Comscore Tracker

6 Ide Jurnal untuk Kamu yang Mau Healing   

Jangan scroll sosmed terus, ya!   

Journaling ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan mentalmu, lho. Melansir dari Journal of Management Education, menulis jurnal ternyata terbukti membantu mengelola stres dan kecemasan bagi para siswa sekolah. Bukan hanya siswa sekolah saja, tetapi orang dewasa juga bisa mencoba journaling untuk kelola stresnya. Biar tambah menarik, kamu bisa variasikan ide journaling. Ada lima ide journaling yang bisa kamu coba.

1. Gratitude journal

6 Ide Jurnal untuk Kamu yang Mau Healing   Gratitude Journal (instagram.com/gr8tfulchick)

Gratitude journal berisi hal-hal yang kamu syukuri setiap harinya, tuliskan apa saja hal positif yang membuat kamu berterima kasih kepada Tuhan. Dengangratitude journaling kamu dapat mengapresiasi hal sederhana yang sebelumnya sering diabaikan. Manfaat lainnya, meningkatkan Self-awarness dan lebih fokus terhadap hal-hal bermakna dalam kehidupanmu.

2. Bullet journal

6 Ide Jurnal untuk Kamu yang Mau Healing   Bullet Journal (Instagram.com/filltheblankspace)

Bullet journal cocok untuk membantumu mengatur jadwal aktivitas sehari-hari bahkan goals-mu. Di dalamnya kamu dapat mengisinya dengan habits tracker, mood tracker, to-do list, bahkan goals. Hidup kamu menjadi lebih terorganisir karena sudah kamu ikat dalam bullet journal.

3. Doodle journal

6 Ide Jurnal untuk Kamu yang Mau Healing   Doodles Journal (instagram.com/greenpaperleaf)

Untuk kamu yang suka menggambar atau ingin belajar menggambar, cobalah doodle journal biar jurnalmu lebih hidup. Kamu dapat mencoba menggambar hal-hal yang mudah, seperti: bunga, hewan, atau lainnya. Gunakanlah kreativitas untuk mempercantik jurnalmu.

Baca Juga: 5 Manfaat Menulis Jurnal seperti Andra Alodita, Bahagia Itu Simpel!

4. Art journal

6 Ide Jurnal untuk Kamu yang Mau Healing   Art Journaling (instagram.com/journistic_)

Kertas-kertas robek atau hal apa pun yang berbau estetik bisa kamu jadikan art journal, lho. Jika kamu menemukan kertas yang estetik, koran bekas, atau apa pun, maka cobalah untuk mengkreasikannya ke dalam jurnalmu, biar tambah keren.

5. Mind map journal

6 Ide Jurnal untuk Kamu yang Mau Healing   Mind Mapping Journaling (instagram.com/kulacinop)

Pikiran kamu yang sedang kusut dan punya banyak ide bisa dituliskan dalam bentuk mind map journal. Apalagi untuk kamu yang sering muncul ide-ide tak terduga, bisa kamu tuliskan terlebih dulu, lalu menyusunnya untuk dieksekusi duluan. Atau kamu bisa menggunakannya untuk meringkas pelajaran agar lebih mudah dipahami.

6. Quran journaling

6 Ide Jurnal untuk Kamu yang Mau Healing   Quran Journaling (instagram.com/nadia.bakar)

Quran journaling bisa kamu gunakan untuk mencatat ayat-ayat Al-Quran, atau ceramah penting dari pemuka agama. Kamu bisa mencatat ilmunya dengan menambah hiasan untuk memberi kesan menarik ketika dibaca ulang.

Melakukan journaling selain memiliki manfaat tetapi juga mengasyikkan. Pikiran-pikiran yang kusut di kepala bisa kamu refleksikan dalam sebuah jurnal. Happy journaling, everyone!

Baca Juga: 5 Ide Jurnal Ramadan yang Sederhana dan Asyik, Bikin Semangat Puasa!

sarah aisyah Photo Writer sarah aisyah

Books, Poem, and Blue

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya