yang terlalu fokus dari sarang tawon agar kamu tidak menjadi sasaran empuk mereka.

Pilihlah sumber cahaya dengan jangkauan yang luas sehingga tawon tidak fokus atau menyadari ada kehadiranmu. Siapkan juga semprotan pembunuh tawon berbentuk uap yang dapat menjangkau sarang tawon meski tidak mendekati mereka.

Baca Juga: Sering Dikira Sama, Ini 7 Perbedaan Lebah dan Tawon

4. Semprot sarang tawon beberapa kali hingga benar-benar mati

5 Cara Aman Singkirkan Sarang Tawon di Rumah, Sengatannya Mematikan!ilustrasi penyemprot insektisida (unsplash.com/JESHOOTS)

Kalau kamu melihat ada sarang tawon yang aktif di dekat rumah, cobalah semprotkan pembunuh tawon yang bisa kamu beli di toko. Pakailah baju yang tebal dan face shield, lalu semprotkan di sore hari saat tawon sedang tidak aktif. Sayangnya, cara ini tidak langsung membunuh seluruh tawon. Jadi, kamu perlu menyemprotnya berulang kali selama beberapa hari.

Tak hanya semprotan insektisida yang membunuh tawon, kamu juga bisa membuat alternatif yang mudah dibuat, yakni dengan sabun cuci piring. Campurkan sedikit air dan sabun cuci piring, taruh ke dalam botol semprot. Meski terlihat sepele, sabun cuci piring dapat menyumbat pori-pori pernapasan tawon yang bisa membunuh mereka.

5. Buatlah perangkap tawon

5 Cara Aman Singkirkan Sarang Tawon di Rumah, Sengatannya Mematikan!ilustrasi perangkap tawon (thespruce.com/Sarah Crowley)

Buat perangkap tawon buatan sendiri yang terbuat dari botol minuman soda. Potonglah bagian atas botol soda ukuran besar. Kemudian, berikan beberapa tetes minuman soda atau jus buah yang sudah dicampur dengan cairan pencuci piring di bagian botol yang terpotong.

Gantung perangkap tersebut di atap dengan botol yang runcing di atas. Oh ya, memperhatikan keselamatanmu adalah hal mutlak. Jadi, alangkah baiknya, gunakan pakaian tebal ketika memasang perangkap tawon. Selain itu, gunakan pelindung daerah wajah terutama mata untuk menghindari sengatan tawon yang mengerikan.

Setelah beberapa saat, tawon akan pindah ke perangkap. Semprot tawon tersebut dengan semprotan pembunuh tawon yang ada di toko. Agar hasil efektif, pastikan mengikuti petunjuk semprotan itu.

Sesudah tawon mati, kamu bisa menyingkirkan sarangnya dengan bambu atau kayu yang panjang. Jika sarang tawonnya bisa kamu ambil langsung, sebaiknya bungkus ke dalam plastik tebal dan bakar. Namun jika tawon yang masuk perangkap berjumlah banyak, ada baiknya hubungi profesional atau pemadam kebakaran, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Tawon Ndas, Sengatannya Mematikan & Bisa Ditemui di Indonesia

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya