Comscore Tracker

DIY Makrame yang Bikin Kamar Kosmu Jadi Auto Kece!

Gak perlu beli, deh

Salah satu hiasan dinding yang sedang digandrungi saat ini adalah makrame. Makrame merupakan kerajinan tangan yang terbuat dari tali. Cara membuatnya menggunakan teknik simpul yang dirangkai sedemikian rupa hingga membentuk hiasan dinding yang menawan.

Kerajinan ini pernah populer di Amerika pada 1970-an. Nah, buat kamu yang ingin menggunakan makrame sebagai bahan dekorasi di rumah, kamu bisa membuatnya sendiri, lho. Intip yuk caranya lewat artikel berikut ini.

1. Pertama siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat makrame

DIY Makrame yang Bikin Kamar Kosmu Jadi Auto Kece!apairandasparediy.com

Siapkan bahan yang digunakan sebagai penumpu dan merangkai tali. Biasanya bahan yang digunakan adalah tongkat kayu atau batang yang berbentuk horizontal. Selain itu, siapkan juga tali katun berjenis braid, gunting, dan meteran.

2. Buat simpul tali pada tongkat kayu yang telah disiapkan

DIY Makrame yang Bikin Kamar Kosmu Jadi Auto Kece!youtube.com

Potong tali menjadi kecil-kecil dan memiliki panjang 3 meter. Setelah tali sudah terpotong, mulailah mengikat simpul setiap tali pada tongkat kayu yang sudah disiapkan. Simpulkan tali menggunakan teknik larks head knot seperti gambar di atas.

3. Simpul mati tali sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya

DIY Makrame yang Bikin Kamar Kosmu Jadi Auto Kece!aprettyfix.com

Setelah itu, simpul mati tali dengan cara menyilangkan tali kanan dan kiri. Kemudian tarik tali tersebut hingga ke ujung simpul awal. Ulangi langkah tersebut sampai ujung tali yang ada.

Baca Juga: 5 Tips Dekorasi Ruangan dengan Tanaman Hias, Siap Sambut Lebaran!

4. Setelah disimpul mati, gabungkan 2 tali dengan square knot

DIY Makrame yang Bikin Kamar Kosmu Jadi Auto Kece!apairandasparediy.com

Langkah selanjutnya adalah menggabungkan tali-tali yang telah disimpul mati. Kamu bisa menggabungkan 2 tali yang ada dengan teknik square knot. Kemudian bagi tali tersebut menjadi 2 kelompok dan sisakan satu simpul di tengah.

5. Terakhir, lakukan teknik diagonal half hitch pada tali hingga membentuk segitiga

DIY Makrame yang Bikin Kamar Kosmu Jadi Auto Kece!macrameuk.com

Kemudian buatlah bentuk diagonal dengan teknik diagonal half hitch. Lakukan teknik ini pada tali di bagian sisi kiri dan kanan. Sementara untuk tali yang berada di bagian tengah, buatlah simpul kontak. Lanjutkan langkah tersebut hingga membentuk segitiga.

Nah, itu tadi langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat makrame di rumah. Selain hemat, rumah jadi lebih menawan deh dengan adanya dekorasi ini.

Baca Juga: Kami Tahu Dekorasi Pelaminan yang Cocok Buatmu!

Topic:

  • Rully Bunga
  • Elfida
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya