Comscore Tracker

5 Tips untuk Menambah Nuansa Cerah di Taman, Bikin Happy!

Gak bikin repot, kok, wajib dicoba!

Desain taman memang mayoritas didominasi warna cerah dan segar. Selain berbagai macam tanaman, kamu juga bisa menggunakan tamabahan desain untuk memperkuat kesan cerah di taman kamu. Gak perlu furnitur mahal, kamu hanya perlu menyematkan berbagai paduan warna cerah di taman.

Selain pemilihan jenis tanaman, penting buat kamu perhatikan pemilihan pot ataupun dekorasi lain di taman. Walaupun hanya bisa menggunakan pot ala kadarnya, kamu masih bisa berkreasi menggunakan potmu, lho. Biar lebih jelas, yuk, simak tips di bawah ini.

1. Buat desain pot tanaman menjadi warna-warni

5 Tips untuk Menambah Nuansa Cerah di Taman, Bikin Happy!ilustrasi desain taman (unsplash.com/@anniespratt)

Kebanyakan pot memang didesain dengan satu warna saja. Tapi kamu bisa berkreasi menggunakan cat dan kuas, lho, bakalan jadi kegiatan yang asik, deh. Jika potmu yang tersedia hanyalah pot plastik, gunakan warna khusus untuk plastik ya.

Gunakan variasi cat yang mencolok, dan membawa keceriaan di taman. Kemudian susunlah pot warna-warni yang sudah kamu buat, dengan membentuk suatu pola di taman. Saat penyiraman, perhatikan untuk selalu membersihkan pot warna agar tidak terlihat kotor dan dipenuhi cipratan tanah.

2. Pilih furnitur luar ruangan yang berwarna-warni 

5 Tips untuk Menambah Nuansa Cerah di Taman, Bikin Happy!ilustrasi desain taman (unsplash.com/@tilemerchant)

Jika kamu berencana menyediakan meja dan kursi di taman, pilihlah warna furnitur ceria. Kamu juga bisa menambahkan ornamen menggunakan kuas dan cat warnamu. Ciptakan semenarik mungkin, karena area duduk bakal jadi titik fokus lanskap.

Sebagai peneduh, kamu juga bisa menambahkan payung warna-warni. Sebagai pelengkap, kamu juga bisa tambahkan pagar kayu pendek berwarna-warni untuk menciptaka keceriaan. Sangat mudah, bukan?

3. Cat dinding dengan warna yang menarik 

5 Tips untuk Menambah Nuansa Cerah di Taman, Bikin Happy!ilustrasi dinding berwarna (pexels.com/Toa Heftiba Şinca)

Jika di tamanmu kebetulan ada dinding kosong, jangan menggunakan warna utama yang sama. Gunakan warna yang menarik dan lebih luwes dengan keadaan tamanmu. Gunakan cat khusus outdoor yang bakal tahan terhadap sinar matahari dan cipratan air.

Kamu juga bisa tambahkan rak khusus tanaman disana. Kemudian tata dengan rapi semua tanaman di pot kamu. Tatalah membentuk pola biar terkesan lebih mencolok dan menarik.

Baca Juga: 9 Tips Atur Tanaman buat Area Taman Mini di Rumah

4. Cerahkan dinding kosong dengan mural 

5 Tips untuk Menambah Nuansa Cerah di Taman, Bikin Happy!ilustrasi mural (unsplash.com/@nixcreative)

Jika kamu hobi menggambar, bisa gunakan tips satu ini nih. Belilah beberapa cat khusus mural dan kuas kecil yang akan kamu gunakan buat menggambar. Temukan referensi gambar menarik yang kamu sukai dari sumber internet.

Tips yang satu ini memerlukan biaya lebih mahal dan perlu effort buat menggambar. Jika kamu gak mau repot buat menggambar, carilah seseorang profesional mural. Bakal enteng banget, deh.

5. Cari area kosong untuk menambah karya

5 Tips untuk Menambah Nuansa Cerah di Taman, Bikin Happy!ilustrasi desain taman (pixabay.com/@freepsdgraphics-6837808)

Misalkan ada lahan kosong tak terpakai, susunlah bebatuan di sana. Catlah bebatuan menggunakan beberapa warna yang menarik. Kemudian susunlah membentuk karya menarik, sangat murah, kan.

Kamu juga bisa tambahkan kolam ikan, di area taman yang kosong. Tambahkan bebatuan indah di area kolam ikan. Kamu juga bisa tambahkan beberapa tanaman penambah nuansa kesegaran disana.

Sangat mudah dan murah, kan? Kamu bisa pilih sesuai anggaran yang kamu sediakan. Kamu juga bisa berkarya menggunakan tanganmu sendiri, kok. Bakalan hemat biaya dan jadi kegiatan penghilang rasa kebosanan, deh.

Baca Juga: 9 Inspirasi Taman Minimalis di Rumah, Bikin Hunian Auto Segar!

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya