Comscore Tracker

5 Langkah Penting Bikin Mural di Dinding biar Gak Terkesan Berantakan 

Terkesan berseni dan teratur! 

Seni mural di dinding ruang selalu jadi daya tarik tersendiri. Gak hanya menarik dan terlihat berseni, mural juga meningkatkan daya kreativitas kamu. Bisa jadi solusi buat melepaskan penat akhir pekan dengan kegiatan yang bermanfaat, deh.

Tapi jangan mural asal-asalan, ya. Penting kamu persiapkan hal-hal sepele seawal mungkin, biar karya gak terkesan berantakan. Langsung simak hal yang perlu kamu lakukan saat mural di ruangan berikut.

1. Tentukan dinding yang akan kamu mural 

5 Langkah Penting Bikin Mural di Dinding biar Gak Terkesan Berantakan ilustrasi ruangan (pixabay.com/keresi72-16512)

Yang utama dalam proses mural adalah penentuan tempat atau objeknya. Pilihlah lahan yang cukup luas supaya ruang tidak bikin tampak makin sempit.

Dalam penentuan tempat, kamu bisa pilih di ruang tidur atau ruang santaimu. Tempat bermain di luar juga bisa jadi objek sasaran muralmu, lho.

2. Putuskan lebih dahulu pola yang akan kamu gambar 

5 Langkah Penting Bikin Mural di Dinding biar Gak Terkesan Berantakan ilustrasi menggambar (pixabay.com/stocksnap-894430)

Sebelum persiapan bahan, tentukan dahulu gambaran karya yang akan kamu ciptakan. Kamu bisa menggambar polanya di buku terlebih dahulu.

Dengan tahap ini, kamu bisa mempersiapkan perkiraan ukuran setiap polesan mural. Jadi gak bikin boros nantinya saat merevisi gambar, ya.

Baca Juga: 9 Potret Mural Ikonik Dua Terowongan Sirkuit Mandalika, Artistik!

3. Bersihkan dinding 

5 Langkah Penting Bikin Mural di Dinding biar Gak Terkesan Berantakan ilustrasi dinding berantakan (pexels.com/@lamiko)

Nah, ini nih yang kadang disepelekan. Hanya karena sekilas dinding tak bertekstur, kamu gak membersihkan permukaan dindingnya.

Kamu bisa bersihkan terlebih dahulu permukaan dinding menggunakan amplas. Dengan begini akan mengantisipasi adanya tekstur tak beraturan atau jamur pada dinding yang akan memperburuk penampilan muralmu.

4. Poleskan primer terlebih dahulu 

5 Langkah Penting Bikin Mural di Dinding biar Gak Terkesan Berantakan ilustrasi mengecat dinding (unsplash.com/@neonbrand)

Jika sebelumnya dindingmu berwarna, tutup terlebih dahulu menggunakan primer putih atau warna utama sebelum mural. Supaya warna yang nanti ditampilkan kan lebih rapi dan gak berantakan.

Kamu bisa memolesnya satu lapis saja. Namun jika cat dinding sebelumnya masih terlihat, tambahkan satu polesan lagi cat primer.

5. Menyegel mural dindingmu 

5 Langkah Penting Bikin Mural di Dinding biar Gak Terkesan Berantakan ilustrasi mural dinding (pexels.com/@brett-sayles)

Langkah ini bisa kamu terapin saat lukisan mural berada dalam jangkauan anak-anak. Untuk mempertahankan warna dan keawetan lukisan, tambahkan pernis akrilik ke seluruh lukisanmu.

Dengan polesan akrilik, hasil mural bakal awet dan antigoresan, deh. Terlebih goresan saat kamu akan memindahkan furnitur rumah kamu.

Banyak langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan mural dinding yang rapi dan bagus. Usahakan lakukan saat kamu akan melukis dinding kamu. Selamat berkarya!

Baca Juga: Millennial di Medan Suarakan Ironi Alam Lewat Mural

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya