Comscore Tracker

7 Ide Mengubah Tangga Usang Jadi Dekorasi, Vintage dan Multiguna

Gak akan lagi terbengkalai di gudangmu!

Setelah selesai membangun rumah, tentunya akan banyak alat pertukangan yang tidak lagi terpakai. Sebut saja tangga kayu yang biasanya dibuat sendiri oleh para tukang dan kuli untuk menopang mereka saat bekerja.

Daripada dibiarkan memakan tempat dalam gudang, kamu bisa memanfaatkannya jadi berbagai macam dekorasi yang bermanfaat. Bentuknya yang usang dan banyak cat terkelupas akan membuat rumah terkesan vintage, loh.

Langsung saja simak tips memanfaatkan tangga usang yang gak bakalan pernah terpikirkan olehmu, yuk!

Baca Juga: Mengingat Pesan Usang Antikorupsi Lili Pintauli yang Mundur dari KPK 

1. Manfaatkan jadi coffee table

7 Ide Mengubah Tangga Usang Jadi Dekorasi, Vintage dan Multigunadekorasi tangga usang (homebnc.com)

Apabila kamu mempunyai tangga dengan ukuran kecil atau pendek, kamu dapat mengubahnya menjadi coffee table yang unik seperti ini. Untuk mempertahankan kesan vintage pada tangga usang, kamu tidak perlu lagi melakukan pengecatan ulang, ya.

Melekatkan antara meja kaca dan tangga bisa dengan menggunakan plat nomor yang juga tidak lagi berguna. Eratkan menggunakan mur antara kaca dan tangganya. Pastikan juga bila tinggi meja ini sudah sesuai, tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

Nah, untuk dekorasinya tambahkan greenery dalam pot dan juga foto lawas keluargamu biar coffee table vintage ini gak terlalu sepi, ya!

2. Meja makan dari modifikasi tangga tua

7 Ide Mengubah Tangga Usang Jadi Dekorasi, Vintage dan Multigunadekorasi tangga usang (thespruce.com)

Kiranya kamu belum memiliki meja makan bisa memanfaatkan eksistensi dari tangga tua yang sudah tidak terpakai lagi. Sedikit memodifikasinya menjadi penyangga meja, maka kamu akan memiliki meja makan tanpa harus merogoh kocek lebih dalam.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memotong tangga tersebut menjadi beberapa bagian. Mulai dari untuk kaki-kaki, penyambung antar keempat kaki supaya meja jadi lebih kuat.

Namun, kamu harus tetap berhati-hati dengan tidak menaruh beban yang terlalu berat mengingat ini adalah tangga usang yang kemungkinan juga sudah keropos dimakan usia.

3. Gantungan baju di laundry room

7 Ide Mengubah Tangga Usang Jadi Dekorasi, Vintage dan Multigunadekorasi tangga usang (homebnc.com)

Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan tangga usang menjadi tempatmu menggantung pakaian yang telah dicuci. Hanya membutuhkan pengait yang dipasang kuat-kuat pada plafon rumah.

Untuk menggantung tangga kamu akan membutuhkan rantai atau bisa juga diganti dengan material lain seperti tali, tentunya pilih material yang tidak mudah lapuk atau kendur, ya. Hal ini juga untuk meminimalisir tangga terlepas dari ikatannya.

Baca Juga: 9 Inspirasi Desain Kamar Mandi Shabby Chic, Tua Belum Tentu Usang!

4. Tempat lap dan perlatan dapur

7 Ide Mengubah Tangga Usang Jadi Dekorasi, Vintage dan Multigunadekorasi tangga usang (homedepot.com)

Nah, untuk yang satu ini dapat membuat dapurmu tidak lagi berantakan. Bila tangga usang yang kamu miliki terbilang cukup panjang, maka kamu bisa memotongnya menjadi dua bagian. Cukup sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

Letakkan di sebelah kicthen cabinet untuk difungsikan sebagai tempat menaruh lap dapur, menggantung alat masak yang sudah kering setelah dicuci. Kamu juga bisa mengecatnya secara asal-asalan untuk menghasilkan kesan vintage seperti yang kamu inginkan.

5. Lampu gantung unik

7 Ide Mengubah Tangga Usang Jadi Dekorasi, Vintage dan Multigunadekorasi tangga usang (farmfoodfamily.com)

Kreatif dan unik! Mengubah tangga tua jadi tempat bernaung bagi lampu gantung seperti ini bisa kamu jadikan pilihan untuk rumah dengan konsep farmhouse. Warna cokelatnya yang sudah pudar makin membuat kesan natural yang pas dipadukan dengan meja makan klasik ini.

Kali ini kamu bisa menggantung tangga tersebut dengan dua penyangga pada plafon rumah untuk memastikan keamanan yang maksimal. Karena bentuknya yang sudah unik, kamu tidak lagi memerlukan bentuk bohlam yang bermacam-macam supaya tidak terlalu ramai.

6. Dekorasi klasik pada console table

7 Ide Mengubah Tangga Usang Jadi Dekorasi, Vintage dan Multigunadekorasi tangga usang (kezzabeth.co.uk)

Hidupkan ruanganmu dengan penggunaan console table pada salah satu dinding. Untuk dekorasinya, kamu bisa memasang tangga menempel dinding seperti ini. Supaya kaitannya kuat, kamu harus menggunakan pengait yang dapat menahan beban yang bertumpu pada tembok.

Selanjutnya, tangga ini bisa kamu manfaatkan untuk memajang foto-foto kenangan, atau postcard bergambar tempat yang sangat ingin kamu kunjungi. Tangga dengan pemasangan seperti ini cocoknya diletakkan pada bagian dinding yang memanjang dan kosong. Rumahmu jadi tampak lebih hidup, loh!

7. Display tanaman

7 Ide Mengubah Tangga Usang Jadi Dekorasi, Vintage dan Multigunadekorasi tangga usang (thespruce.com)

Terakhir, untuk si pencinta tanaman, manfaatkan tangga usangmu sebagai display tanaman. Kamu bisa meletakkannya pada pojok bagian depan pintu utama, atau juga di samping wastafel untuk menambahkan kesan greenery.

Biar makin ramai, tambahkan juga beberapa ornamen lain seperti lilin, atau patung kecil yang menggemaskan. Tangga usang seperti ini juga cocok untuk rumah dengan konsep rustic. Dipadukan dengan pot terakota menjadi dekorasi yang apik.

Nah, dengan begini gak akan ada lagi tangga tua yang teronggok di belakang rumah ataupun gudang. Asalkan kamu harus pintar-pintar mencari ide untuk pemanfaatannya, ya!

Baca Juga: 9 Ide Dekorasi Bilik Meja di Kantor, Bikin Semangat Kerja!

Dian Ayu Erlianti Photo Verified Writer Dian Ayu Erlianti

content-writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya