Comscore Tracker

5 Barang Dapur yang Ramah Lingkungan, Jadi Lebih Hemat Juga!

Yuk mulai gunakan barang-barang ini di rumah 

Penggunaan barang-barang seperti plastik di masa kini memang sudah menimbulkan kontra di masyarakat. Alasannya sudah tentu karena global warming atau pemanasan global yang terjadi. Belum lagi dengan urusan penguraian plastik yang memakan waktu lama tentu menjadi suatu problematika tersendiri untuk urusan lingkungan. 

Untuk kamu yang ingin menekan angka perusakan lingkungan akibat barang-barang sehari-hari yang digunakan, berikut lima barang di dapur yang dapat kamu ganti dengan yang lebih ramah lingkungan. Berikut lima daftarnya!  

1. Paper bag

5 Barang Dapur yang Ramah Lingkungan, Jadi Lebih Hemat Juga!exporttrunk.club

Penggunaan paper bag atau tas kertas ini memang sudah lama digaungkan sebagai barang pengganti fungsi plastik. Maraknya penggunaan tas plastik memunculkan permasalahan dalam lingkungan, apalagi ketika proses penguraiannya memakan waktu lama dan justru mengotori lingkungan. Oleh sebab itu, saat ini penggunaan tas kertas dapat menjadi solusi terbaik agar tak menggunakan plastik yang sekali pakai. 

2. Kain handuk

5 Barang Dapur yang Ramah Lingkungan, Jadi Lebih Hemat Juga!detailxperts.net

Penggunaan kain handuk juga sangat dibutuhkan untuk proses memasak di rumah. Hal ini juga dilakukan sebagai langkah preventif untuk mencegah penggunaan tisu secara berlebihan. Selain itu, kain handuk juga dapat menekan angka pemborosan dari pembelian tisu sekali pakai. Tentunya akan sangat direkomendasikan dalam menggunakan kain handuk di rumah. 

Baca Juga: Cara Melakukan Perawatan dengan Produk Ramah Lingkungan Agar Konsisten

3. Kotak makan

5 Barang Dapur yang Ramah Lingkungan, Jadi Lebih Hemat Juga!eatthis.com

Bagi para ibu rumah tangga yang gemar menyiapkan sarapan untuk anak-anaknya, tentu penggunaan kotak makan sangat penting untuk aktivitas sehari-hari. Tak hanya itu, proses ini juga dimaksudkan untuk menekan angka penggunaan plastik mika atau pun styrofoam yang biasa digunakan untuk membungkus makanan. Oleh sebab itu, penggunaan kotak makan sangat disarankan untuk sehari-hari. 

4. Sedotan stainless steel

5 Barang Dapur yang Ramah Lingkungan, Jadi Lebih Hemat Juga!youworkforthem.com

Mungkin beberapa waktu lalu kampanye mengenai penggunaan sedotan stainless steel sudah sangat populer di masyarakat. Hal ini untuk menghindari pemakaian sedotan sekali pakai yang biasa terjadi di masyarakat. Selain itu, sedotan stainless steel juga dapat digunakan berkali-kali dengan proses pembersihan yang relatif mudah dan cepat. 

5. Tempat minum

5 Barang Dapur yang Ramah Lingkungan, Jadi Lebih Hemat Juga!reviewed.com

Rasanya di mana-mana pun telah digaungkan ajakan untuk menggunakan atau membawa botol minum sendiri di rumah. Selain itu, penggunaan botol minum juga dimaksudkan untuk menghindari botol plastik dari air kemasan yang sulit didaur ulang. Tentunya hal tersebut juga akan membantu dalam menjaga keberlangsungan lingkungan yang terjaga.

Nah, beberapa barang-barang di atas dapat membantumu dalam menjaga lingkungan dari kemungkinan pencemaran. Yuk, mulai dari sekitar kita! 

Baca Juga: 7 Perilaku Ramah Lingkungan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Work From Home

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya