Comscore Tracker

5 DIY Makeup Remover Alami yang bisa Kamu buat Sendiri di Rumah

Bikin kulit wajah bersih, lembut, dan glowing

Langkah penting untuk merawat wajah tetap bersih dan bersinar adalah menghapus riasan dengan benar. Sayangnya, tak jarang kita melakukan kesalahan dalam melakukannya sehingga masih ada riasan yang menempel di wajah. Kusam, kulit bernoda, dan jerawat hanyalah beberapa akibat dari menghapus riasan yang kurang bersih.

Tak hanya itu, terkadang penghapus riasan (make up remover) dengan bahan kimia yang kurang baik, seperti pengawet, alkohol, dan wewangian justru membuat kulit wajah jadi rusak. Biasanya bahan-bahan kimia tersebut meninggalkan jejak minyak yang dapat menyumbat pori-pori di wajah.

Itulah mengapa sangat penting untuk menggunakan penghapus make-up berbahan alami. Ingin membuat penghapus make-up sendiri di rumah? Kalau gitu, langsung simak beberapa cara berikut, ya!

1. Madu

5 DIY Makeup Remover Alami yang bisa Kamu buat Sendiri di Rumahilustrasi madu (unsplash.com/Alexander Mils)

Madu dikenal dapat mengangkat sel kulit mati yang membandel. Tak hanya itu, kemampuannya dalam menghapus riasan dan menghilangkan bekas jerawat yang membandel juga sering dimanfaatkan sebagai make up remover, lho.

Untuk membuatnya, kamu hanya memerlukan satu sendok teh madu pilihanmu. Oleskan madu tersebut di wajah dan diamkan selama 5—10 menit. Lalu bilas dengan air hangat dan kain.

2. Air mawar

5 DIY Makeup Remover Alami yang bisa Kamu buat Sendiri di Rumahilustrasi hydrating rose water (pixabay.com/monicore)

Hydrating water yang terbuat dari lidah buaya dan air mawar bukan hanya membuat wajah bersih dan segar, tapi juga harum serta halus.

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir air mawar
  • 1/4 cangkir getah lidah buaya
  • 2 sendok air teh gliserin
  • 1 sendok teh sabun kastil
  • 8 tetes minyak mawar untuk aroma tambahan


Cara membuatnya sangatlah mudah. Kamu tinggal mencampurkan seluruh bahan hingga rata dan simpan ke dalam botol kaca. Kamu bisa menyemprotkan hydrating rose water secukupnya pada tangan yang sudah dibersihkan atau waslap wajah. Pijat dengan lembut di wajah hingga kulit terasa bersih. Lalu bilas dengan air hangat dan keringkan.

Baca Juga: 6 Jenis Makeup Remover yang Ampuh Membersihkan Wajahmu

3. Sampo bayi dan minyak kelapa sebagai make up remover

5 DIY Makeup Remover Alami yang bisa Kamu buat Sendiri di Rumahilutrasi minyak kelapa (unsplash.com/Tijana Drndarski)

Jika sampo bayi dinilai lembut untuk bayi, maka itu juga baik untuk kulitmu. Dilansie Free People, make up remover berbahan sampo bayi terbilang cocok untuk semua jenis kulit dan tidak pedih di mata. Untuk membuatnya pun terbilang mudah, lho.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah 1/2 sendok makan sampo bayi, 1/4 sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun, dan air secukupnya. Cara membuatnya, campurkan sampo bayi dan minyak ke dalam botol. Tambahkan air secukupnya dan kocok hingga semua bahan tercampur.

Jangan khawatir jika nantinya minyak naik ke atas karena itu adalah hal yang normal. Hanya saja ketika ingin memakainya, kamu perlu mengocoknya hingga menyatu kembali. Setelah itu, taruh beberapa tetes ramuan tersebut ke kapas atau cotton bud. Oleskan kapas tersebut pada kulit atau mata. 
Simpanlah ramuan ini di tempat yang kering dan sejuk agar tidak rusak, ya.

4. Gula merah

5 DIY Makeup Remover Alami yang bisa Kamu buat Sendiri di Rumahilustrasi gula jawa (unsplash.com/Widuri Putri)

Melakukan exfoliating menjadi salah satu cara untuk merawat kulit yang efektif. Mengangkat sel kulit mati, meningkatkan kekenyalan kulit, dan meningkatkan sirkulasi darah menjadi beberapa manfaat dari exfoliating ini.

Untuk membuat produk exfoliating tersebut kamu hanya memerlukan dua cangkir gula merah dan dua cangkir minyak kelapa. Tinggal campurkan dan aduk kedua bahan tersebut hingga rata dan disimpan dalam stoples. 

Saat akan menggunakannya, kamu bisa mengaduknya dengan sendok. Lalu oleskan ke kulit wajah dengan memakai tangan atau spons wajah. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

5. Minyak zaitun sebagai make up remover

5 DIY Makeup Remover Alami yang bisa Kamu buat Sendiri di Rumahilustrasi minyak zaitun (pixabay.com/stevepb)

Make up remover yang satu ini sangat baik untuk area sensitif seperti di sekitar mata dan membersihkan kulit wajah. Minyak zaitun bermanfaat untuk mengangkat kotoran di wajah dapat terangkat secara efektif sekaligus melembabkan kulit. Sedangkan witch hazel dapat mengurangi minyak berlebih di wajah sambil menutrisi kulit.

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah
2 sendok makan minyak zaitun, 1/4 cangkir minyak kelapa, 1 sendok makan witch hazel, dan 6 tetes minyak vitamin E.

Cara membuatnya, taruh minyak kelapa dan minyak zaitun ke dalam wadah, lalu aduk hingga tercampur. Tambahkan witch hazel dan minyak vitamin E, kemudian aduk rata. Terakhir, taruh ramuan ke dalam toples kaca.

Pakailah sekitar seperempat ramuan di wajah dan pijat secara lembut. Diamkan sekitar satu menit, bersihkan dengan air hangat dan waslap basah hingga wajah bersih.

Kamu bisa mendapatkan beberapa bahan make up remover tersebut di marketplace terpercaya. Meski terbilang lebih mahal, tapi bahan-bahan alami ini lebih alami, ramah lingkungan, dan baik untuk kulit wajah. Siap mencobanya di rumah?

Baca Juga: Kenali Sebelum Beli, 7 Jenis Makeup Remover yang Wajib Kamu Tahu

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya