Comscore Tracker

7 Kenyataan yang Harus Dihadapi Setelah Wisuda

Tahapan hidup kamu pun lebih tinggi dari sebelumnya, guys

Gelar yang diidamkan pun berhasil kamu raih di depan mata kamu. Gak terasa sebentar lagi kamu akan menerima toga dan sukacita pun menyertai hari-hari kamu. Beberapa dari teman-temanmu juga sudah ada yang lulus bersama, ataupun kamu yang sudah lulus duluan dibanding mereka. Kira-kira kenyataan apa yang sedang atau akan kamu alami nantinya? 

1. Kenyataan Mencari Pekerjaan Kesana Kemari

7 Kenyataan yang Harus Dihadapi Setelah Wisudamarieclaire.co.uk

Jika kamu tidak ingin membuka usaha dan ingin langsung bekerja, maka kamu pun mulai membuka situs pencari kerja dan mulai mendaftar sebagai anggota di situs tersebut. Kamu juga mulai rajin ngecek info lowongan kerja dimanapun. Kamu mesti bersyukur jika kamu tak perlu waktu lama untuk mendapat pekerjaan atau mendapat tawaran kerja. Nyari kerja itu gak mudah, lho! Jadi sebaiknya pikirkan baik-baik apabila ada tawaran yang sesuai dengan kemampuan kamu. Sementara yang masih mencari kerja, terus berusaha dan berdoa ya!

2. Kenyataan Waktu Bertemu Teman-Teman Kampus Semakin Berkurang

7 Kenyataan yang Harus Dihadapi Setelah Wisudapinterest.com

Perbedaan prioritas dalam hidup pun mulai kamu rasakan. Begitu juga dengan waktu bertemunya teman-teman kuliah khususnya. Kalau temen kamu masih ngampus atau udah dapet kerja duluan, maka gak akan seperti dulu yang bisa setiap hari ketemu. Sekarang kamu harus pintar-pintar ngatur waktu untuk bertemu dengan mereka.

3. Kenyataan Bisa Bebas Pergi Kemanapun

7 Kenyataan yang Harus Dihadapi Setelah Wisudavineandlight.com

Udah gak ada beban atau tujuan nyelesain revisi, pokoknya kamu merasa udah menang dan bebas melakukan kegiatan apapun di luar sana. Seperti ikutan open trip tanpa takut ada jadwal kelas udah gak kamu rasain. Rasanya kamu senang bila mendapat undangan nongkrong pergi dengan teman-teman baru atau lama yang udah gak ketemu sama kamu. Kamu juga sudah membayangkan akan melakukan kegiatan yang selama kuliah mungkin terlewatkan.

4. Kenyataan Males Keluar Rumah

7 Kenyataan yang Harus Dihadapi Setelah Wisudapinterest.com

Mager! Ini kenyataan bagi kamu yang cenderung introvert atau kamu yang sudah lelah pergi kesana kemari. Ada kalanya kamu lebih senang hanya di rumah karena gak mau ngabisin duit atau kebalikannya, duit kamu udah seret. Kamu hanya pergi apabila ada interview kerjaan atau benar-benar ada kegiatan yang kamu anggap penting.

5. Kenyataan Bahwa Jam Tidur Tidak Teratur

7 Kenyataan yang Harus Dihadapi Setelah Wisudapinterest.com

Memulihkan jam tidur normal setelah skripsi perlu usaha keras dan waktu yang tidak sebentar. Tidak ada kewajiban bangun pagi setiap hari, mungkin lebih kamu rasain di fase ini. Jadinya gak kerasa kalau misalnya dalam satu malam kamu bisa ngabisin waktu nonton sampai 5 episode drama korea! Sebelum ini menjadi kebiasaan, coba kamu kurangi waktu begadang dalam 1 minggunya ya, kalau enggak mau tiba-tiba malem sebelum psikotes malah gak bisa tidur. 

6. Kenyataan Perubahan Fisik

7 Kenyataan yang Harus Dihadapi Setelah Wisudapinterest.com

Kamu yang jaman ngampus gak pinter dandan, jadi mulai berminat cari tau soal make-up. Kamu yang semasa kuliah demennya pakai sepatu keds, mulai nyari-nyari sepatu pantofel. Kamu semakin peduli penampilan untuk menunjang mencari pekerjaan atau dalam bekerja nanti. Selain itu kamu juga gak sadar lebih berisi atau lebih kurusan karena fase ini. Antara kamu semakin banyak waktu olahraga atau malah jadi males banget gerak.

7. Kenyataan Bahwa Kamu Butuh Semakin Dewasa

7 Kenyataan yang Harus Dihadapi Setelah Wisudapinterest.com

Kamu sadar bahwa kamu udah bukan anak kuliah yang dibiayai orangtua lagi. Buat kamu yang kuliah sambil bekerja, mungkin kamu bersyukur dapat mengurangi beban mereka. Kamu juga makin merefleksikan bahwa kamu harus lebih baik dari diri kamu sebelumnya. Kamu merasakan terdapat perubahan pada pola pikir, sikap, dan perilaku. Ini sudah menunjukkan tanda kedewasaan lho. Selagi mau usaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik, pasti akan ada hasil baiknya juga nanti!

Agatha Sandra Photo Verified Writer Agatha Sandra

INFP - 45% Dreamer, 55% Realistic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya