Comscore Tracker

Info Lengkap Kuliah Gratis dengan Beasiswa Unggulan Kemdikbudristek

Informasi kuliah gratis menggunakan Beasiswa Unggulan

Seperti kita ketahui, banyak sekali platfrom pendidikan yang menawarkan program beasiswa salah satunya beasiswa dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbusristek). Tiap tahunnya Pemerintah Indonesia melalui Kemdikbudristek memberikan beasiswa untuk memajukan pendidikan di Indonesia. 

Ada 3 kategori beasiswa yang bisa diikuti untuk mahasiswa S1 hingga S3 di Indonesia, beasiswa itu diantaranya Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Beasiswa Unggulan, beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) dan beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik).

Kali ini penulis akan membahas satu dari ketiga beasiswa tersebut yaitu Beasiswa Unggulan. Mengutip dari laman resmi kemdikbud.go.id, Beasiswa Unggulan merupakan upaya dukungan yang dilakukan oleh pemerintah untuk memperkecil kesenjangan pendidikan di Indonesia. Ada empat kategori dalam Beasiswa Unggulan ini, yakni:

1. Beasiswa Masyarakat Berprestasi

Info Lengkap Kuliah Gratis dengan Beasiswa Unggulan KemdikbudristekMasyarakat Berprestasi (pexels.com/RODNAE Productions)

Kategori beasiswa satu ini ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia yang mempunyai prestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik, baik itu ditingkat nasional atau Internasional.

Selain itu, kategori Beasiswa Masyarakat Berprestasi ini juga ditujukan oleh seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki kontribusi terhadap daya saing di segala bidang. Untuk mahasiswa seperti mahasiswa baru ataupun on going dapat mendaftarkan dirinya melalui jalur Masyarakat Berprestasi ini.

2. Beasiswa Bagi Pegawai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Info Lengkap Kuliah Gratis dengan Beasiswa Unggulan KemdikbudristekIlustrasi Pegawai Instansi (pexels.com/RODNAE Productions)

Kategori kedua ditujukan kepada pegawai di lingkungan Kemdikbudristek atau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Daerah yang diusulkan oleh pejabat pimpinan pratama atau eselon III unit kerja.

Selain itu, beasiswa dengan kategori ini juga ditujukan kepada pegawai Kemdikbudristek yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang universitas dan tidak bisa diikuti oleh pegawai pelajar on-going.

3. Beasiswa Penyandang Disabilitas

Info Lengkap Kuliah Gratis dengan Beasiswa Unggulan KemdikbudristekIlustrasi Penyandang Disabilitas (pexels.com/Ivan Samkov)

Penyandang disabilitas juga berkesempatan untuk meraih beasiswa di Beasiswa Unggulan ini lho! Mahasiswa penyandang disabilitas baik disabilitas fisik, disabilitas mental, disabilitas intelektual, atau disabilitas sensorik diberikan kesempatan yang sama oleh pemerintah untuk merasakan pendidikan hingga di perguruan tinggi. Melalui program ini, diharapkan tidak ada kesenjangan antara satu sama lain.

Baca Juga: Raih Kesempatan Beasiswa Kuliah di Glow & Lovely Bintang Beasiswa 2021

4. Beasiswa Penghargaan

Info Lengkap Kuliah Gratis dengan Beasiswa Unggulan KemdikbudristekIlustrasi Penghargaan (pexels.com/RODNAE Productions)

Kategori keempat yaitu Beasiswa Penghargaan. Dalam kategori ini ditujukan kepada anak bangsa yang berasal dari orangtua yang gugur dalam pengabdiannya kepada negara. Pemerintah memberikan penghargaan khusus bagi mereka yang memiliki orangtua yang telah gugur dalam mengharumkan nama bangsa. Calon penerima melalui jalur ini biasanya diusulkan oleh pejabat setingkat Kepala Staf Tentara Nasional.

Benefit yang akan kalian dapatkan ketika menjadi awardee Beasiswa Unggulan ini banyak sekali lho teman-teman, karena Beasiswa Unggulan ini membiayai uang kuliah tunggal (UKT), biaya hidup, serta uang buku hingga 8 semester lho.

Selain itu kalian akan mendapatkan relasi antara sesama awardee di kampus atau daerah lain. Seru banget bukan? 

Beasiswa Unggulan selalu membuka pendaftaran pertahunnya, yakni antara bulan Juli hingga Agustus. Maka dari itu, mari persiapkan diri dengan baik untuk mendaftar beasiswa ini di tahun 2022 yaa.

Ikuti terus informasi dari kami atau Instagram resmi @puslapdik_dikbud atau @beasiswa_unggulan. Semoga berhasil ya.

Baca Juga: Tutup Desember 2021, Ini 5 Beasiswa untuk Pelajar dan Mahasiswa

Nela Aprilia Rismilda Photo Writer Nela Aprilia Rismilda

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya