Comscore Tracker

5 Trik Menyimpan Barang Lebih Banyak dan Tetap Rapi di Walk in Closet

Cocok untuk ruang sempit

Memiliki walk in closet mungil di rumah berukuran kecil memang perkara yang memutar otak pemiliknya. Dijadikan dalam satu ruangan khusus, kamu sudah tidak memiliki cukup area. Mau dijadikan satu dengan ruang tidur, ruangan jadi terasa sempit.

Memaksimalkan lemari pun jadi alternatif terbaik untuk permasalahan ini. Gunakan rak, laci, hingga semua ornamen lemari untuk menyimpan barang bisa kamu lakukan. Dengan sedikit kreativitas, kamu tetap bisa membuat walk in closet terlihat rapi dan nyaman, kok. Cobalah ikuti lima trik ini, agar walk in closet bisa menyimpan banyak barang dan tetap rapi.

1. Pisahkan pakaian sesuai kategorinya

5 Trik Menyimpan Barang Lebih Banyak dan Tetap Rapi di Walk in Closetilustrasi walk in closet (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Walk in closet akan terlihat rapi, jika kamu menatanya berdasarkan kategori pakaian. Pisahkan dengan sekat antara celana katun dengan celana jeans, sweater dengan kemeja, dan lainnya.

Selain itu, kamu juga perlu memisahkan antara aksesoris, tas, sepatu. Kalau kamu memiliki dana lebih, sebaiknya buat lemari bulit-in supaya kamu dapat mengoptimalkan ruang di setiap bagian lemari. 

2. Lipat pakaian sekecil mungkin dan tetap rapi

5 Trik Menyimpan Barang Lebih Banyak dan Tetap Rapi di Walk in Closetilustrasi melipat baju (pexels.com/Vlada Karpovich)

Mempelajari cara melipat kemeja dan t-shirt dengan rapi bisa membuat perbedaan besar pada walk in closet-mu. Kemeja yang dilipat secara benar dan rapi terbukti memerlukan lebih sedikit ruang dibandingkan yang dilipat sembarangan.

Kamu bisa meniru cara melipat dengan metode KonMari ala Marie Kondo yang dikenal sebagai konsultan tata ruang, penemu metode KonMari, dan penulis buku. Selain itu, setelah dilipat, jangan lupa disimpan sesuai kategori dan warna agar mudah mengambilnya saat akan digunakan.

Baca Juga: 12 Desain Walk In Closet yang Bikin Rumah Terkesan Mewah, Sontek Yuk!

3. Gunakan cermin agar ruang walk in closet terlihat lebih besar

5 Trik Menyimpan Barang Lebih Banyak dan Tetap Rapi di Walk in Closetilustrasi walk in closet dengan cermin (pexels.com/Max Vakhtbovych)

Jika kamu ingin mempertahankan ruangan khusus walk in closet di rumah yang berukuran mungil, maka kamu memerlukan cermin. Ya, cermin memang bisa menimbulkan efek besar pada ruang yang sempit.

Kamu bisa menaruh cermin di bagian tengah ruang di antara lemari. Sebaiknya, pilih cermin yang memanjang secara vertikal agar ruangan terlihat semakin lega.

4. Walk in closet yang minimalis

5 Trik Menyimpan Barang Lebih Banyak dan Tetap Rapi di Walk in Closetilustrasi walk in closet minimalis (pexels.com/Max Vakhtbovych)

Saat ini gaya hidup minimalis makin disukai oleh para generasi anak muda. Memiliki barang secukupnya, hidup sederhana, dan furnitur rumah sesuai fungsinya merupakan ciri khas gaya hidup generasi ini.

Tentu saja, jika kamu menerapkan ini di walk in closet yang kamu miliki, ruang pun akan menjadi lebih lapang, lega, dan tertata rapi. Tak perlu menaruh semua pakaian di dalam lemari, cukup pakaian yang sering kamu pakai yang ditaruh di dalamnya. Hal yang sama berlaku juga pada sepatu, tas, dan aksesoris lainnya.

5. Menata benda dalam bentuk vertikal

5 Trik Menyimpan Barang Lebih Banyak dan Tetap Rapi di Walk in Closetilustrasi vertical walk in closet (thespruce.com/Stylizimo)

Menggunakan ruang vertikal pada lemari bisa mengoptimalkan ukuran ruang, lho. Kamu bisa sedikit mengubah lemari sehingga bisa ditata vertikal. Sebagai contoh, kamu dapat melepaskan sekat bagian dalam lemari sehingga kamu dapat menata pakaian secara lurus.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa papan kecil pada dinding yang ditata horizontal sebagai tempat menggantungkan koleksi sepatu heels yang kamu miliki. Dengan cara ini, kamu jadi lebih hemat ruang, kan?

Sebenarnya menyulap walk in closet di ruang sempit bukanlah hal yang sulit. Dengan menggunakan kreativitasmu, walk in closet yang kamu impikan pasti bisa tercapai. Selamat melakukan make over terhadap walk in closet milikmu!

Baca Juga: 9 Inspirasi Desain Walk in Closet Mungil, Biar Baju Semakin Rapi!

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya