Comscore Tracker

5 Ide Desain Kamar Tidur Sempit agar Terkesan Luas, Bikin Makin Betah!

Idenya sederhana untuk dipraktikkan 

Kamar tidur yang sempit memang kerap menjadi masalah saat mendekorasi. Hanya menaruh tempat tidur, kamar jadi terkesan kosong. Tapi begitu ditaruh beberapa perkakas lain, kamar jadi sesak.

Untungnya ada trik dekorasi yang dapat membuat ilusi sehingga kamar tidur sempit jadi terkesan lebih luas. Tidak usah berlama-lama, inilah ide desain yang membuat kamar tidur sempit jadi terlihat lega. Check them out!

1. Manfaatkan ruang vertikal

5 Ide Desain Kamar Tidur Sempit agar Terkesan Luas, Bikin Makin Betah!ilustrasi desain kamar sempit (unsplash.com/Spacejoy)

Salah satu solusi ruang sempit adalah memanfaatkan ruang vertikal. Memang betul jika lantai tidak mempunyai space yang cukup tapi kamu bisa manfaatka dinding hingga langit-langit, lho.

Kamu bisa menaruh tanaman hias sebagai penghasil udara segar di kamar agar ruang terasa lega. Tak harus ditaruh di lantai, kamu bisa menaruh beberapa tanaman hias pada open shelves gantung. Agar kamar tidur makin terkesan artistik, tambahkan juga lukisan yang menempel di dinding.

2. Tambahkan cat dan wallpaper warna cerah untuk menambah kesan tinggi

5 Ide Desain Kamar Tidur Sempit agar Terkesan Luas, Bikin Makin Betah!ilustrasi desain kamar tidur sempit (biglots.com)

Permainan warna memang bisa mengubah penampilan ruangan, lho. Biasanya, warna cat atau wallpaper terang dapat menambah kesan tinggi pada sebuah kamar tidur. Selain itu, kamu juga mencoba mengecat seluruh ruangan hingga daun pintu dan bingkai jendela agar menambah kesan luas secara visual.

Cocok untuk kamar tidur remaja putri yang ceria, kamu bisa mengaplikasikan cat dinding warna pink pada dinding dan pintu. Agar tidak monoton, kamu juga bisa menambahkan aksen warna oranye dan abu-abu di dinding. Kamar tidur jadi terlihat manis, kan?

Baca Juga: 9 Ide Desain Kamar Tidur yang Sedang Tren Tahun 2022, Bikin Nyaman! 

3. Putih selalu jadi solusi ruang sempit

5 Ide Desain Kamar Tidur Sempit agar Terkesan Luas, Bikin Makin Betah!ilustrasi desain kamar tidur sempit (unsplash.com/Sidekix M)

Putih selalu menjadi opsi terakhir kalau kamu ingin mendesain kamar tidur sempit. Yup, warna ini memang bisa membuat ilusi ruang jadi lebih besar. Kamu bisa memilih cat dinding, pintu, atau jendela dengan nuansa putih dengan furnitur warna lain untuk menimbulkan kesan monokrom yang elegan.

Kamu juga bisa memadu padankan furnitur warna putih dengan dinding dan yang lainnya berwarna kalem atau bold bergantung kepribadianmu. Tapi jika ingin seluruhnya putih, kamar tidur tetap terlihat menarik, kok. Nah, kamu pilih yang mana?

4. Pilihlah furnitur berkaki untuk menambah kesan tinggi

5 Ide Desain Kamar Tidur Sempit agar Terkesan Luas, Bikin Makin Betah!ilustrasi desain kamar tidur sempit (unsplash.com/Jonathan)

Furnitur berkaki dapat menimbulkan kesan tinggi sehingga suasana kamar tidur jadi terkesan lapang. Tak harus semua furnitur berkaki, ya. Namun, kamu bisa mencoba untuk setidaknya mempunyai satu furnitur dengan kaki. Misalnya meja rias, nakas, atau tempat tidur. 

Kamu bisa dekorasi kamar tidur minimalis dengan memanfaatkan nakas kecil berkaki di samping tempat tidur. Selain itu, gunakan teknik cat dinding gradasi yang juga bisa menambah kesan lebar pada kamar, lho.

5. Manfaatkan lampu samping di dinding untuk menambah kesan luas

5 Ide Desain Kamar Tidur Sempit agar Terkesan Luas, Bikin Makin Betah!ilustrasi desain kamar tidur sempit (unsplash.com/Kam I)

Apakah kamu termasuk orang yang harus tidur dengan lampu menyala? Tapi jika menggunakan lampu meja, nakas jadi terlihat penuh. Kalau begini, cobalah manfaatkan lampu samping yang menempel di dinding.

Lampu jenis ini akan membuat pandangan mata sejajar sehingga tampilan kamar jadi lebih lega. Tak hanya itu, lampu samping juga bisa mengurangi visual yang sesak di sekitar tempat tidur. Jadi makin nyaman, kan?

Menyulap kamar tidur sempit jadi lebih luas bukan hal yang sulit, kan? Tidak usah mengubah total seluruh tampilan kamar tidur, kamu bisa mengubahnya sedikit demi sedikit sesuai dengan kemampuan finansial. Jangan ngoyo, ya.



Baca Juga: 9 Ide Desain Rumah Mungil tanpa Sekat yang Minimalis, Homey Banget!

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya