Comscore Tracker

Cara Mudah Bikin Kandang Ayam Sendiri, Bisa Jadi Kegiatan saat WFH!

Pergunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan

Bila diingat-ingat, jenis unggas yang paling sering kita konsumsi adalah ayam. Meski begitu, memelihara ayam ternyata masih paling diminati oleh masyaraka, karena mudah dan sederhana. Memelihara ayam juga tak membuat kamu pusing mengenai tempat atau kandangnya.

Kamu bisa membuatnya sendiri tanpa merogoh kocek dalam-dalam, lho. Berikut ini ada cara membuat kandang ayam sendiri dengan beberapa langkah yang mudah. Penasaran?

1. Menentukan konsep kandang ayam yang sesuai dengan selera

Cara Mudah Bikin Kandang Ayam Sendiri, Bisa Jadi Kegiatan saat WFH!pexels/Engin Akyurt

Sebelum mendirikan kandang ayam, kamu harus tahu pasti konsep kandang yang kamu inginkan. Misalnya berapa ukurannya, bagaimana tata letak sehingga cahaya mudah masuk dan ayam mendapatkan suhu yang ideal, sampai konstruksi kandang ayam.

Kamu bisa menentukan besar kandang sesuai dengan berapa ekor ayam yang kamu miliki. Bila banyak, gunakanlah tipe kandang layaknya peternak. Misalnya, berukuran 10 m2 sehingga jumlah ayam bisa lebih banyak.

Pastikan kandang mengarah ke timur atau barat agar bisa terpapar cahaya matahari langsung. Dengan begitu, ayam bisa lebih sehat.

Sebaiknya, kandang ayam diberi jarak sekitar 250 meter dari pemukiman penduduk demi menghindari bau gak sedap yang bisa mengganggu masyarakat sekitar. 

Baca Juga: Ini 5 Faktor yang Membuat Narkoba dan Remaja Begitu Dekat

2. Pemilihan bahan baku yang ringan dan berkualitas

Cara Mudah Bikin Kandang Ayam Sendiri, Bisa Jadi Kegiatan saat WFH!pexels/rawpixel.com

Memilih bahan bangunan yang akan dipergunakan untuk ayam juga patut diperhatikan. Misalnya, triplek, papan kayu, bambu, dan sebagainya. Yang perlu diperhatikan adalah material tidak terlalu tebal dan pastinya nyaman.

Untuk bagian atap, pilihlah bahan yang ringan seperti terpal, ijuk, seng, rumbai, dan asbes. Sehingga saat berada di dalam kandang, ayam bisa nyaman dan tenang.

Menghindari bahan baku semen penting mengingat bahan tersebut bisa saja menghalangi sinar matahari pagi dan sirkulasi udara di dalamnya.

Buatlah kandang ayam yang menyerupai habitat aslinya, yakni bersentuhan langsung dengan tanah. Yang paling baik sih, memilih kayu plywood dengan diameter antara 1,3 cm dan 0,6 cm. Ukuran ini sudah dinyatakan ideal lho. 

3. Merakit kandang ayam, perhatikan dan coba dengan teliti

Cara Mudah Bikin Kandang Ayam Sendiri, Bisa Jadi Kegiatan saat WFH!pexels/rawpixel.com

Bila semua sudah terpenuhi, kemudian rakit kandang ayam dengan masing-masing bahan yang telah disediakan.

Misalnya, menyamakan ujung kanan, ujung kiri, atas, bawah serta tengah. Agar kuat, kamu bisa merekatkannya dengan lem tembak.

Perhatikan tiap sisi agar kandang ayam kuat dan tidak mudah rusak. Satukan dengan atap yang telah dirakit. Jangan lupa, buatlah posisi kandang lebih tinggi untuk mengantisipasi banjir. 

Nah, itulah cara membuat kandang ayam sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Agar Terlihat Profesional

Topic:

  • Syarifah Noer Aulia
  • Elfida
  • Wendy Novianto
  • Pinka Wima
  • Jumawan Syahrudin
  • Anto

Berita Terkini Lainnya