Comscore Tracker

10 Cara Mengusir Tikus yang Ampuh dengan Bahan Alami

Baru tahu kan bisa ngusir tikus pakai kulit durian?

Tak hanya jadi musuh para petani, tikus juga jadi hewan yang paling diburu saat di rumah. Keberadaan tikus di dalam rumah memang bikin kurang nyaman. Pasalnya, tikus kerap merusak segala macam barang yang ada di rumah dengan cara mengigitnya. Seperti kabel, pakaian, peralatan masak berbahan plastik, dan bahan makanan. Sebagai hewan yang menghabiskan waktunya di tempat yang kotor, lembap dan bau, tikus bisa dengan mudah membawa berbagai penyakit ke dalam rumah.

Kelincahan tikus yang luar biasa memang membuat kita berusaha lebih keras untuk menjebaknya. Nah, berikut ini ada beberapa langkah atau cara mengusir tikus yang mudah dan ampuh dengan menggunakan bahan-bahan alami. Penasaran seperti apa ya kira-kira metodenya, yuk simak selengkapnya!

1. Tak hanya enak jadi taburan, mengusir tikus pakai irisan bawang ternyata ampuh

10 Cara Mengusir Tikus yang Ampuh dengan Bahan AlamiPexels.com/mali maeder

Aroma khas dan tajam yang dikeluarkan bawang membuat penciuman tikus kurang sedap. Jadi ketika kamu menaruh irisan bawang di sudut-sudut ruang, tikus akan segera pergi dan enggan berlama-lama di sana.

2. Taburkan butiran lada hitam di sekitar pintu

10 Cara Mengusir Tikus yang Ampuh dengan Bahan Alamipexels.com/pixabay

Sama seperti irisan bawang, butiran lada hitam yang memiliki aroma menyengat juga bisa membuat tikus ogah dekat dengan pintu. Rupanya senyawa piperin yang terkandung pada biji lada mengeluarkan bau menyengat yang membuat tikus terganggu.

3. Kapur barus, lem tikus dan obat kimia lainnya masih bisa jadi pilihan

10 Cara Mengusir Tikus yang Ampuh dengan Bahan Alamipexels.com/Francesco Paggiaro

Sejak lama, penggunaan kapur barus, lem tikus maupun obat-obatan kimia lainnya menjadi cara sederhana dalam mengusir keberadaan tikus. Selain mudah didapatkan, kapur barus maupun lem tikus sangat mudah digunakan, kamu bisa langsung menaruh kapur di tempat yang sering dilewati tikus.

4. Kulit durian

10 Cara Mengusir Tikus yang Ampuh dengan Bahan Alamiunsplash.com/Gliezl Bancal

Ternyata sedapnya wangi durian nggak disukai oleh tikus. Kalau habis makan durian sebaiknya simpan kulit durian dan letakkan di jalur yang sering dilintasi tikus. Tunggu sampai 2-3 hari, jebakanmu pasti berhasil.

5. Memelihara kucing

10 Cara Mengusir Tikus yang Ampuh dengan Bahan Alamipexels.com/paul hanoka

Sama persis dengan serial kartun Tom n Jerry, kenyataan itu memang benar adanya bahwa tikus sungkan dengan keberadaan kucing. Kucing akan memburu tikus dan memangsanya.

Baca Juga: Ternyata Ini 7 Alasan Tikus Kerap Dijadikan Objek Percobaan Penelitian

6. Baking soda

10 Cara Mengusir Tikus yang Ampuh dengan Bahan Alamipexels.com/Kaboompics .com

Nggak cuma dijadikan bahan pembuatan kue, baking soda ternyata juga sangat ampuh untuk mengusir tikus loh. Ketika tikus menghirup bubuk baking soda, maka gas yang masuk ke dalam tubuh tikus akan terperangkap dan tidak bisa keluar melalui sendawa.

7. Daun Mint

10 Cara Mengusir Tikus yang Ampuh dengan Bahan Alamipexels.com/icon0.com

Kesegaran daun mint ternyata sama sekali nggak disukai oleh tikus. Kamu bisa mencampurkan daun mint dengan air dan langsung menyemprotkan di area yang sering dilewati tikus.

8. Cangkang atau kulit telur

10 Cara Mengusir Tikus yang Ampuh dengan Bahan Alamipexels.com/pixabay

Kamu bisa menghaluskan kulit telur dan menaburkannya di tempat yang suka dilintasi tikus. Sebaiknya, kamu melakukannya pada malam hari supaya jebakan tepat kena sasaran.

9. Ramuan saus cabai dan deterjen

10 Cara Mengusir Tikus yang Ampuh dengan Bahan Alamipexels.com/marta branco

Masukkan deterjen ke dalam wadah botol berisi air. Campurkan saus cabai kemudian kocok. Ramuan ini bisa kamu semprotkan ketika tikus muncul. Reaksinya bisa langsung terlihat, karena tikus segera merasakan panas akibat terkena cairan.

10. Kantung teh

10 Cara Mengusir Tikus yang Ampuh dengan Bahan Alamipexels.com/Skitterphoto

Tikus akan mengalami iritasi hidung saat mencium dan terkena kantung teh. Penciuman tikus akan mengalami gangguan dan segera meninggalkan rumah. Caranya mudah banget, kamu taruh kantung teh di sekitar lubang pintu atau saluran air.

Itulah beberapa cara mengusir tikus dengan mudah yang tentunya bisa kamu terapkan sendiri baik di rumah maupun di mana saja. Punya cara ampuh lainnya? Coba bagi dong di kolom komentar!

Baca Juga: Banyak Tikus di Rumahmu? Mungkin Ini 7 Penyebabnya

Topic:

  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

JADWAL SALAT & IMSAK

24
MEI
2019
19 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 24 May 2019 14:00:05

Progress: 771.120 dari 813.350 TPS (94.80789%)

Just For You