Comscore Tracker

6 Cara Mendapatkan Gaun Pernikahan yang Lebih Murah, Bisa Diakali!

Banyak alternatifnya!

Dewasa ini, biaya pernikahan tidak terkira mahalnya. Biasanya, yang paling memakan dana adalah tempat, katering, souvenir, dan busana pernikahannya. Tapi kamu tidak perlu khawatir! Ada cara agar biaya pernikahannya bisa lebih ramping, lho! Berikut langkah mendapatkan gaun pernikahan yang lebih murah!

1. Pilihlah gaun yang modelnya simple. Artinya, polos & tanpa sentuhan manik-main atau detail yang bikin harganya mahal

6 Cara Mendapatkan Gaun Pernikahan yang Lebih Murah, Bisa Diakali!Pexels/Lee Hnetinka

Pilihlah gaun klasik yang minimalis. Biasanya, gaun-gaun tersebut tidak memiliki aksen berupa brokat, lace, atau payet. Semakin minim hiasan tersebut, biasanya harga gaun pun tidak terlalu mahal. Untuk menyiasati tampilan yang flat, kamu bisa menambahkan obi, kalung, atau bros untuk memperindah gaunnya.

2. Jika tidak mungkin menggunakan gaun yang polos, mintalah gaun-gaun yang perhiasannya terbatas di bagian tertentu

6 Cara Mendapatkan Gaun Pernikahan yang Lebih Murah, Bisa Diakali!Pexels/Daniel Moises Magulado

Jika tidak mungkin mendapatkan gaun yang polos, pilihlah busana pernikahan dengan detail yang terbatas. Misalnya, hanya pada bodice (dari leher sampai pinggang), kerah saja, lengan, atau tepi rok. Semakin sedikit bahan atau hiasan, semakin minim ongkos yang perlu dirogoh.

3. Hindarilah merombak gaun yang sudah jadi, oleh karena itu pilih gaun yang benar-benar sesuai keinginan

6 Cara Mendapatkan Gaun Pernikahan yang Lebih Murah, Bisa Diakali!Pexels/Снежана

Mungkin, kamu berniat membeli gaun yang murah agar nanti bisa merombaknya sesuai keinginan. Jadi, kamu tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan gaun yang benar-benar sesuai keinginanmu. Kenyataannya, hal tersebut belum tentu berakhir sesuai ekspektasi lho! Bisa jadi, biaya perombakan gaun menyulapnya jadi lebih mahal!

Karena itu, bijaklah sebelum membeli. Surveilah biaya membeli gaun dengan biaya perombakannya. Alangkah lebih baik lagi jika kamu belanja gaun yang benar-benar sesuai keinginanmu, ketimbang harus menambah biaya yang tidak efisien di lain waktu.

Baca Juga: 7 Panduan Memilih Cincin Pertunangan & Pernikahan, Teliti Sebelum Beli

4. Pilihlah gaun dengan model atau potongan siluet yang tidak rumit. Misalnya mengganti ball gown menjadi A-line

6 Cara Mendapatkan Gaun Pernikahan yang Lebih Murah, Bisa Diakali!Pexels/Vasyl Potochnyi

Ball gown memang indah. Efek yang dihasilkannya, mampu membuatmu bak putri di kisah Disney. Tapi, lihat dulu harganya! Ball gown membutuhkan teknik pengerjaan yang lebih rumit dan bahan yang berlapis. Maka dari itu, harganya bisa lebih mahal daripada gaun ramping berbahan kain yang sama.

Satu lagi! Gaun yang kamu pakai, menentukan transportasi yang dipakai lho! Ketika menggunakan ball gown, kamu memerlukan ruang yang lebih dalam mobil.

5. Jangan sungkan menyewa gaun atau membeli secondhand gown. Yang terakhir, bahkan mulai marak lho!

6 Cara Mendapatkan Gaun Pernikahan yang Lebih Murah, Bisa Diakali!Pexels/Pixabay

Jika kamu kerap mendatangi wedding exhibition, kini sudah mulai marak penjualan secondhand gown. Tentunya, para vendor menyediakan gaun pengantin dengan kualitas yang masih baik dan tetap elok dipakai. Hal ini bisa menjadi solusimu dalam menghemat pos biaya untuk gaun pengantin.

Solusi lainnya adalah menyewa gaun. Jika ingin yang lebih terjangkau lagi, kamu bisa menggunakan gaun warisan orangtuamu. Pasti kesan klasik akan menguar sempurna.

6. Berburulah diskon dengan mengunjungi wedding exhibition atau rajin update informasi dari situs serta sosial media gerai gaun pernikahan

6 Cara Mendapatkan Gaun Pernikahan yang Lebih Murah, Bisa Diakali!Pexels/Bruce Mars

Kini, sudah banyak jasa wedding gown yang memiliki website atau sekadar sosial media. Hal tersebut untuk mendukung kegiatan promosi dan penjualan mereka. Mereka juga sering menawarkan diskon atau paket bundling yang menarik.

Tidak ada salahnya kamu mulai update informasi tersebut sejak setahun sebelum hari spesialmu tiba. Siapa tahu diskonnya lebih besar lagi, bukan?

Itulah langkah mendapatkan gaun pernikahan yang lebih murah. Sudah mulai tercerahkan? Yuk, berbagi di kolom komentar soal caramu meminimalkan biaya gaun pernikahan!

Baca Juga: 5 Orang Ini Bakal Mengujimu di Awal Pernikahan

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya