Comscore Tracker

6 Cara Mengobati Tanaman yang Layu, Sehari Bisa Segar Kembali

Coba segera biar tanamanmu selamat!

Tak jarang, bagi tanaman hias yang baru saja dipindahkan di media tanam yang lain mengalami beberapa kecacatan dalam prosesnya, misalnya tidak cocok terhadap lingkungan baru sehingga menyebabkan stress pada tanaman tersebut.

Hal ini ternyata bisa menyebabkan tanaman hias menjadi layu. Selain itu, bisa saja banyak akar tanaman yang ikut terputus saat pemindahan terjadi, dan beberapa kemungkinan lainnya seperti kamu menggunakan dosis penggunaan zat kimia yang berlebihan pada tanaman. 

Namun, untuk mengembalikan tanamanmu yang layu ada cara yang bisa kamu coba agar tanamanmu kembali sehat, lho. Buat yang penasaran bagaimana caranya, simak enam caranya di sini!

1. Mengobati dengan bawang putih dan bawang merah

6 Cara Mengobati Tanaman yang Layu, Sehari Bisa Segar KembaliUnsplash.com/Joegraphix

Bahan yang dibutuhkan untuk mengobati tanaman layu adalah bawang merah dan bawang putih. Gunakan sekitar lima bawang merah dan tiga bawang putih. Ukuran ini bisa kamu sesuaikan dengan banyaknya tanaman yang kamu miliki. 

Bawang merah akan berfungsi sebagai ZPT (Zat Pengatur Tumbuh). Selain itu, ia juga dapat digunakan sebagai penetralisir kandungan racun. Sementara bawang putih berfungsi sebagai fungisida organik pada media tanam. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan Bahan-bahan yang Dibutuhkan
    Bahan yang dibutuhkan untuk mengobati tanaman layu adalah bawang merah dan bawang putih. 
  2.  Haluskan Bahan-bahan
    Potong bawang merah dan bawang putih sebelum dihaluskan. Masukkan bawang ke dalam blender dan campurkan dengan setengah liter air. Haluskan kedua bawang menggunakan blender.  Setelah cukup halus, kamu bisa mencampurkannya dengan lima liter air. 

  3.  Larutan Siap Digunakan
    Setelah dicampurkan, larutan bawang pun sudah siap untuk digunakan. Kamu bisa langsung menyiramnya pada tanaman yang mengalami kelayuan. Siram dengan takaran satu gelas kecil per tanaman. Kamu bisa menyiramnya pada sore hari. Jangan lupa untuk metakkan tanaman di tempat yang teduh. Lalu, tunggu hasilnya keesokan hari. Kelayuan pun akan segera menghilang. Tanaman hiasmu akan kembali hidup dan terlihat lebih segar. Untuk mendapatkan hasil maksimal pada tanamanmu, cobalah gunakan larutan bawang ini sekitar 7-10 hari sekali.  

2. Merawat tanaman hias secara rutin

6 Cara Mengobati Tanaman yang Layu, Sehari Bisa Segar KembaliUnsplash.com/myxa69

Setelah mengobati layu pada tanaman, hal lain yang harus kamu lakukan adalah merawatnya. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk merawat tanaman hias agar tetap sehat, salah satunya yaitu melakukan teknik penyiraman air yang tepat.

Pada dasarnya, cara merawat tanaman sangat bergantung pada jenis tanaman yang kamu miliki, termasuk juga untuk teknik penyiraman air yang tepat.

Jadi, supaya kamu semakin tanggap dalam cara merawat tanaman, ada baiknya kamu mencari tahu kebutuhan air yang diperlukan oleh jenis tanaman milikmu, karena ada beberapa tanaman yang tidak banyak memerlukan air dan begitupun sebaliknya.

3. Memberikan sinar matahari secara berkala

6 Cara Mengobati Tanaman yang Layu, Sehari Bisa Segar KembaliUnsplash.com/sonnyseven

Cara merawat tanaman yang kedua setelah memberikan air adalah dengan mengekspos tanaman pada sinar matahari. Tanaman membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis, bahkan tanaman indoor juga butuh sinar matahari secara langsung sesekali.

Akan tetapi, sama dengan manusia, sinar matahari yang berlebihan bisa jadi cara merawat tanaman yang salah karena dapat membuat tanaman milikmu kekeringan, terbakar, dan layu. Prinsipnya, cara merawat tanaman dengan bantuan sinar matahari paling ideal adalah dengan mengetahui kebutuhan eksposur sinar matahari.

Kebun sayur dan buah-buahan biasanya membutuhkan sekitar enam jam sinar matahari secara langsung. Sedangkan tanaman biasa cukup diberikan sekitar tiga sampai empat jam setiap harinya.

Berbeda lagi dengan tanaman yang memang bisa tumbuh tanpa banyak paparan sinar matahari seperti kaktus dan tanaman sukulen, atau pakis dan tanaman sejenisnya yang hanya membutuhkan sekitar dua jam paparan sinar matahari setiap hari.

Baca Juga: 6 Tips Menyelamatkan Tanaman Hias Kesayangan Setelah Hujan Deras

4. Kontrol suhu dan kelembapan yang pas

6 Cara Mengobati Tanaman yang Layu, Sehari Bisa Segar KembaliUnsplash.com/miskasage

Apapun jenis tanaman milikmu, sayur, buah- buahan, bunga, atau tanaman hias, semuanya pasti membutuhkan suhu dan tingkat kelembapan yang pas. Sebagai rutinitas cara merawat tanaman yang baik, kamu harus rajin mencari tahu suhu dan kelembapan yang sesuai dengan jenis tanaman yang kamu miliki supaya tanaman tidak tumbuh pada cuaca atau lokasi yang salah.

Memilih tanaman harus dimulai dari pemilihan jenis tanaman yang hanya sesuai dengan iklim, dan kondisi tanah yang kamu miliki. Dari segi suhu, hindari memilih tanaman yang tidak cocok dengan suhu rata-rata di kota tempat tinggalmu, misalnya jangan memilih jenis tanaman dingin untuk kamu yang tinggal di kota besar dengan suhu tropis.

Sedangkan cara merawat tanaman dengan tingkat humiditas yang baik bisa diakali dengan alat bantu seperti humidifier, atau memberikan sumber air di sekeliling tanaman.

5. Pemberian nutrisi vital tumbuhan

6 Cara Mengobati Tanaman yang Layu, Sehari Bisa Segar KembaliUnsplash.com/neslihantgunaydin

Ada enam nutrisi penting yang harus kamu perhatikan dalam cara merawat tanaman, yaitu nitrogen, fosfor, potassium, magnesium, sulfur, dan kalsium. Masing-masing nutrisi memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri dalam menyuburkan tanamanmu.

Dengan kombinasi enam nutrisi tersebut, kamu akan mendapatkan cara merawat tanaman yang paling sempurna. Nutrisi-nutrisi dasar untuk tanaman ini juga tidak sulit untuk didapatkan karena umumnya sudah terdapat di dalam tanah.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengganti tanah secara berkala sebagai cara merawat tanaman yang efektif. Dijamin, tumbuhan di taman milikmu senantiasa dapat tumbuh subur dan sehat tanpa sering layu.

6. Menjaga kebersihan di sekeliling tanaman

6 Cara Mengobati Tanaman yang Layu, Sehari Bisa Segar KembaliUnsplash.com/jupp

Cara merawat tanaman yang terakhir sebenarnya cukup simpel, yaitu dengan menjaga kebersihan di sekitar taman, pot, tanaman, dan menghindari tumpukan sampah terutama plastik, kaleng, dan bahan-bahan yang tidak bisa terurai dengan baik.

Hentikan juga kebiasaan membuang puntung rokok atau membuang air bekas, seperti soda atau teh ke dalam taman dan pot tanaman milikmu karena itu bukanlah cara merawat tanaman yang baik, melainkan dapat merusak tanaman.

Sebaliknya, berikan perhatian dan kasih sayang sebagai bagian dari cara merawat tanaman milikmu, misalnya membersihkan patahan dahan, memangkas bagian yang tumbuh tidak teratur, dan juga membuang sisa-sisa kotoran atau debu yang seharusnya tidak berada di daerah tanaman.

 

Sudah tahu kan, enam cara mengobati tanaman yang layu dengan mudah? Jika tanamanmu mulai layu, kamu bisa menerapkan cara-cara di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga: Gak Cuma Cantik, 7 Macam Tanaman Hias Ini Dipercaya Bisa Bawa Hoki

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

Semua berawal dari tulisan kecil || Ig: Shasyakhairana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya