Comscore Tracker

5 Cara Mudah Menghilangkan Jamur di Tembok Secara Alami

Pakai bahan alami yang tidak merusak alam dan kesehatan

Selain merusak penampilan, kehadiran jamur dan lumut pada tembok juga dapat mempercepat proses pelapukan pada dinding. Biar tembokmu tidak terlihat tak terawat, berikut ada cara-cara mudah untuk menghilangkan jamur dan lumut pada tembok. Simak lima cara alami untuk membasmi jamur dan lumut!

1. Cuka

5 Cara Mudah Menghilangkan Jamur di Tembok Secara Alamiilustrasi cuka (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Cuka bekerja paling baik sebagai pembunuh jamur jika disemprotkan langsung dari botol semprot ke area yang terkena jamur dan lumut. Diamkan selama beberapa jam, lalu gosok permukaan tembok dengan sikat. 

Jika bau cuka terlalu mengganggu buat kamu, maka kamu bisa tambahkan beberapa tetes minyak esensial. Namun, ketahuilah bahwa aroma yang kuat akan hilang dengan sendirinya. Penelitian telah menunjukkan bahwa cuka putih membunuh 82 persen spora, jamur, virus, dan bakteri. Cuka juga dapat mencegah jamur jika kamu menyemprotkannya ke permukaan dan membiarkannya kering.

2. Tea tree oil 

5 Cara Mudah Menghilangkan Jamur di Tembok Secara Alamitea tree oil (unsplash.com/Elsa Olofsson)

Tea tree oil merupakan obat efektif berikutnya yang dapat membasmi jamur secara alami. Meskipun lebih mahal dibandingkan bahan lainnya, namun kamu bisa memanfaatkan tea tree oil ini dengan efisien dan hemat.

Kamu bisa membuatnya dengan menambahkan dua sendok tea tree oil yang dicampur dengan dua cangkir air. Kemudian, semprotkan larutan tersebut ke spora jamur, namun jangan dibilas. Tea tree oil memiliki aroma yang kuat yang akan hilang dalam beberapa hari. 

Baca Juga: Tips Mengusir Jamur dari Kaca Mobil

3. Ekstrak biji jeruk dan air

5 Cara Mudah Menghilangkan Jamur di Tembok Secara Alamiilustrasi jeruk (unsplash.com/Cristina Anne Costello)

Kalau kamu tidak suka dengan bahan-bahan yang menimbulkan aroma kuat, maka kamu boleh mencoba cara yang satu ini. Manfaatkan ekstrak biji jeruk untuk membuat larutan yang mampu membasmi jamur. 

Encerkan sekitar 20 tetes ekstrak jeruk dengan 2 gelas air. Lalu masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke dinding yang dihinggapi jamur dan lumut. Sama seperti solusi lainnya, jangan dibilas.

4. Hidrogen peroksida

5 Cara Mudah Menghilangkan Jamur di Tembok Secara AlamiHidrogen peroksida (thoughtco.com)

Semprotkan sekitar tiga persen hidrogen peroksida dari botol ke permukaan tembok yang berjamur dan biarkan selama sekitar 10 menit. Gosok hingga bersih, lalu lap dengan kain lembap untuk menghilangkan sisa spora jamur.

Kamu juga dapat menggunakan hidrogen peroksida dan cuka secara bersamaan, lalu simpanlah campuran larutan tersebut ke dalam botol dan taruhlah di tempat yang gelap. Hal ini karena cahaya matahari akan merusak kandungan dari hidrogen peroksida.

5. Soda kue

5 Cara Mudah Menghilangkan Jamur di Tembok Secara Alamiilustrasi baking soda (pexels.com/Kaboompics.com)

Dapat digunakan dengan cuka dan air atau hanya dengan air saja, soda kue juga secara efektif dapat menghilangkan jamur secara alami. Larutkan soda kue ke dalam air atau larutan air dan cuka, kemudian semprotkan ke permukaan dinding.

Diamkan sejenak lalu gosok dan lap dengan kain lembap. Soda kue adalah disinfektan alami dan sangat ringan sehingga larutan ini akan membersihkan jamur tanpa meninggalkan aroma apa pun. 

Wah, rupanya banyak cara mudah dan alami yang bisa dilakukan untuk membasmi jamur dan lumut pada permukaan dinding. Semoga tips ini bermanfaat ya untuk kamu!

Baca Juga: 5 Tips Merawat Lemari Kayu agar Tak Berjamur dan Rusak oleh Rayap

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya