Comscore Tracker

6 Cara Cerdas Bikin Kamar Tidur Sempit Terlihat Dua Kali Lebih Luas

Siapa bilang kamar tidur yang sempit itu gak nyaman?

Selama ini, banyak yang menganggap kamar tidur yang nyaman adalah kamar yang besar karena bisa menampung furnitur yang banyak dan dekorasi yang macam-macam. Padahal, ruangan yang kecil pun dapat dimaksimalkan supaya jadi homey asalkan kamu tahu cara menghiasnya.

Khusus untuk kamu yang memiliki kamar tidur sempit dan ingin membuatnya nampak lebih luas, yuk coba intip enam tips ini!

1. Maksimalkan penerangan alami dan juga buatan untuk membuat kamarmu terlihat lebih luas

6 Cara Cerdas Bikin Kamar Tidur Sempit Terlihat Dua Kali Lebih LuasUnsplash/Liana Mikah

Kamar yang kecil akan terlihat lebih luas dengan adanya jendela besar agar memberi penerangan alami dari luar untuk kesan ruangan yang luas. Atau, jika kamu memiliki jendela berukuran kecil, sering lah membuka tirai di siang hari. Bila perlu, tambahkan juga penerangan buatan agar ruangan tetap terlihat terang dan lebih lebar.

2. Adopsi warna dinding kamar tidur dengan warna yang lebih cerah, putih atau pastel misalnya

6 Cara Cerdas Bikin Kamar Tidur Sempit Terlihat Dua Kali Lebih Luasbrightside.me

Warna-warna cerah terbukti dapat membantu ilusi penambahan ruang pada kamar yang minimalis. Kamu bisa menambahkan warna putih, biru muda, atau warna-warna pastel lainnya pada tembok, lantai, furnitur, bahkan seprei dan selimut agar kamar tidak terlihat sumpek.

3. Manfaatkan furnitur yang ada, pastikan barang-barangmu bisa multifungsi ya

6 Cara Cerdas Bikin Kamar Tidur Sempit Terlihat Dua Kali Lebih Luaslibowbeds.com

Daripada menggunakan lemari besar, kamu bisa memanfaatkan area di bawah ranjang. Ini bisa dilakukan dengan cara memesan tempat tidur yang bersifat built-in agar memiliki laci multifungsi di bawahnya.

Tidak punya dana lebih untuk memesan ranjang built in? Gak masalah! Kamu bisa beli kontainer atau keranjang yang lucu-lucu yang ukurannya pas dengan area bawah ranjangmu. Dengan adanya tempat penyimpanan seperti ini, kamu bisa menghemat tempat untuk menyimpan buku, sepatu, sprei, dan barang-barang lainnya.

Baca Juga: Betah di Kamar Seharian, 11 Inspirasi Kamar Tidur Berukuran Kecil!

4. Dinding kamar juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menempatkan barang-barang lho, hemat tempat!

6 Cara Cerdas Bikin Kamar Tidur Sempit Terlihat Dua Kali Lebih Luasjchansdesigns.com

Dalam kamar yang sempit, setiap area di ruangan harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Termasuk dinding di kamar kamu.

Dengan adanya floating shelves, jelas akan lebih efisien untuk mengorganisir barang-barang dibandingkan bila harus memasang rak-rak biasa yang akan memakan lebih banyak ruang dan membuat kamar menjadi semakin sempit.

5. Gunakan cermin lebar untuk membuat kamar tampak lebih luas

6 Cara Cerdas Bikin Kamar Tidur Sempit Terlihat Dua Kali Lebih Luasitaly2000usa.com

Cara lain untuk menghias kamar tidur yang sempit adalah dengan meletakkan cermin. Penggunaan cermin dapat memberikan ilusi pada mata agar ruangan terlihat lebih luas. Kamu bisa beli cermin dalam berbagai bentuk sesuai kebutuhanmu. Cermin dengan frame berukuran besar akan terlihat menawan jika digantungkan pada dinding.

6. Pastikan kamu memilih dan memasang tirai jendela dengan tepat

6 Cara Cerdas Bikin Kamar Tidur Sempit Terlihat Dua Kali Lebih Luasnativeasthma.org

Ternyata pemilihan tirai jendela juga mempengaruhi kamar kamu, lho. Selain memilih warna yang cerah, kamu juga bisa membeli tirai dengan corak garis-garis vertikal.

Gantungkan tirai dari sisi paling atas ruangan. Biarkan tirai terkesan jatuh ke bawah walaupun jendela kamu kecil. Dengan begitu, langit-langit kamar yang terlihat rendah akan terkesan lebih tinggi.

Nah, ternyata kamar tidur dengan ukuran kecil juga bisa dihias agar tampak lebih besar dan luas kan? Cocok banget buat yang baru pindahan atau untuk kamu yang lagi ngekos! Kamar tidur nyaman gak cuma modal ruangan besar aja, tapi juga tergantung caramu menatanya.

Baca Juga: 10 Desain Kamar Tidur di Rumah Mungil Buat yang Baru Nikah

Topic:

  • Sarah Qonita
  • Pinka Wima

Just For You