Comscore Tracker

Isi Waktu Luang, Begini 5 Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Jenisnya

Gak semuanya perlu dicuci dengan sabun lho

Untuk menunjang penampilan yang maksimal, alas kaki atau sepatu merupakan bagian penting yang gak boleh terlupakan. Sepatu tak hanya berfungsi sebagai pelindung kaki namun juga termasuk fashion item yang bisa meningkatkan rasa percaya diri. 

Gak heran kalau banyak orang yang mengoleksi berbagai jenis sepatu biar selalu tampil kece. Namun kamu sudah tahu belum bagaimana cara membersihkan sepatu yang tepat sesuai jenisnya? 

Kalau belum, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Sepatu patent leather

Isi Waktu Luang, Begini 5 Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Jenisnyaunsplash.com/@benearlweber

Sepatu patent leather adalah jenis sepatu kulit dengan hasil akhir yang mengkilat alias glossy. Jenis sepatu ini umumnya banyak ditemukan pada model sepatu formal, sehingga penting banget untuk dirawat dengan benar. 

Cara membersihkannya adalah dengan menggosoknya dengan petroleum jelly khususnya pada bagian yang lecet. Jika ingin efek yang lebih berkilau, semprotkan sedikit pembersih kaca agar terlihat seperti sepatu baru.

2. Sepatu kanvas

Isi Waktu Luang, Begini 5 Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Jenisnyaunsplash.com/@miladamasio

Karena nyaman digunakan bukan hal aneh bila koleksi sepatu kanvas sering kali kotor. Nah, cara membersihkannya bisa menggunakan pasta pembersih yang terbuat dari soda kue untuk bagian sol sepatu. Lalu bagian kanvasnya dapat dicuci dengan sabun baik secara manual atau di mesin cuci.

Tapi saat selesai dicuci usahakan tidak mengeringkannya di mesin pengering sebab bisa merusak bentuk sepatu.

Baca Juga: 8 Foot Spray Wajib Punya, Bikin Kaki Tetap Segar Meski Pakai Sepatu

3. Sepatu suede

Isi Waktu Luang, Begini 5 Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Jenisnyaunsplash.com/@andrewtanglao

Untuk jenis kulit dengan permukaan lembut seperti bahan suede, cara pembersihannya cukup sederhana. Gunakan kain lembab untuk menghilangkan noda, kelembapan kain perlu diperhatikan karena jika terlalu basah bisa merusak bahan suede-nya.

Kalau sudah selesai dibersihkan, isi bagian dalam sepatu dengan koran agar bentuknya tetap kokoh seperti semula sampai kembali kering. 

4. Sepatu lari

Isi Waktu Luang, Begini 5 Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Jenisnyaunsplash.com/@nickyquan

Tak kalah sering dipakai dari sepatu kanvas, sepatu lari juga masuk ke deretan sepatu yang sering digunakan karena nyaman dan ringan. Soal cara pembersihan, sepatu lari bisa dibersihkan dengan sabun cair dan air yang digosok dengan sikat kecil. Untuk bagian kainnya, gunakan spons busa agar tidak merusak bahan.

5. Sepatu kulit

Isi Waktu Luang, Begini 5 Cara Membersihkan Sepatu Sesuai Jenisnyaunsplash.com/@jamesbold

Berbeda dari sepatu berbahan patent leather yang mengkilap, sepatu kulit memiliki perawatan yang lebih kompleks. Untuk noda ringan, sepatu kulit bisa dibersihkan dengan sikat kecil atau penghapus putih khusus untuk sepatu kulit. Jika ada noda membandel, gunakan kain yang diberi cuka atau alkohol.

Membersihkan koleksi sepatu bisa jadi pilihan kegiatan produktif mengisi waktu luang selama #DirumahAja. Biar sepatu awet, jangan lupa perhatikan cara membersihkannya dengan tepat sesuai jenis bahannya ya!

Baca Juga: 7 DIY Termudah Sulap Sepatu Lama Jadi Sepatu Nikah Cantik nan Glamor

SA D Photo Verified Writer SA D

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya