Comscore Tracker

5 Tips Tepat Membersihkan Rice Cooker, Awet dan Gak Mudah Rusak!

Kamu bisa coba sendiri di rumah, lho

Sebagai masyarakat Indonesia sudah tentu makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari adalah nasi. Biasanya orang-orang akan menggunakan rice cooker sebagai alat untuk menanak nasi. Selain karena lebih mudah penggunaannya, sudah tentu cara menggunakan rice cooker juga terbilang sangat praktis dan efisien.

Namun, tak semua orang tahu bagaimana cara yang tepat untuk merawatnya agar tetap awet dan gak mudah rusak. Untuk kamu yang penasaran apa saja tips membersihkannya, yuk simak.

1. Persiapkan alat-alatnya

5 Tips Tepat Membersihkan Rice Cooker, Awet dan Gak Mudah Rusak!espokeliving.com

Kamu memerlukan beberapa alat-alat untuk menunjang aktivitasmu dalam membersihkan rice cooker. Hal pertama yang harus dilakukan sudah tentu dengan mempersiapkan alat-alatnya terlebih dahulu. Dari mulai lap basah hingga lap kering patut kamu persiapkan. Kamu juga membutuhkan alat seperti sikat gigi untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit dibersihkan dengan menggunakan lap. 

2. Keluarkan panci bagian dalam dan bersihkan dengan tepat

5 Tips Tepat Membersihkan Rice Cooker, Awet dan Gak Mudah Rusak!tastecooking.com

Fokus pertama pada saat proses pembersihan rice cooker sudah tentu terletak pada panci atau loyangnya. Bagian ini menjadi fokus utama karena memang menjadi pusat dalam penanak nasi. Jika kamu malas membersihkannya atau tak tepat caranya, maka noda-noda membandel khususnya noda nasi akan menempel. 

Baca Juga: Selain Menanak Nasi, 5 Fungsi Lain dari Rice Cooker

3. Membersihkan bagian uap rice cooker

5 Tips Tepat Membersihkan Rice Cooker, Awet dan Gak Mudah Rusak!okdam.com

Kamu mungkin tak akan lupa dengan bagian kecil dari rice cooker yang terletak pada bagian atas penutup. Bagian ini merupakan pintu uap yang ada atau ventilasi dari rice cooker. Biasanya banyak kotoran yang menempel dan menyebabkan uap menjadi lebih terhambat. Oleh sebab itu, kamu dapat membersihkannya untuk semakin melancarkan uap pada bagian mungil tersebut. 

4. Bersihkan bagian dalam yang sering terlewat

5 Tips Tepat Membersihkan Rice Cooker, Awet dan Gak Mudah Rusak!cookwarelab.net

Apabila kamu mengeluarkan bagian loyang atau panci pada rice cooker, maka kamu akan melihat bagian dalamnya. Bagian ini sering kali menjadi tempat yang terlewat sehingga sangat mudah untuk terdapat noda di dalamnya. Oleh sebab itu, kamu dapat membersihkannya hingga benar-benar bersih. Bila dirasa sulit untuk menjangkau, kamu dapat menggunakan sikat gigi kecil untuk membersihkan sela-selanya. 

5. Jangan lupa bersihkan seluruh bagian luar rice cooker

5 Tips Tepat Membersihkan Rice Cooker, Awet dan Gak Mudah Rusak!themodemag.com

Tak hanya bagian dalam yang harus menjadi fokus utamamu, melainkan juga bagian luarnya. Kamu tak perlu bingung-bingung dalam membersihkannya. Cukup hanya dengan mengelap bagian body dari rice cooker, maka tampilannya akan mirip dengan rice cooker baru. Jangan lupa untuk mengelapnya hingga kering kembali, ya. 

Nah, kamu tentunya dapat mempraktikkan hal-hal di atas dengan sangat mudah dan tanpa khawatir kotoran pada rice cooker akan membandel atau sulit dibersihkan. Yuk, praktikan! 

Baca Juga: 10 Cara Membersihkan Panci Gosong dan Berkerak, Bersih Bersinar Lagi!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya