Comscore Tracker

6 Trik Memilih Cat Dinding Interior untuk Ruangan

Perhatikan suasana ruangan yang ingin dibangun

Memutuskan warna cat dinding yang cocok untuk setiap ruangan bisa memerlukan waktu yang lama. Dari melihat katalog warna cat dinding, mencari di internet, hingga memutuskan untuk datang langsung ke toko cat adalah beberapa cara konvensional dalam memilih cat. 

Setelah mengambil keputusan yang lama, ternyata cat dinding yang kamu pilih tidak sesuai dengan ukuran ruangan dan furnitur yang kamu miliki. Akhirnya, cat itu tidak jadi digunakan dan memulai dari awal lagi. 

Tentu saja hal itu membuang banyak uang, tenaga, dan waktu. Karena itu, menurut Bob Vila dan The Spruce terdapat enam trik memilih cat dinding interior yang tepat untuk setiap ruangan seperti berikut ini. 

1. Tentukan suasana ruangan

6 Trik Memilih Cat Dinding Interior untuk Ruanganilustrasi ruang tamu (pexels.com/Jason Boyd)

Kalau kamu ingin menciptakan suasana ruang tamu yang tenang, pertimbangkanlah warna abu-abu atau bluelight. Di sisi lain, jika ingin suasana dapur jadi lebih hidup dan semangat, warna merah, kuning, atau oranye. 


Sebenarnya, apa pun warna cat dinding yang dipilih, menentukan suasana yang ingin kamu capai dapat mempersempit palet warna, lho. Jadi, yuk tentukan suasana apa yang ingin kamu ciptakan untuk ruangan impianmu. 

2. Cobalah warna yang lebih terang atau gelap

6 Trik Memilih Cat Dinding Interior untuk Ruanganilustrasi cat dua warna (pexels.com/Max Vakhtbovych)

Terkadang yang kamu perlukan adalah sedikit penyesuaian agar bisa mendapatkan warna cat dinding yang tepat. Sebelum memutuskan cat, kamu bisa pertimbangkan warna cat yang lebih terang atau gelap dari warna yang kamu inginkan. 

Kamu bisa mencarinya lewat katalog gradasi warna yang ada ini internet. Tapi jika kamu memiliki waktu, tidak ada salahnya untuk meminta toko cat untuk menyesuaikan dengan persentase gelap atau terang. 

3. Pilihlah warna cat dinding yang bisa diterapkan di banyak ruang

6 Trik Memilih Cat Dinding Interior untuk Ruanganilustrasi warna cat dinding (pexels.com/Vecislavas Popa)

Jika kamu ingin mendekorasi sebuah rumah dengan anggaran terbatas dan berukuran kecil, memilih cat dinding untuk seluruh ruangan bisa memberikan ilusi ruangan yang lebih besar. Kamu bisa memilih warna cat yang netral untuk melakukan ini. 

Ya, warna cat yang netral bisa menciptakan suasana yang menenteramkan. Tetapi, kalau kamu ingin menimbulkan aksen yang berbeda di setiap ruangannya, kamu bisa memainkan warna furnitur atau permainan warna lantai. Pilih yang mana nih? 

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Cat Dinding Rumah agar Awet dan Gak Mudah Rusak

4. Perhatikan detail furnitur sebelum memilih cat

6 Trik Memilih Cat Dinding Interior untuk Ruanganilustrasi dapur (pexels.com/Curtis Adams)

Pertimbangkan dekor yang kamu miliki sebelum memilih cat. Supaya tidak menghabiskan banyak biaya, coba perhatikan seperti apa gaya sofa, karpet, lemari, hingga lukisan, kemudian cocokkan dengan cat yang kamu pilih. 

Jika cocok, berarti kamu bisa lanjutkan warna cat yang kamu inginkan. Namun, jika merasa cat dan furnitur itu tidak selaras, lebih baik ganti pilihan warnanya. Alasannya, lebih hemat mengganti pilihan warna cat dibandingkan mengganti furnitur yang kamu miliki, kan? 

5. Jangan tergesa-gesa membeli cat dinding

6 Trik Memilih Cat Dinding Interior untuk Ruanganilustrasi cat dinding interior (pexels.com/Monstera)

Tergesa-gesa memilih cat dinding yang kamu inginkan bisa menjadi kesalahan fatal jika furnitur, ukuran ruangan, lantai, jendela, hingga warna pintu saling bertabrakan. Seharusnya, warna cat menjadi sebuah keputusan akhir untuk menciptakan ruangan idaman. 

Kamu tidak ingin terjebak dalam ruangan di mana cat dan furnitur saling bertabrakan, kan? Kalau begitu, pilihlah warna cat dinding dengan hati-hati, ya. 

6. Perhatikan pencahayaan

6 Trik Memilih Cat Dinding Interior untuk Ruanganilustrasi pencahayaan ruang (pexels.com/Ann Nekr)

Sebelum menentukan pilihan, pastikan kamu juga memikirkan seperti apa warna cat yang dihasilkan ketika terkena cahaya. Perhatikan juga warna cat ketika masih menggunakan pencahayaan alami seperti matahari. 

Selain itu, kamu perlu mempertimbangkan pergeseran warna dari matahari terbit, tenggelam, dan menggunakan lampu. Perhatikan juga berapa banyak cahaya masuk ke dalam ruangan, kalau kamu memiliki ruangan dengan pencahayaan alami yang minim, pencahayaan buatan seperti lampu juga perlu kamu perhatikan. 

Semoga beberapa trik di atas bisa membantumu menentukan warna cat dinding yang kamu inginkan. Ingat ya, cat rumah adalah unsur penting yang dapat mengubah tampilan dan suasana ruangan secara keseluruhan. Jadi, jangan asal menentukan warna cat, ya! 

Baca Juga: 5 Warna Cat Dinding Paling Kekinian, Gak Melulu Putih, lho! 

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya