Comscore Tracker

5 Bahan yang Dapat Membantu Menghilangkan Aroma Tak Sedap pada Pisau

Gak perlu buru-buru ganti pisau, kok

Dalam urusan masak-memasak, tentunya pisau merupakan salah satu alat terpenting yang harus dimiliki. Pisau biasanya berfungsi untuk mengiris atau memotong bahan makanan menjadi bagian yang lebih kecil. Sebab fungsinya yang seperti itu, tak heran bila pisau berpotensi memiliki aroma tak sedap.

Untuk kamu yang penasaran apa saja bahan yang dapat membantu menghilangkan aroma amis dan tak sedap pada pisau, berikut lima daftarnya.

1. Lemon

5 Bahan yang Dapat Membantu Menghilangkan Aroma Tak Sedap pada Pisaucoronadotimes.com

Bukan rahasia umum bila memang lemon digunakan untuk menghilangkan aroma tak sedap pada pisau. Kamu dapat menggunakannya dengan teknik yang sangat sederhana, yaitu hanya dengan menggosokkan lemon pada pisau. Nantinya diamkan beberapa menit dan bilas pisau. Kamu dapat mengulangi cara ini sampai pisau tak beraroma amis lagi.

2. Ampas kopi

5 Bahan yang Dapat Membantu Menghilangkan Aroma Tak Sedap pada Pisaujustdial.com

Bila kamu merupakan orang yang gemar minum kopi, maka bahan yang satu ini penting untuk kamu ketahui. Kopi dapat direbus dan disaring terlebih dahulu untuk memisahkan antara ampas dan airnya. Nantinya, ampas kopi dapat kamu gunakan untuk membersihkan pisau dengan cara menggosokannya. Diamkan selama beberapa menit sebelum akhirnya dibilas hingga bersih.

Baca Juga: Kitchen 101: 5 Tips Agar Pisau Kamu Setajam Pisau Chef Profesional

3. Daun kemangi

5 Bahan yang Dapat Membantu Menghilangkan Aroma Tak Sedap pada Pisaugoodhousekeeping.com

Kamu tentu tak akan asing lagi dengan daun kemangi yang biasa disajikan bersama dengan lalapan. Daun kemangi terkenal dengan aromanya yang sangat kuat, namun harum. Ini lah yang kemudian dapat membantumu dalam menghilangkan aroma amis pada pisau. Cukup dengan menggosokkan daun kemangi pada pisau atau merendamnya ke dalam air yang telah diberi campuran daun kemangi. Jangan lupa membilasnya dan pisau pun siap digunakan kembali.

4. Arang

5 Bahan yang Dapat Membantu Menghilangkan Aroma Tak Sedap pada Pisaunytimes.com

Siapa yang menyangka bahwa arang memiliki fungsi penting untuk menghilangkan aroma amis atau tak sedap pada pisau? Kamu dapat menggunakannya dengan cara membalur pisau dengan menggunakan arang. Diamkan selama beberapa saat sebelum akhirnya dibilas dan dicuci kembali menggunakan sabun cuci piring.

5. Baking soda

5 Bahan yang Dapat Membantu Menghilangkan Aroma Tak Sedap pada Pisauscoop-n-save.com

Baking soda memiliki fungsi penting yang banyak sekali khususnya untuk alat-alat dapur. Kamu tentunya dapat membersihkan pisau dari aroma amis dan tak sedap dengan menggunakan baking soda. Cukup hanya dengan melarutkan baking soda dengan air dan balurlah ke seluruh permukaan pisau. Diamkan sejenak dan bilas kembali pisau dengan air mengalir.

Nah, aneka bahan di atas tentunya sangat membantumu untuk mengusir aroma amis dan tak sedap pada pisau. Mana bahan yang menurutmu paling efektif?

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Pisau Dapurmu Sudah Tak Layak Pakai, Ganti Baru Saja!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya