Comscore Tracker

5 Kunci Menulis Artikel yang Menarik, Auto Dilirik Editor dan Terbit!

Tips supaya artikelmu lolos pemeriksaan dan langsung terbit

Semakin meningkat dan meluasnya peluang karier dalam dunia kepenulisan, banyak orang yang kemudian melirik profesi sebagai penulis salah satunya adalah penulis artikel.

Namun meskipun banyak diminati, kamu semua tahu bahwa menulis artikel tidaklah semudah yang dikira. Yang mana ketika artikel sudah selesai ditulis, ada tahapan pemeriksaan oleh editor untuk memastikan bahwa artikel tersebut layak untuk diterbitkan atau tidak.

Nah, supaya tulisanmu tidak sia-sia, pastikan kamu tahu lima kunci agar artikelmu menarik sehingga langsung dilirik editor dan diterbitkan! 

1. Tulis artikel dengan topik atau ide yang menarik untuk dibaca

5 Kunci Menulis Artikel yang Menarik, Auto Dilirik Editor dan Terbit!ilustrasi pasangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kuncinya yang pertama untuk menulis artikel yang menarik ialah pastikan bahwa topik dan ide tulisanmu menarik untuk dibaca. Di sinilah kreativitasmu dilatih, yang mana kamu harus pandai-pandai merangkai kata dalam membuat judul dan menciptakan sudut pandang baru untuk tulisanmu supaya lain dari yang sudah biasa dibaca orang. Supaya tulisanmu menarik perhatian editor dan langsung diterbitkan. 

2. Gunakan gambar ilustrasi yang eye catching

5 Kunci Menulis Artikel yang Menarik, Auto Dilirik Editor dan Terbit!ilustrasi komputer (pexels.com/Michael Burrows)

Selain topik dan ide tulisan, kunci menulis artikel yang menarik juga terletak pada pemilihan gambar ilustrasi yang mesti eye catching. Biasanya di bagian inilah yang memakan waktu lama karena kamu harus benar-benar selektif dalam memilih foto.

Sangat disarankan untuk menggunakan foto yang mengilustrasikan tulisanmu dengan tepat, jelas, dan gunakan kualitas foto yang tinggi agar semakin menarik di mata para pembaca. 

Baca Juga: Kesampingkan Rasa Malas, 5 Tips Tetap Rileks saat Menulis

3. Pastikan cara menulismu sudah benar dan asyik untuk dibaca

5 Kunci Menulis Artikel yang Menarik, Auto Dilirik Editor dan Terbit!ilustrasi menulis (pexels.com/George Milton)

Kuncinya yang ketiga ialah dengan memastikan bahwa cara menulismu sudah benar dan sesuai ketentuan. Karena semenarik apapun topik tulisan yang diangkat dan foto ilustrasi yang dipilih semuanya akan menjadi sia-sia jika kamu menulis asal-asalan.

Kamu mesti banyak-banyak belajar tentang aturan dalam menulis agar pembaca pun nyaman membacanya. Sebab editor pun bakalan malas untuk memeriksa artikelmu kalau di dalamnya terdapat banyak kesalahan dan tak sesuai aturan penulisan. 

4. Belajar dari melihat artikel-artikel penulis lain yang sudah terbit dan viral

5 Kunci Menulis Artikel yang Menarik, Auto Dilirik Editor dan Terbit!ilustrasi menulis (pexels.com/William Fortunato)

Jangan hanya terpaku pada tulisanmu sendiri. Kalau mau menjadi penulis profesional dan menulis dengan lebih menarik, maka kamu pun harus belajar dengan melihat artikel-artikel penulis lain yang sudah terbit. Karena salah satu kunci untuk bisa menulis dengan baik ialah dengan banyak membaca.

Selain itu belajar dari tulisan orang lain dapat membuka wawasanmu terhadap berbagai jenis tulisan dan cara yang berbeda-beda dalam membahas suatu topik. Jadi pandanganmu dalam menulis pun menjadi lebih luas dan beragam. 

5. Percaya dirilah dengan tulisanmu dan sebarkan energi positif di dalamnya

5 Kunci Menulis Artikel yang Menarik, Auto Dilirik Editor dan Terbit!ilustrasi wanita karier (pexels.com/Gustavo Fring)

Terakhir, percaya dirilah dan sebarkan energi positif dalam tulisanmu. Percaya atau tidak, bagaimana kamu menulis artikel bisa menimbulkan kesan berbeda-beda bagi pembaca, lho.

Kalau kamu bisa memusatkan fokus yang baik bagi para pembaca dan membuat mereka mendapatkan hikmah dari tulisanmu maka hal itu pun membuat artikelmu menjadi sangat menarik. Tulisanmu pasti dilirik editor dan diterbitkan. Selain itu pembaca juga suka dengan tulisanmu. 

Menulis artikel yang menarik tidaklah sulit asal kamu mau terus belajar untuk menulis dengan baik. Pokoknya perhatikan saja lima kunci tadi supaya artikelmu langsung dilirik editor dan menarik bagi pembaca. 

Baca Juga: 5 Tips Semangat Menulis meski Artikelmu Tak Kunjung Terbit

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya