Comscore Tracker

5 Tips Mencuci Noda Jamur pada Handuk, Gak Perlu Beli Baru!

Dijamin langsung kinclong dan bersih dari paparan jamur

Tempat yang basah atau lembap memang cenderung memicu jamur untuk mudah berkembang biak. Tak terkecuali pada alat mandi kita yang memang sering disimpan pada tempat lembab, salah satunya handuk. 

Handuk basah yang dibiarkan begitu saja, tanpa dijemur di bawah paparan sinar matahari memang berpotensi jadi tempat berkembang biak jamur. Jika handuk sudah terpapar jamur, tentu tidak akan baik digunakan kembali untuk kesehatan. 

Eits, tapi jangan buru-buru dibuang, ya. Ternyata jamur pada handuk bisa dihilangkan, lho. Simak tips lengkapnya berikut ini. 

1. Kibaskan dan sikat handuk terlebih dahulu

5 Tips Mencuci Noda Jamur pada Handuk, Gak Perlu Beli Baru!ilustrasi sikat (instagram.com/cottonbro)

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan cara mengibaskan handuk. Hal ini bertujuan agar spora yang menempel pada handuk bisa terlepas. 

Lakukan hal ini di luar rumah agar saat spora terlepas tidak menempel pada tempat lain. Setelah itu, sikat sikat perlahan area yang berjamur agar spora dapat terlepas. 

2. Cuci handuk hingga bersih

5 Tips Mencuci Noda Jamur pada Handuk, Gak Perlu Beli Baru!ilustrasi orang yang sedang mencuci (pexels.com/Sarah Chai)

Selanjutnya, cuci handuk dengan proses pencucian biasa. Gunakan air panas atau sesuaikan suhu air seperti yang direkomendasikan pada label handuk. 

Kemudian, tambahkan juga detergen atau pemutih untuk mencuci handuk. Jika nodanya masih belum hilang ulangi lagi atau rendam dahulu handuk selama 30-60 menit dalam air detergen atau pemutih. 

Baca Juga: 5 Tips Mencuci Handuk biar Tetap Lembut dan Wangi Tahan Lama

3. Cuci menggunakan sitrun

5 Tips Mencuci Noda Jamur pada Handuk, Gak Perlu Beli Baru!Ilustrasi handuk (pexels.com/Engin Akyurt)

Sitrun merupakan larutan pembersih yang biasa digunakan untuk menghilangkan noda pada pakaian. Kandungan asam yang terdapat di dalam sitrun ampuh bikin bajumu langsung kinclong dan bersih dari noda membandel. 

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Pertama, larutkan sitrun dan sedikit deterjen ke dalam air hangat, lalu aduk sampai merata. Kemudian, rendam handuk selama 10 menit. Cuci seperti biasa, lalu bilas hingga bersih. 

4. Gunakan campuran soda kue dan cuka putih

5 Tips Mencuci Noda Jamur pada Handuk, Gak Perlu Beli Baru!ilustrasi menuang detergen (pexels.com/RODNAE Productions)

Memanfaatkan bahan alami untuk menghilangkan jamur pada handuk juga cukup efektif, salah satunya dengan campuran soda kue dan cuka putih. Larutkan kedua bahan ini ke dalam air hangat, lalu aduk merata. 

Rendam handuk yang berjamur ke dalam larutan cuka dan soda kue. Kemudian, cuci dan sikat bersih hingga area yang berjamur memudar. Bilas hingga bersih dan jemur di bawah sinar matahari. 

5. Jemur dibawah sinar matahari

5 Tips Mencuci Noda Jamur pada Handuk, Gak Perlu Beli Baru!ilustrasi menjemur pakaian (pexels.com/Ron Lach)

Jika jamur yang menempel pada handuk sudah pudar, saatnya bilas hingga bersih. Kamu juga bisa mengeringkan handuk terlebih dahulu dengan mesin cuci agar dapat kering dengan baik. 

Kemudian, jemur handuk di bawah paparan sinar matahari. Menjemur handuk dibawah terik matahari juga dapat membantu memutihkan noda bekas jamur dan menghilangkan bau tidak sedap pada handuk. 

Itulah beberapa tips untuk membersihkan handuk dari jamur. Untuk itu, selalu jemur handukmu setiap habis mandi agar tidak lembab sehingga mudah jadi tempat pertumbuhan jamur. 

Baca Juga: 5 Fakta Oshibori, Handuk Keramahan Jepang

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya