Comscore Tracker

5 Cara Membuat Ruang Keluarga Minimalis Terasa Luas, Nyaman, dan Ramah

Jadi terasa lebih lega

Jarang yang menyadari jika ruang keluarga adalah ruang yang paling banyak digunakan ketika di rumah. Tak jarang, ruang keluarga menjadi ruang multifungsi seperti ruang nonton, ruang bermain, ruang belajar, ruang makan, dan masih banyak lagi. 

Itulah mengapa sangat penting menatanya agar anggota keluarga betah berkumpul di dalamnya. Nah, berikut ini kamu bisa menyimak trik agar ruang keluarga yang minimalis jadi lebih luas, nyaman, dan ramah.

1. Taruh tanaman tinggi di sudut ruang kosong

5 Cara Membuat Ruang Keluarga Minimalis Terasa Luas, Nyaman, dan Ramahilustrasi monstera di ruang keluarga (pexels.com/cottonbro)

Meski tidak lebar, jika ruang keluargamu cukup tinggi, menambahkan tanaman tinggi bisa mengisi spot ruang yang kosong,l ho. Selain itu, tanaman hijau juga dikenal sebagai penghasil oksigen yang membuat ruang terasa lebih nyaman.

Oya, pastikan tanaman yang kamu taruh dekat dengan jendela supaya mendapatkan cahaya untuk bertahan hidup. Beberapa tanaman tinggi yang bisa kamu pilih seperti palem hias, monstera, sanseviera, bambu hias, dan lainnya.

2. Taruh furnitur beberapa inci di depan dinding

5 Cara Membuat Ruang Keluarga Minimalis Terasa Luas, Nyaman, dan Ramahilustrasi ruang keluarga minimalis (unsplaah.com/Ryan C)

Tidak sedikit yang mengira jika menempelkan furnitur di dinding bisa membuat ruang keluarga terasa lebih lebar. Padahal cara ini justru membuat ruang jadi tidak proporsional, lho.

Cobalah geser furnitur di depan dinding beberapa inci, maka kamu akan melihat adanya ilusi pandang yang membuat ruang lebih nyaman. Di samping itu, furnitur yang berdekatan malah membuat suasana intim lebih terbentuk yang membuat anggota keluarga makin akrab, lho.

Baca Juga: 6 Tips Menata Side Table di Ruang Keluarga, Semakin Oustanding!

3. Kursi yang nyaman untuk berbagai usia

5 Cara Membuat Ruang Keluarga Minimalis Terasa Luas, Nyaman, dan Ramahilustrasi ruang keluarga untuk segala usia (pexels.com/Ленa)

Ingin seluruh anggota keluarga berkumpul di ruang keluarga? Jika iya, maka kamu perlu menyediakan berbagai kursi yang dapat digunakan untuk segala usia. Sebagai contoh, sofa memang cocok untuk kamu yang ingin bermalas-malasan, tapi tak sedikit lansia yang lebih menyukai kursi tegak. Sedangkan untuk anak-anak, mereka lebih menyukai bantal lantai dan karpet yang nyaman sebagai area bermain. 

Nah, agar kamu dapat memenuhi keinginan seluruh anggota keluarga, maka ada baiknya hindari set kursi yang sejenis. Belilah kursi, sofa, meja kopi, bantal lantai, dan karpet dengan warna netral agar kamu mudah memadu padankan.

4. Kaya akan pencahayaan alami

5 Cara Membuat Ruang Keluarga Minimalis Terasa Luas, Nyaman, dan Ramahilustrasi ruang keluarga (unsplash.com/Sidekix Media)

Ruang yang terang alami dapat menimbulkan kesan nyaman dan luas. Jadi, tidak ada salahnya memilih ruang yang memiliki cahaya alami terbanyak sebagai ruang keluarga.

Eits, meski begitu. Hindarilah ruang dengan jendela besar yang menghadap timur atau barat untuk menghindari terik matahari. Kalau pun ruang keluarga yang ada harus berhadapan langsung dengan matahari, kamu bisa mengakalinya dengan kerai atau tirai agar mengurangi terik matahari.

5. Sediakan board game untuk bermain bersama

5 Cara Membuat Ruang Keluarga Minimalis Terasa Luas, Nyaman, dan Ramahilustrasi bermain di ruang keluarga (pexels.com/Alex Green)

Tak jarang anggota keluarga berkumpul di ruang keluarga tapi mereka sibuk dengan gawainya. Nah, kalau sudah begini mengapa tak ajak mereka bermain board game? Permainan seperti monopoli, scrabble, ular tangga, halma, ludo, jenga, dan kartu memang selalu mengasyikkan untuk dimainkan bersama-sama.

Selain membuat anggota keluarga jauh dari gawai, permainan board game juga membuat kalian lebih akrab satu sama lain. Wah, segera rencanakan waktu bermain ini bersama dengan keluarga, ya.

Tak harus membeli furnitur yang mahal agar ruang terasa nyaman. Dengan beberapa cara di atas, kamu bisa menyulap ruang keluarga jadi lebih luas, nyaman, dan ramah untuk seluruh anggota keluarga. Oh ya, apakah kamu memiliki ide lain yang bisa diaplikasikan pada ruang keluarga?

Baca Juga: 9 Ide Desain Ruang Keluarga Mungil Jadi Terkesan Lebih Luas

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya