Comscore Tracker

5 Tips Perawatan Tanaman Pothos biar Daun Makin Lebat 

Utamakan setoran cahaya, ya! 

Tanaman pothos menjadi salah satu tanaman hias yang paling diminati. Selain banyak ragamnya, photos juga bisa tumbuh di dalam ruangan. Photos juga termasuk tanaman hias yang mudah dikembangbiakkan juga, lho.

Walaupun mudah dikembangbiakkan, tapi sulit menumbuhkan photos yang punya susunan daun lebat. Perlu trik khusus biar tanaman nuansa tropis ini makin subur. Tapi jangan khawatir, kamu bisa mencoba tips simpel berikut untuk memperbaiki kesuburan daunnya.

1. Rajin memangkas photos yang menjalar 

5 Tips Perawatan Tanaman Pothos biar Daun Makin Lebat ilustrasi stek pothos (unsplash.com/@mahdigp)

Memangkas tanaman photos secara teratur bisa merangsang pertumbuhan tunas baru. Karena tanaman photos jarang memiliki akar angin, otomatis semakin panjang photos tumbuh juga nutrisi semakin berkurang. Itulah sebabnya ada beberapa photos yang makin panjang malah daunnya makin mengecil.

Potonglah secara teratur untuk merapikan posisi tanaman juga. Pastikan gunting atau pisau yang kamu gunakan itu sudah steril, ya. Lakukan pemotongan saat sore hari ya, di mana suhu sekitar sudah tidak terlalu panas.

2. Berikan setoran cahaya yang cukup 

5 Tips Perawatan Tanaman Pothos biar Daun Makin Lebat ilustrasi pothos (unsplash.com/@kellysikkema)

Salah satu yang terpenting buat pertumbuhan si photos adalah setoran cahayanya. Walaupun termasuk tanaman hias indoor juga, tapi pastikan photos mendapat cahaya yang cukup. Misalkan kamu taruh di dekat jendela yang punya lebih banyak cahaya.

Saat kondisi terlalu gelap, lambat laun daun akan mengecil dan kadang malah berubah warna jadi kecoklatan. Selain itu, setoran cahaya yang cukup juga berpengaruh buat mempertahankan warna pada tanaman. Tapi pastikan jangan meletakkan langsung di bawah terik matahari, ya.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Mirip Pothos, Perawatannya Mudah 

3. Perbanyak tanaman photos melalui stek batang 

5 Tips Perawatan Tanaman Pothos biar Daun Makin Lebat ilustrasi pothos (pexels.com/@plantsandgraphics)

Proses stek akan menumbuhkan akar baru yang lebih subur. Oleh karena itu, susunan daun pun lebih bagus dan lebat. Sangat mudah kok memperbanyak photos lewat batang pohonnya.

Lakukan penyetekan di batang yang cukup tua dan punya diameter yang lebih besar supaya susunan daun yang tumbuh juga besar. Lakukan penyetekan saat musim hujan akan lebih bagus, tapi musim kemarau juga tetap bisa kok. Stek saat sore hari, letakkan di media tanam atau di air dalam posisi tanaman tidak terkena cahaya matahari langsung ya.

4. Jaga kelembapan dengan penyiraman rutin 

5 Tips Perawatan Tanaman Pothos biar Daun Makin Lebat ilustrasi pothos (pixabay.com/sweetlouise-3967705)

Walaupun kaya setoran cahaya, jika kelembapannya kurang pun sama saja. Pastikan selalu menyiram tanaman, minimal sekali dalam sehari. Atau hingga media tanamnya cukup basah, ya.

Saat musim kemarau, penyiramannya harus lebih rutin lagi. Akan baik lagi jika sebulan sekali kamu semprot dengan pupuk nutrisi daun. Bakal tumbuh lebat, warna daunnya pun dijamin lebih cerah.

5. Tambahkan media rambat atau turus penyangga 

5 Tips Perawatan Tanaman Pothos biar Daun Makin Lebat ilustrasi pothos (unsplash.com/@beazy)

Saat tanaman digantung, gak ada salahnya kok pakai turus penyangga. Turus penyangga bisa mendorong batang untuk mendaki keatas. Turus yang selalu basah juga bisa memberikan nutrisi tambahan terhadap akar angin yang menempel.

Gak terlalu tinggi, kamu bisa menggunakan turus ukuran pendek saja kok biar rapi. Tapi setelah batang semakin menjalar keatas, kamu bisa panjangkan turus penyangganya. Sangat mudah, kan.

Itulah lima tips merawat photos biar daun tambah lebat dan padat. Gak perlu biaya banyak, cukup ketelatenan saja. Langsung coba saja, yuk.

Baca Juga: 5 Tips Perawatan Tanaman Hias Pachira Agar Tetap Hijau Subur 

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya