Comscore Tracker

5 Tips Menyiram Tumbuhan di Pot agar Tetap Subur dan Gak Mudah Layu

Pemula wajib tahu, ya.

Menanam tanaman ataupun jenis sayuran di pot memang jadi solusi terbaik. Terlebih buat yang gak punya lahan luas, ataupun saat kita ingin membuat ladang sendiri di balkon. Bisa jadi keuntungan besar buatmu. Tapi, perawatannya apakah mudah?

Karena tanah yang terbatas, menjadikan akar terlalu sulit buat merambat mencari nutrisi di dalam tanah. Sehingga penyiraman tanaman jadi satu-satunya hal yang bisa menyelamatkan tanaman dalam pot. Gak sekedar menyiram biasa saja. Kamu perlu tips penyiraman agar tanaman dalam pot tetap subur dan gak kurang nutrisi. Berikut tips yang harus kamu ketahui, simak.

1. Kenali karakter tanaman terlebih dahulu 

5 Tips Menyiram Tumbuhan di Pot agar Tetap Subur dan Gak Mudah Layupenyiraman sukulen (smartgardenguide.com)

Gak semua tanaman butuh peyiraman rutin sehari dua kali, terlebih beberapa tanaman hias yang sangat rentan terhadap kondisi lembap. Pertama kenali dahulu karakter tanam atau sayuran yang kamu tanam dalam pot. Jika memang butuh kondisi tanah yang lembap, makan kamu harus menjaga kelembapan tanah dengan penyiraman dua kali sehari.

Sedangkan untuk beberapa tanaman atau sayur yang butuh tanah cenderung kering, kamu tidak bisa menyiram dengan air secara berlebihan. Misalkan tanamam aglonema atau jenis sukulen yang sensitif dengan air berlebih, kamu bisa menyiramnya dua hari sekali atau sehari sekali. Tapi jangan sampai menunggu tanah kering kerontang juga, ya.

2. Periksa tingkat kelembaban sebelum menyiram 

5 Tips Menyiram Tumbuhan di Pot agar Tetap Subur dan Gak Mudah Layutips penyiraman (smartgardenguide.com)

Walaupun penyiraman dianjurkan sehari dua kali, tapi penting juga memeriksa tingkat kelembapan tanah di pot. Jika cadangan cairan di dalam pot masih mencukupi, kamu gak perlu menyiram tanaman lagi. Karena jika stok air dalam pot terlalu banyak, bakal mempengaruhi kesehatan akar pada tanaman.

Kamu juga bisa memastikan stok air dalam kantong melalui cuaca pada hari tersebut, karena cuaca panas bakal mempengaruhi percepatan penyerapan air pada tanah di pot. Jika cuaca sedang kemarau, kamu harus memastikan tanaman di pot mendapatkan cadangan air. Karena terlambat sedikit saja akan membuat pohon layu. Cek tanah menggunaakn jari tangan, pastikan tanah lembap dan kandungan airnya mencukupi tanaman.

3. Penting penyiraman di pagi hari 

5 Tips Menyiram Tumbuhan di Pot agar Tetap Subur dan Gak Mudah Layutips penyiraman (www.floweraura.com)

Seperti halnya sarapan, menyiram tanaman di pagi hari juga sangat penting bagi pohon. Hal tersebut di karenakan tanaman memerlukan kandungan air yang lebih untuk menghadapi terik matahari, sehingga tanaman tidak layu karena kekurangan air di siang harinya. Pastikan juga tanaman buat mendapat sinar pagi hari, ya.

Selain menyiram saat pagi hari, kamu juga bisa menaburkan sedikit pupuk nutrisi daun agar lebih subur lagi. Pastikan juga buat menyiram sesuai kebutihan masing-masing pohon. Jangan sampai berlebihan, ataupun kekurangan.

Baca Juga: 7 Tanaman Sayur Ini Indah Ditanam di Pekarangan, Kaya Manfaat!

4. Jangan biarkan tanah kering sepenuhnya 

5 Tips Menyiram Tumbuhan di Pot agar Tetap Subur dan Gak Mudah LayuTips penyiraman (www.daviddomoney.com)

Inilah pentingnya sering kelembapan tanah di pot. Kamu harus memastikan bahwa kebutuhan cairan di pot tersebut mencukupi. Jangan sampai berlebihan ataupun kekurangan cairan hingga tanah mengering.

Saat tanah mengering, pohon layu akan sulit untuk diperbaiki. Pastikan untuk menyiramnya sesuai kebutuhan atau daya serap tanah tersebut. Karena ada beberapa jenis tanah yang punya daya serap tinggi.

5. Sirami tanah, bukan dedaunan 

5 Tips Menyiram Tumbuhan di Pot agar Tetap Subur dan Gak Mudah Layutips penyiraman (https://www.floweraura.com)

Nah, inilah yang sering jadi kesalahan kita saat menyirami tanaman. Walaupun kita senang melihat dedaunan segar terkena percikan air, tapi usahakan sirami tanahnya terlebih dahulu, ya. Karena pohon menyerap air melalui akar, bukan daun.

Saat penyiraman, usahakan terkena tepat pada akar pohonnya, ya. Sirami dengan hati-hati, jangan sampai tanah berlubang karena volume penyiraman yang terlalu deras. Sangat mudah, kan.

Itulah beberapa tips penyiraman pohon dalam pot. Selain menembah subur pohon, pohon juga terhindar dari tragedi layu, ya!

Baca Juga: 5 Tanaman Bunga Ini Cocok Bersanding dengan Tanaman Hias Indoor

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

Seekor kupu yg sedang bermetamorfosa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya