Comscore Tracker

7 Ide DIY dari Foto Polaroid, Bisa Dibuat Jadi Kalung Lho!

Sulap foto polaroid favoritmu jadi 7 benda ini!

Selain menyimpan kenangan, ternyata foto polaroid juga bisa diubah menjadi benda yang multi guna, lho! Berikut ini IDN Times rangkum 7 langkah DIY foto polaroid yang mudah untuk dilakukan di rumah. Selamat mencoba!

1. Kartu remi custom

7 Ide DIY dari Foto Polaroid, Bisa Dibuat Jadi Kalung Lho!lovelyindeed.com

Bosan di rumah selama physical distancing? Coba deh bikin kartu remi versimu sendiri! Bahannya cukup mudah, kok! Kamu cuma perlu menyiapkan: gunting, art paper, spidol hitam, double tape, dan foto polaroid!

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menggunting art paper sesuai ukuran kartu remi (sekitar 8x6 cm) sejumlah 52 lembar. Selanjutnya, gunting foto polaroid dengan ukuran yang sedikit lebih kecil dari kartu.

Lalu, tempelkan art paper dengan foto menggunakan double tape. Jangan lupa ya untuk meletakkan foto polaroidmu di bagian tengah kartu!

Terakhir, tinggal gambar lambang kartu remi dengan spidol hitam di ujung setiap kartumu. Voila! Selamat bermain!

2. Kalender meja

7 Ide DIY dari Foto Polaroid, Bisa Dibuat Jadi Kalung Lho!maggieholmesdesign.com

Bingung mau kasih hadiah apa pada kerabat yang sedang berulang tahun? Coba deh hadiahkan kalender meja yang berisi momen berharga kalian berdua!

Pertama-tama, gunting 12 kertas art paper dengan ukuran sekitar 17x24 cm. Selanjutnya, pilih foto polaroid favoritmu dan tempelkan foto pada bagian samping kiri art paper.

Siapkan spidol warna-warni, lalu tulis nama bulan dan tanggal di bagian kanan. Kamu juga bisa melingkari tanggal-tanggal penting yang personal! Seperti hari ulang tahun kalian berdua, misalnya.

Langkah terakhir, tinggal pasang klip untuk menggabungkan kalender dan pajang di meja menggunakan wooden easel. Jadi, deh!

3. Hiasan dinding

7 Ide DIY dari Foto Polaroid, Bisa Dibuat Jadi Kalung Lho!dossierblog.com

Kamu bisa meniru hiasan dinding yang kece ini dengan modal 6 bahan saja. Ada kayu panjang, tali rami, foto polaroid, gunting, selotip, dan wall hook (kaitan bingkai).

Yang pertama harus kamu lakukan adalah mengukur panjang tali rami sesuai dengan kayu. Lalu, ikat tali di bagian ujung dan kaitkan pada wall hook.

Selanjutnya, ikat tali dan uraikan tali memanjang ke bawah di setiap sisi kayu. Tempelkan foto polaroid menggunakan selotip, ulangi sampai semua bagian terisi. Jadi deh, mudah banget kan?

Baca Juga: 9 DIY Lampu Gantung Unik dari Barang Rumahan, Bisa Pakai Parutan Keju!

4. Hiasan dinding model hulahop

7 Ide DIY dari Foto Polaroid, Bisa Dibuat Jadi Kalung Lho!goodhousekeeping.com

Kamu bisa mencoba tutorial hiasan dinding model hulahop ini untuk hadiah ulang tahun. Langkah pertama, semprot hulahop dengan cat warna emas di segala sisi. Tunggu sampai mengering.

Tempel foto polaroid pada pita menggunakan lem tembak. Jangan lupa sesuaikan jumlah foto dengan ukuran hulahop ya! Setelahnya, tempelkan pita pada hulahop menggunakan lem tembak. Pastikan pita sudah menempel erat sebelum lanjut ke step berikutnya.

Lalu, gunting bunga palsu dan tempel untuk hiasan di sisi atas dan bawah hulahop. Pasang kawat agar hiasan bunga gak mudah jatuh. Terakhir, gantungkan hulahop polaroid pada dinding!

5. Hiasan lampu tidur

7 Ide DIY dari Foto Polaroid, Bisa Dibuat Jadi Kalung Lho!ashleyannphotography.com

Lampu tidur berhiaskan foto polaroid bisa jadi hiasan kamar yang indah dan penuh nostalgia. Kamu bisa mencobanya di rumah dengan cara scan foto polaroid,  lalu kolase foto pada aplikasi editing. Selanjutnya, print dengan ukuran yang sesuai dengan lampu.

Atau, kamu bisa juga kolase foto pilihanmu pada kertas. Lalu, langsung tempelkan pada lampu tidur. Setelahnya, gunakan penggaris dan pensil untuk menandai apakah ada kertas yang perlu dipotong.

6. Kalung

7 Ide DIY dari Foto Polaroid, Bisa Dibuat Jadi Kalung Lho!one-o.it

Kangen sama pacar? Coba hilangkan rasa rindumu dengan membuat kalung polaroid ini! Pertama-tama,  gunting foto polaroid kesayanganmu berbentuk persegi ukuran sekitar 4 cm.

Karena membutuhkan clay untuk membuat bandul kalungnya, kamu harus membentuk clay dengan tangan. Campurkan air bila clay terlalu lengket. Jangan lupa percikkan sedikit air pada permukaan alas clay dan balurkan sedikit air pada rolling pin.

Lanjutkan sampai bentuk clay cukup besar dan tipis (sekitar 2-3 mm). Letakkan kertas referensi yang sesuai dengan foto polaroid, lalu potong clay di bagian atasnya. Tunggu sampai mengering dan letakkan di oven selama beberapa menit.

Setelahnya, rapikan bagian ujung clay dengan kikir kuku dan pulaskan kuteks bening di seluruh bagian clay. Lebih bagus kalo hasil akhirnya glossy! Tinggal tunggu sampai kering, lalu tempelkan foto polaroid dengan double tape atau glue gun. Selesai deh!

7. Magnet kulkas

7 Ide DIY dari Foto Polaroid, Bisa Dibuat Jadi Kalung Lho!popsugar.com

Untuk mengusir rasa bosan, kamu bisa menghias kulkas dengan membuat tempelan kulkas sendiri. Agar terlihat manis, kamu bisa menggunakan foto polaroidmu sendiri, lho!

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih foto yang kamu sukai. Lalu, scan foto dan resize atau print ulang jadi ukuran yang kecil. Selanjutnya, semprot dengan spray mount di bagian belakang foto. Tunggu sampai agak mengering.

Setelah kering, rapikan bentuknya dengan gunting. Langkah terakhir, tinggal gunting strip magnetiknya seukuran frame foto, lalu tempelkan! Sudah jadi deh hiasan kulkasnya! Dijamin lucu hasilnya!

Itu dia 7 tutorial DIY dari foto polaroid yang paling unik! Selamat mencoba!

Baca Juga: DIY Masker Terbaik Versi Cambridge University, Bahannya Mudah Didapat

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya