Comscore Tracker

5 Tips Membuat Kamar Tidur Lebih Terang, Manfaatkan Cermin!

Ruangan jadi gak terkesan pengap dan gelap

Untuk istirahat, ruangan gelap memang bisa bikin kualitas tidur makin baik. Namun, lain cerita jika untuk beraktivitas, seperti mengerjakan tugas atau bekerja. Kamu tentu membutuhkan ruang terang yang bisa bikin makin semangat.

Jika kamar tidur terkesan gelap dan pengap, kamu perlu mengatur ulang, nih. Gak perlu biaya mahal buat bongkar ulang, kok. Cukup lakukan beberapa tips berikut ini, deh.

1. Pastikan ada ventilasi untuk udara dan cahaya

5 Tips Membuat Kamar Tidur Lebih Terang, Manfaatkan Cermin!ilustrasi kamar (pixabay.com/stubaileyphoto-19245286)

Mungkin sebagian besar ruangan sudah punya jendela ataupun ventilasi. Kalau belum, segera buat jendela meski tidak terlalu luas. Terpenting ada ruang agar cahaya alami bisa masuk.

Dengan begitu, kamu bisa meminimalkan penggunaan lampu listrik. Kamar pun bakal lebih terang dan gak panas. Jika ruanganmu tanpa plafon, kamu juga bisa mengganti salah satu atap dengan kaca. Ide ini bisa berikan cahaya alami lewat atas, lho.

2. Pilihlah cat dinding yang cerah

5 Tips Membuat Kamar Tidur Lebih Terang, Manfaatkan Cermin!ilustrasi dinding putih (unsplash.com/@sidekix)

Semakin gelap dinding, nuansa yang dipancarkan juga semakin redup. Daripada pilih warna abu-abu atau warna gelap lainnya, gunakan warna cerah saja. Kamu bisa pilih biru muda, hijau muda, pastel, ataupun putih saja.

Jika kamu terlalu bosan dengan warna cerah yang begitu saja, tambahkan stiker dinding. Dengan begitu, nuansa kamar bisa terang, tapi tidak monoton. Simpel banget, kan?

3. Sebisa mungkin tambahkan cermin di kamar

5 Tips Membuat Kamar Tidur Lebih Terang, Manfaatkan Cermin!ilustrasi cermin (unsplash.com/@minhphamdesign)

Buat yang hobi dekorasi, cermin jadi hal wajib yang turut meramaikan ruangan. Gak hanya buat bercermin dan menambah dekorasi kamar, ternyata cermin juga punya peran buat menambah cerah ruangan. Hal ini karena pantulan yang dihasilkan oleh cermin tersebut.

Sandarkan cermin panjang berdiri di tepi dinding. Supaya gak mengganggu aktivitas, letakkan di pojok ruangan saja. Dijamin multifungsi, deh!

Baca Juga: 5 Rupa Cermin Kekinian untuk Ide Furniture Elegan di Setiap Ruangan

4. Maksimalkan fungsi tirai pada jendela

5 Tips Membuat Kamar Tidur Lebih Terang, Manfaatkan Cermin!ilustrasi ventilasi (pexels.com/id-id/@jvdm)

Fungsi utama gorden memang buat menyalurkan cahaya dari luar. Oleh karena itu, pastikan kamu membuka tirai saat kamu di ruangan.

Jika tidak terlalu percaya diri untuk membuka tirai karena alasan tertentu, kamu bisa gunakan tirai tipis. Walaupun posisi tertutup, tapi cahaya tetap bakal masuk. Gak perlu bujet besar buat beli tirai tipis.

5. Gunakan furnitur yang mencolok 

5 Tips Membuat Kamar Tidur Lebih Terang, Manfaatkan Cermin!Potret desain kamar introvert (unsplash.com/@im3rdmedia)

Ruangan sudah gelap, nuansa perabot pun pucat, bakal gak ada warna sama sekali di kamar kamu. Pilihlah perabot berwarna terang dan ceria yang bakal menambah suasana cerah di kamar.

Kamu bisa menggunakan warna putih atau warna cerah lainnya. Kamu dapat memilih seprai cerah ataupun meja berlapis kayu putih. Dijamin gak pengap lagi, deh.

Beberapa tips hemat buat ruang kamarmu terkesan terang ini jangan sampai dilewatkan. Walaupun tampak sepele tapi bisa berpengaruh terhadap efektivitas kegiatan di ruanganmu. Langsung coba saja, yuk!

Baca Juga: 9 Ide Dekorasi Kamar dengan Tempat Tidur Kayu, Bisa Menghemat Budget

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya