Comscore Tracker

5 Cara Bikin DIY Body Scrub, Bahannya Bisa Kamu Dapatkan di Dapur!

Bisa dicoba di rumah nih!

Perawatan eksfoliasi kulit tubuh memiliki beberapa keunggulan. Melansir dari American Academy of Dermatology, eksfoliasi bisa membuat tampilan kulitmu jadi lebih cerah karena proses pengangkatan kulit matinya.

Untuk melakukan rangkaian perawatan eksfoliasi tersebut kamu bisa membuatnya produknya sendiri dengan bermodalkan bahan-bahan dari dapur saja, lho! Simak nih!

1. Scrub dari stroberi

5 Cara Bikin DIY Body Scrub, Bahannya Bisa Kamu Dapatkan di Dapur!unsplash/Monika Grabkowska

Stroberi dikenal kaya antioksidan dan vitamin C yang bisa menangkal radikal bebas dan menambah produksi kolagen. Untuk membuat scrub dari stroberi kamu membutuhkan bahan-bahan ini:

  1. Satu cangkir kecil gula,
  2. 1/4 cangkir coconut oil,
  3. 1/4 oatmeal, dan
  4. 1/4 cangkir stroberi yang sudah dihaluskan (kamu bisa menghaluskannya dengan memotongnya kecil-kecil, lalu ditekan-tekan dengan bagian belakang garpu).

Langkah selanjutnya mudah sekali, campurkan semua bahan di dalam mangkok. Lalu, gosok ke bagian-bagian kulit tubuh yang kamu hendaki.

2. Scrub dari madu dan gula

5 Cara Bikin DIY Body Scrub, Bahannya Bisa Kamu Dapatkan di Dapur!unsplash/Arwin Neil Baichoo

Dengan kandungan antibakterinya, madu menjadi salah satu bahan yang dicari dalam produk perawatan kulit. Untuk membuat scrub kulit tubuhmu sendiri, kamu membutuhkan:

  1.  1/2 cangkir gula merah,
  2. 1/4 cangkir coconut oil yang dicairkan, dan
  3. Dua sendok makan madu.

Campur semuanya ke dalam mangkok, aduk rata. Tambahkan lebih banyak coconut oil apabila adonannya terasa masih terlalu crumbly. Dan, scrub-mu pun siap digunakan! Karena madu punya tekstur yang agak lengket, kamu sebaiknya langsung mandi setelah pemakaiannya ya!

3. Scrub dari kopi

5 Cara Bikin DIY Body Scrub, Bahannya Bisa Kamu Dapatkan di Dapur!Unsplash.com/Glen Carrie

Kopi cukup populer digunakan sebagai bahan dari DIY body scrubs, karena dianggap mampu mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit. Selain itu, aroma kopi yang harum juga cukup digemari!

Pertama-tama, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan ini:

  1. 1/2 cangkir ampas kopi,
  2. Dua sendok makan air hangat, dan
  3. Satu sendok makan coconut oil yang dihangatkan.

Tuang ampas kopi dan air hangat pada mangkuk, lalu aduk merata. Lalu, tambahkan coconut oil. Terus ulangi proses tersebut hingga konsistensi yang kamu rasa tepat. Setelah itu, scrub kopi pun siap digunakan!

Baca Juga: 5 Pilihan Body Scrub Ini Bisa buat Manjain Diri, Gak Perlu Nyalon!

4. Scrub gula merah

5 Cara Bikin DIY Body Scrub, Bahannya Bisa Kamu Dapatkan di Dapur!bbqpit.de

Gula merah (brown sugar) dinilai lebih lembut untuk kulit dibandingkan sea salt. Karena itu, bahan ini cenderung lebih cocok dipakai untuk pemilik kulit sensitif.

Siapkan bahan-bahannya, yaitu:

  1. 1/2 cangkir gula merah
  2. 1/2 cangkir essential oil yang kamu miliki (bisa coconut, jojoba, olive, almond, atau grapeseed).

Setelah kedua bahan tersebut dicampur dan diaduk merata, kamu pun bisa langsung menggunakannya. Tapi, karena kandungan essential oil dan takaran yang tepat untuk setiap kulit bisa berbeda-beda, sebaiknya kamu melakukan patch test dengan diluted oil untuk memastikan apakah kamu ada reaksi alergi tertentu.

5. Scrub dari teh hijau

5 Cara Bikin DIY Body Scrub, Bahannya Bisa Kamu Dapatkan di Dapur!unsplash/Phuong Nguyen

Green tea atau teh hijau dikenal dengan manfaat alaminya yang baik untuk kulit seperti antioksidan dan antiinflamasi. Kamu memerlukan 4 bahan ini untuk membuat scrub, di antaranya adalah:

  1. Dua kantong teh hijau,
  2. 1/2 cangkir air panas,
  3. Satu cangkir gula merah, dan
  4. 1/4 cangkir coconut oil yang dilelehkan.

Langkah pertama, masukkan kantong teh ke air panas dan diamkan sampai meresap. Setelah air mendingin, tambahkan gula merah dan coconut oil. Aduk sampai merata.

Apabila adonanmu terlalu crumbly, tambahkan coconut oil. Sebaliknya, jika terlalu lembek kamu bisa menambahkan lebih banyak gula merah. Setelah konsistensinya terasa pas, kamu bisa segera memakai scrub tersebut.

Gimana? Tutorialnya mudah dan bahannya bisa didapatkan kan? Tapi, ingat ya, karena kulit wajah lebih sensitif dari kulit tubuh, sebaiknya kamu jangan langsung menggunakannya sebagai scrub wajah juga.

Konsultasikan kepada dermatologist-mu untuk mengetahui kandungan atau bahan apa yang cocok untuk body scrub-mu. Sebaiknya kamu juga menghindari rangkaian eksfoliasi ini jika kulitmu ada luka sunburned (terbakar matahari), chapped (pecah-pecah), memerah atau bengkak, dan baru saja melakukan chemical peel.

Semoga membantu!

Baca Juga: Tips Buat Kamu yang Mau DIY Masker Wajah, Patch Test Dulu!

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya