Comscore Tracker

5 Fakta Pentingnya Ikut UKM di Dunia Kampus, Jangan Sampai Menyesal!

#EdFunFact Terutama untuk mahasiswa baru nih

Memasuki dunia kampus atau perkuliahan memang banyak sekali perubahan yang kita alami berbeda pada saat di bangku sekolah, mulai dari pembelajaran, teman hingga pengalaman organisasi.

Di dalam dunia kampus sendiri sejatinya telah disediakan ruang khusus untuk mahasiswa dalam mengembangkan jiwa organisasi atau biasa disebut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) agar terbiasa dan mempersiapkan sebelum terjun ke dunia kerja. Nah, berikut ini 5 fakta pentingnya UKM bagi mahasiswa:

1. Menambah wawasan

5 Fakta Pentingnya Ikut UKM di Dunia Kampus, Jangan Sampai Menyesal!unsplash.com/Eliabe Costa

Saat kita sedang beraktifitas di sebuah UKM, tentunya kita akan berinteraksi dengan yang lainnya bukan? Pada tahap itulah wawasan kita bisa bertambah bahkan terbuka, karena adanya interaksi antara dua pihak atau lebih, tentunya anggota UKM tersebut pasti berasal dari jurusan yang berbeda-beda sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran wawasan.

2. Pengalaman berorganisasi

5 Fakta Pentingnya Ikut UKM di Dunia Kampus, Jangan Sampai Menyesal!unsplash.com/rawpixel

Poin kedua ini merupakan poin penting dalam keikutsertaan kita di dalam UKM, singkatnya saat kita bergabung di sebuah UKM maka kita akan ditempatkan pada struktur organisasi yang rapih layaknya di dunia kerja. Di situlah pengelaman organisasi didapat, seperti misal kita melakukan tugas sesuai dengan divisi kita masing-masing, bekerja dengan deadline dan sebagainya.

3. Menambah relasi

5 Fakta Pentingnya Ikut UKM di Dunia Kampus, Jangan Sampai Menyesal!unsplash.com/Elevate

Dalam melakukan kegiatan selama di UKM juga otomatis menambah pertemanan, karena kita dihadapkan dalam lingkungan sosial yang baru serta teman yang baru. Menambah relasi juga memiliki manfaat lho, salah satunya saat kita sudah lulus kuliah dan memiliki banyak relasi akan terasa lebih mudah dalam mencari pekerjaan yang ideal.

Baca Juga: Jadi Kampus Terbaik, Ini 8 UKM Bergengsinya Mahasiswa Oxford

4. Mengisi waktu luang dengan positif

5 Fakta Pentingnya Ikut UKM di Dunia Kampus, Jangan Sampai Menyesal!unsplash.com/Chris Benson

Sebagai mahasiswa terkadang selepas jam perkuliahan kita sering kali nongkrong entah di sekitar kampus atau di warung-warung kopi, nah ada baiknya kita mengisi waktu luang agar lebih produktif yakni dengan ikut UKM. Selain mengisi waktu luang, juga mendapatkan tiga keuntungan pada poin sebelumnya.

5. Sebagai ajang pengembangan bakat

5 Fakta Pentingnya Ikut UKM di Dunia Kampus, Jangan Sampai Menyesal!unsplash.com/Michel Catalisano

Di dalam UKM sendiri biasanya terdapat beberapa UKM khusus seperti bulutangkis, taekwondo, english club dan lainnya, hal ini mencerminkan bahwa UKM dapat berfungsi sebagai media pengembangan bakat lho.

So, dengan keuntungan UKM di atas kamu masih ragu untuk bergabung?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kegagalan Adalah Pelajaran Paling Berharga Untukmu

Agung Destian Putra Photo Community Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You