Comscore Tracker

5 Ide Naungan Spot Outdoor di Halaman Rumah, Bikin Tambah Nyaman 

Gak perlu biaya yang mahal, kok

Halaman luar memang menjadi tempat favorit buat merayakan kebebasan. Tidak peduli itu di perkotaan ataupun di pedesaan, selalu menjadi favorit semua orang. Stok kesegarannya gak bakal tertandingi, ampuh buat healing, deh.

Selain membuat hamparan taman yang dihiasi berbagai macam bunga, tempat duduk diluar juga menjadi ikon kedamaian rumah. Biar bisa menikmati healing di luar rumah, perlu kamu perhatikan juga naungan yang kamu pakai. Berikut beberapa ide naungan yang bisa kamu dirikan di halaman rumahmu.

1. Pasang payung tenda 

5 Ide Naungan Spot Outdoor di Halaman Rumah, Bikin Tambah Nyaman ilustrasi payung peneduh (unsplash.com/@housemethod)

Tips ini yang paling simpel dan fleksibel. Kamu bisa menutup buka sesuka hati payung, bahkan sangat mudah dikondisikan jika kamu pengin pindah posisi tempat nongkrong. Tak kalah menarik lagi karena harga payung ini sangat terjangkau, dibandingkan kamu harus membeli gazebo.

Kamu hanya perlu menambahkan sepasang meja dan kursi di tempat yang strategis. Hiasi sekeliling spot menggunakan tanaman hijau atau tanaman bunga warna-warni. Bakalan bikin santaimu layaknya di tempat liburan, deh.

2. Pohon besar yang jadi naungan 

5 Ide Naungan Spot Outdoor di Halaman Rumah, Bikin Tambah Nyaman ilustrasi pohon peneduh (unsplash.com/@fbazanegue)

Jika di halaman rumahmu terdapat pohon besar, jangan ditebang. Dahan yang menjuntai lebat bisa kamu gunakan sebagai pelindung dari sinar matahari. Pohon yang lebat di taman juga ampuh buat nambahin nuansa teduh dan adem, lho.

Kamu hanya perlu merapikan dahan-dahan agar terlihat lebih teratur. Kamu bisa bersantai nyaman di bawah pohon dengan menggunakan sepasang meja dan kursi ataupun tikar. Tapi perlu kamu perhatikan keamanannya juga ya, jangan sampai ada dahan tua yang patah dan mengganggu sesi healing kamu.

Baca Juga: 9 Inspirasi Dekor Wedding Bertema Rustic, Amat Indah di Area Outdoor! 

3. Kanopi pohon 

5 Ide Naungan Spot Outdoor di Halaman Rumah, Bikin Tambah Nyaman ilustrasi kanopi pohon (pixabay.com/@igorshubin-659856)

Jika kamu penggemar spot adem, harus pakai tips yang satu ini. Tanaman rambat yang menjulur ke atap, bakalan ampuh buat tempat berteduh dan bersantai. Walaupun perlu biaya buat membuat kanopi, tapi bakalan puas sama hasilnya, deh.

Sementara penutup teras dan kain tentu saja mampu menghalangi sinar matahari, terkadang ada lebih banyak pilihan alami yang tersedia. Struktur sederhana ini terdiri dari beberapa pohon kecil yang tumbuh cepat yang menyediakan kanopi naungan sempurna. Strukturnya berpadu sempurna dengan sisa taman subur yang mengelilinginya.

4. Menggunakan sun shade sail 

5 Ide Naungan Spot Outdoor di Halaman Rumah, Bikin Tambah Nyaman ilustrasi sun shade sail (https://unsplash.com/@jaanus)

Tips yang satu ini bakal jadi pilihan yang praktis dan memberikan nuansa estetik di spot santaimu. Kamu bisa dengan mudah bongkar pasang bahan ini, gak repot sama sekali, deh. Tambahkan sprei atau kursi sofa lembut dibawahnya, bakal persis suasana liburan banget.

Tambahkan beberapa barang vintage biar terlihat layaknya sedang liburan di Timur Tengah. Kamu bisa menambahkan beberapa tanaman sekulen atau kaktus raksasa. Bisa sekaligus jadi spot fotogenik!

5. Pergola sebagai tempat santai yang teduh 

5 Ide Naungan Spot Outdoor di Halaman Rumah, Bikin Tambah Nyaman ilustrasi pergola peneduh (pixabay.com/@maky_orel-436253)

Tips satu ini lebih membutihkan biaya dan tempatnya pun gak fleksibel. Walaupun begitu, kamu bisa bersantai tanpa takut ada hujan ataupun angin besar. Sebab biasanya di desain menggunakan kayu yang kokoh serta peneduh yang terbaik.

Kamu bisa tambahkan papan tidur kayu yang memberikan nuansa vintage. Tambahkan juga hiasan kain di tiang biar mempercantik spot. Jangan lupa tambahkan beberapa pot, tanaman penghijau, atau jenis sekulen.

Menarik dan nuansanya bak liburan. Bakalan betah healing di tempat seperti ini. Kamu wajib menerapkan salah satu tips di atas di rumah.

Baca Juga: 10 Ide Sulap Perkakas Dapur Jadi Dekorasi Estetik, Jangan Dibuang!

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya