Comscore Tracker

5 Tanaman yang Cocok Ditanam Berdampingan dengan Chamomile

Memberikan dampat baik pada tanaman sekitar

Chamomile adalah tanaman berbunga di keluarga tanaman Asteraceae, yang di mana banyak ditanam untuk keperluan pengobatan dan dijadikan sebagai teh herbal. Selain berguna, chamomile juga adalah tanaman hias yang indah dengan aroma yang menenangkan.

Bukan hanya saja berguna untuk manusia, chamomile juga memberikan dampak positif bagi tanaman di sekitarnya. Dalam teknik penanaman pendamping, chamomile sangat berpengaruh positif pada tanaman pendampingnya. Berikut ada 4 jenis tanaman yang cocok ditanam berdampingan dengan chamomile. Simak sampai habis, ya!

1. Brasika

5 Tanaman yang Cocok Ditanam Berdampingan dengan Chamomilebrassica (pixabay.com)

Brasika adalah tanaman yang termasuk ke dalam keluarga kubis. Tanaman ini sangat rentan terhadap hama berbahaya, seperti ngengat kubis, kupu-kupu kubis, dan cacing kubis. Namun, bila ditanam berdampingan dengan chamomile, maka masalah di atas dapat teratasi.

Hal ini karena chamomile adalah tanaman pendamping yang ideal bagi brasika karena aromanya yang kuat mampu menutupi aroma yang menarik hama kubis. Tertarik untuk menanamnya?

2. Kemangi

5 Tanaman yang Cocok Ditanam Berdampingan dengan Chamomiledaun kemangi (pixabay.com)

Kemangi atau istilah kerennya basil adalah salah satu tanaman yang daunnya sering kali menghiasi hidangan atau masakan yang lezat. Basil sendiri memiliki aroma kuat yang khas.

Chamomile dapat menjadi pendamping yang baik untuk kemangi di kebun herbal kamu. Hal ini karena kehadirannya dapat meningkatkan jumlah minyak esensial yang dihasilkan oleh kemangi.

Baca Juga: 5 Manfaat Chamomile Oil, Bisa Membantu Mengurangi Kecemasan

3. Pohon buah

5 Tanaman yang Cocok Ditanam Berdampingan dengan Chamomilepohon apel (pixabay.com)

Bukan hanya bunganya yang cantik, chamomile rupanya membawa segudang manfaat dan pengaruh yang baik bagi tanaman lainnya. Salah satunya adalah pohon buah-buahan. 

Selama berabad-abad, petani telah memanfaatkan sifat antibakteri dan antijamur yang ada pada chamomile. Mereka akan menanamnya di dekat pohon apel ataupun pohon buah lainnya untuk mencegah infeksi jamur.

4. Brokoli

5 Tanaman yang Cocok Ditanam Berdampingan dengan Chamomilebrokoli (pixabay.com)

Berikutnya adalah brokoli. Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau sehat yang berasal dari keluarga kubis. Kalau kamu ingin mendapatkan brokoli dengan rasa terbaik, cobalah untuk menanamnya bersama dengan chamomile.

Chamomile dapat meningkatkan kualitas rasa pada brokoli. Selain itu, chamomile juga membantu mendatangkan penyerbuk bagi tanaman brokoli.

5. Mentimun

5 Tanaman yang Cocok Ditanam Berdampingan dengan Chamomilementimun (pixabay.com)

Aroma khas chamomile bukan hanya saja menenangkan bagi manusia. Namun, aromanya yang unik selalu membawa dampak baik bagi tanaman sekitarnya. Mentimun salah satu contohnya.

Aroma chamomile membantu mentimun untuk menarik serangga bermanfaat, seperti kepik dan lalat. Serangga ini nantinya yang akan memakan hama berbahaya, seperti kutu daun yang menyedot cairan dari tanaman mentimun.

Tanaman chamomile memanglah tanaman yang menakjubkan. Kaya akan berbagai manfaat. Bukan hanya saja untuk manusia, namun untuk tanaman di sekitarnya. Yuk, tanam chamomile di rumah!

Baca Juga: Hangat dan Menenangkan, 5 Khasiat Teh Chamomile untuk Kesehatanmu

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya