Comscore Tracker

5 Tips Menjemur Pakaian, Antiapek di Musim Hujan    

Bebas apek sepanjang musim hujan!

Tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia ini, membuat permasalahan semua orang menjadi sama yaitu proses keringnya baju yang sangat lama, sehingga memicu pakaian menjadi apek karena tidak terkena sinar matahari secara optimal. Bahkan mencuci menggunakan mesin cuci juga sering kali berakhir berbau apek, lho.

Berikut ini ialah tips untuk menghindari bau apek, yuk kita simak!

1. Cuci pakaianmu di pagi hari 

5 Tips Menjemur Pakaian, Antiapek di Musim Hujan    Ilustrasi menjemur pakaian di pagi hari (unsplash.com/vidarnm)

Mencuci pakaian disarankan saat pagi hari, karena biasanya potensi angin lebih banyak di pagi hari, sehingga cucianmu akan lebih cepat kering.

Selain itu, kemungkinan munculnya matahari di pagi hari juga lebih besar, manfaatkan sinar matahari sebaik mungkin.Segera keluarkan jemuranmu saat matahari mulai nampak. Jadi biasakan untuk mencuci pakaianmu di pagi hari, ya.

2. Pilah dan pilih kebutuhan pakaianmu 

5 Tips Menjemur Pakaian, Antiapek di Musim Hujan    Ilustrasi memilah pakaian (unsplash.com/@sweetpagesco)

Pilah semua pakaianmu, masukkan dalam beberapa kategori. Misalnya pakaian yang akan digunakan dalam waktu dekat, pakaian untuk di rumah, atau pakaian untuk hangout.

Hal itu akan memudahkanmu memilih kategori mana yang akan didahulukan.
Utamakan pakaian yang akan segera dipakai ya, agar kamu tidak perlu repot saat hari-H.

Baca Juga: Catat Bro, 5 Tips Mencuci Celana Jeans Anti Rusak

 3. Jangan terlalu sering menumpuk pakaian 

5 Tips Menjemur Pakaian, Antiapek di Musim Hujan    Ilustrasi tumpukan pakaian (unsplash.com/anniespratt)

Jika biasanya kamu menunda mencuci pakaian selama beberapa hari sehingga pakaianmu akan menumpuk, maka saat musim hujan seperti ini lebih baik hindari kebiasaan itu.

Segera cuci pakaianmu di hari yang sama, hal ini untuk meminimalkan kemungkinan banyaknya pakaian yang tidak kering nantinya.

4. Jemur cucian dengan cara digantung 

5 Tips Menjemur Pakaian, Antiapek di Musim Hujan    Ilustrasi mencuci pakaian dengan digantung (unsplash.com/@hngstrm)

Menggantung pakaian menggunakan hanger akan mempercepat proses keringnya pakaian. Karena angin dapat menyentuh ke setiap titik dipakaianmu.

Tentunya jangan lupa untuk memberikan jarak antara pakaianmu, karena kalau tidak bisa-bisa pakaian yang sudah hampir kering jadi kembali basah akibat menempelnya pakaian yang lain, loh.

5. Alternatif kipas angin

5 Tips Menjemur Pakaian, Antiapek di Musim Hujan    Ilustrasi mengeringkan pakaian dengan kipas angin (unsplash.com/@tottoko323)

Bila bantuan alam sudah tidak mampu, maka saatnya meminta pertolongan dari alat elektronik. Seperti tips sebelumnya, gantung baju menggunakan hanger dan beri jarak antar pakaian, lalu arahkan kipas anginmu ke jemuranmu tadi.

Tips satu ini memang ada plus dan minusnya, yaitu pakaian akan cepat kering tanpa bau apek meskipun berada dalam rumah, namun juga membuat tagihan listrikmu lebih besar dari biasanya, nih.

Saat musim hujan, coba terapkan tips yang bisa kalian coba untuk mengeringkan pakaian tanpa bau apek. Apakah dari tips di atas sudah ada yang pernah kamu coba?

Baca Juga: Cara Tepat Mencuci Baju Pasien COVID-19 di Rumah, Cegah Kontaminasi

Dian Ayu Erlianti Photo Verified Writer Dian Ayu Erlianti

content-writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya