Comscore Tracker

5 Cara Menentukan Judul Artikel Kece dan Gak Bikin Editor Jenuh

Sebab, editor harus memilih mana tulisan yang asyik dibaca

Menjadi seorang penulis tentu memiliki kesulitan tersendiri, misalnya penulis artikel. Setiap hari, penulis artikel harus memikirkan topik pembahasan baru yang tidak hanya informatif, namun juga menarik di mata masyarakat.

Namun, dalam proses penerbitannya pun, setiap artikel harus lulus pemeriksaan editor dulu, 'kan? Untuk itu, yuk, simak beberapa tip berikut agar judul artikelmu makin kece dan menarik di mata para editor. Simak penjelasannya, ya!

1. Cobalah gunakan istilah yang unik atau puitis

5 Cara Menentukan Judul Artikel Kece dan Gak Bikin Editor JenuhPexels.com/Bruce Mars

Setiap penulis punya ciri khas dan cara penulisannya sendiri-sendiri. Namun, tidak ada salahnya kamu menggunakan bahasa yang kekinian, unik, atau puitis. Tidak hanya menarik di mata editor, tulisanmu juga bakal menarik di mata para pembaca. 

2. Singkat, namun tepat dalam menyampaikan maksud

5 Cara Menentukan Judul Artikel Kece dan Gak Bikin Editor JenuhPexels.com/Pixabay.com

Satu hal yang penting dipahami oleh semua penulis, baik itu pemula atau bahkan sudah berpengalaman, ialah judul artikel atau karya tulis tidak harus bertele-tele atau panjang. Judul bisa dengan kalimat singkat, namun tepat dalam menyampaikan maksud dari isi pembahasannya. Editor suka tipe penulisan yang seperti ini.

Baca Juga: Inilah 9 Tips Menulis Artikel Traveling yang Harus Kamu Ketahui

3. Jangan terlalu kaku

5 Cara Menentukan Judul Artikel Kece dan Gak Bikin Editor JenuhPexels.com/Rawpixel.com

Sebagai penulis, tentu kita perlu menyampaikan informasi dengan benar dan tidak membosankan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk tidak menulis terlalu kaku. Tetap gunakan bahasa yang baik dan benar, namun ditulis dengan lebih santai agar pembaca menyukainya. Hal ini diperhatikan editor juga, lho.

4. Sertakan angka pada judul jika artikel mencakup beberapa poin penting

5 Cara Menentukan Judul Artikel Kece dan Gak Bikin Editor JenuhPexels.com/Oleg Magni

Tip menulis yang keempat ialah menyertakan angka pada judul artikelmu. Itu jika isi dalam pembahasannya mencakup beberapa poin penting atau dalam format listicle. Selain lebih menarik di mata calon pembaca, editor juga akan tahu berapa poin artikel di dalamnya. Hal itu akan membantu editor sebelum menerbitkan artikelmu.

5. Pilih topik atau sudut pandang baru pada artikelmu

5 Cara Menentukan Judul Artikel Kece dan Gak Bikin Editor JenuhPexels.com/Rawpixel.com

Satu hal yang selalu dilakukan setiap penulis ialah tidak pernah berhenti berpikir kreatif. Semua topik atau tema tulisan mungkin sudah pernah digunakan atau dibahas. Nah, yang perlu kamu lakukan ialah mencari sudut pandang baru akan suatu topik.

Tulisan atau judul artikel seperti ini sangat disukai editor. Itu karena kita sebagai penulis berusaha menyampaikan informasi baru kepada para pembaca. 

Itulah beberapa tip yang bisa kamu lakukan agar artikelmu tidak membuat jenuh editor dan kece di mata pembaca. Kamu sudah coba yang mana?

Baca Juga: Yayasan Ini Ajari Anak Berkebutuhan Khusus Menulis di Hari Aksara

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya