Comscore Tracker

7 Skill Kece yang Bisa Kamu Pelajari di Masa Kuliah

Jangan kendor, kembangkan terus dirimu!

Siapa bilang kuliah cuma buat dapat ijazah atau IPK di atas tiga koma? Pada dasarnya, kuliah adalah wadah buat mahasiswa mengembangkan pengetahuan dan keterampilan agar siap menghadapi dunia kerja.

Nah, rugi banget deh bagi mahasiswa yang kuliah cuma mengejar IPK doang. Padahal, di kampus, banyak sekali wadah untuk mengembangkan skill-skill kece yang bermanfaat banget.

1. Public speaking

7 Skill Kece yang Bisa Kamu Pelajari di Masa Kuliahlearntospeakout.com

Kita semua sepakat bahwa hidup itu bukan hanya tentang diri sendiri. Kita juga harus bergaul dengan orang lain. Nah, kemampuan public speaking bermanfaat untuk menyampaikan pendapat kita di kepada orang lain.

Di kampus, dosen-dosen juga sering memberikan tugas presentasi. Kamu bisa belajar berbicara dengan baik dalam setiap presentasi.

Selain itu, banyak event yang membutuhkan MC. Kamu bisa belajar berbicara lebih lancar dengan mengajukan diri menjadi MC. Mungkin kamu juga bisa ikutan club debat untuk belajar cara berargumen yang baik. Pokoknya, banyak banget deh jalan buat meningkatkan kemampuan public speaking.

Public speaking ini penting banget jika kamu mau menjadi seorang influencer atau motivator. Apalagi sekarang sudah banyak influencer muda. Siapa tahu kamu menjadi yang berikutnya. Jadi, jangan takut lagi deh untuk belajar public speaking.

2. Event organizing

7 Skill Kece yang Bisa Kamu Pelajari di Masa Kuliahtennmagazine.com

Ini merupakan kemampuan yang bisa kamu peroleh dari kegiatan kepanitiaan. Di kampus, banyak banget event yang membutuhkan adanya kepanitiaan. Kamu bisa mendaftar sebagai panitia untuk memperbanyak pengalamanmu tentang event organizing ini.

Dalam kepanitiaan, kamu bisa memilih untuk menjadi divisi acara; peralatan dan perlengkapan; desain, dekorasi dan dokumentasi, konsumsi, atau bahkan kamu bisa menjadi panitia inti (ketua, sekretaris, dan bendahara).

Nah, di kepanitiaan ini, kamu akan belajar cara menyelenggarakan sebuah acara. Mengapa ini penting? Karena kamu dapat belajar tanggung jawab, disiplin, komitmen, bahkan dapat memperbanyak relasi lho. Pengalaman yang diperoleh juga sangat dibutuhkan kelak di dunia kerja.

3. Belajar desain grafis

7 Skill Kece yang Bisa Kamu Pelajari di Masa Kuliahmashable.com

Mahir dalam desain grafis memang tidak wajib untuk semua kalangan mahasiswa, apalagi yang bukan jurusan seni rupa. Namun, setidaknya kamu bisa belajar hal-hal mendasar tentang cara mendesain.

Dengan kemampuan desain grafis, kamu bisa membuat gambar-gambar keren, poster, brosur, banner, atau infografik tanpa harus meminta bantuan orang lain. Kamu bisa melakukannya hanya karena iseng atau bahkan membuka jasa desain grafis. Kan lumayan bisa nambah uang jajan.

Salah satu cara ampuh belajar desain yaitu dengan ikut kepanitiaan bidang desain dan dokumentasi. Nah, di situ kamu akan bertugas untuk membuat desain banner, poster, baliho, atau bahkan seragam event. Kamu juga bisa belajar kepada kakak tingkatmu yang lebih dahulu jago mendesain.

Baca Juga: 7 Cara Kuliah S2 dengan Biaya Sendiri, Bikin Ortu Bangga!

4. Memproduksi dan mengedit video

7 Skill Kece yang Bisa Kamu Pelajari di Masa Kuliahwww.rocketstock.com

Seiring dengan kemajuan teknologi, video menjadi salah satu media penyampaian informasi dan pendapat yang paling diminati masyarakat.

Di perkuliahan, kamu akan sering mendapat tugas membuat video. Nah, membuat dan mengedit video menjadi keahlian yang menjanjikan di masa depan. Ini bisa menjadi modal awal menjadi youtuber lho. Lumayan kan kalau jadi youtuber?

Hampir sama seperti desain grafis, kamu bisa meningkatkan kemampuan membuat dan mengedit video melalui organisasi dan kepanitiaan. Kamu bisa minta ajarin ke kakak tingkat atau teman seangkatan yang lebih jago.

Pokoknya, sayang banget deh kalau gak belajar editing video karena kemampuan ini masih jarang dimiliki orang dan masih terbilang valuable. Kamu bisa menjadi aset berharga lho.

5. Bermusik

7 Skill Kece yang Bisa Kamu Pelajari di Masa Kuliahm.detik.com

Bagi kamu yang senang bermusik, kamu akan bertemu banyak sekali unit kegiatan mahasiswa yang fokus dalam bermusik, seperti paduan suara, band, dan lain sebagainya. Banyak juga kompetisi-kompetisi musik yang bisa diikuti untuk mengasah skill kamu.

Bermusik dapat menjadi sarana ekspresi yang menyenangkan. Kuliah kan bukan melulu tentang laporan sama paper. Bahkan, kamu bisa jadikan hobi kamu ini sebagai sumber penghasilan. Kamu bisa mengover lagu dan menguploadnya di media sosial. 

6. Belajar coding

7 Skill Kece yang Bisa Kamu Pelajari di Masa Kuliahblog.aha.io

Sekarang ini, bukan cuman anak informatika yang bisa belajar coding. Kamu bisa belajar coding secara autodidak atau belajar dari teman-temanmu. Bahkan beberapa universitas menyediakan mata kuliah pilihan yang mengajari mahasiswanya tentang coding.

Memangnya coding itu perlu? Coding itu banyak manfaatnya lho. Kamu bisa membuat aplikasi sederhana untuk memudahkan keperluanmu. Bahkan, pada tingkat yang lebih tinggi, kamu bisa membangun sebuah start up, keren kan?

Kegiatan menulis kode-kode komputer ini masih menjadi hal yang asing bagi sebagian besar orang. Namun, manfaat yang bisa didapat sangatlah banyak. Nah, sebagai mahasiswa, gak ada ruginya kalau kamu mulai belajar coding dari sekarang.

7. Berdagang

7 Skill Kece yang Bisa Kamu Pelajari di Masa Kuliahizkey.com

Buat kamu yang ingin menambah uang jajan, kamu bisa mencoba berdagang. Kamu bisa jualan snack ringan di kampus atau jadi dropshipper online. Selain menguntungkan, berdagang memberikan pengalaman untuk kamu agar lebih siap setelah lulus kuliah nanti.

Kalau kamu bingung mau memulai dari mana, kamu bisa ikutan kepanitiaan divisi dana usaha. Di sana, kamu akan belajar mendapatkan dana dari keuntungan usaha, mulai dari jualan gorengan, snack ringan, minuman, jasa mak comblang, hingga jualan bunga di jalan. Memang ribet sih, tapi pokoknya asyik deh.

Jangan biarkan masa kuliahmu terbuang sia-sia, kamu pasti bisa kok!

Baca Juga: Selain Belajar, 5 Hal Ini Pernah Kamu Lakukan Waktu Masa Kuliah Gak?

Aditya Reza Photo Community Writer Aditya Reza

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You