Comscore Tracker

5 Alasan Jurusan PGSD Semakin Diminati Calon Mahasiswa  

Yang baru lulus SMA, cobain masuk jurusan PGSD ya, seru! 

Guys, masih bingung setelah lulus SMA nanti mau kuliah atau mau langsung kerja? Kalau misalnya mau kuliah, pilihlah jurusan yang tepat dengan kepribadian dan keahlian kamu. Nah, bagi yang memang pengen kuliah namun belum tahu mau jurusan apa, cobain deh jurusan PGSD. 

"Singkatannya Pendidikan Guru Sekolah Dasar," kata Issaura Sherly Pamela, dosen Universitas Jambi yang juga menjadi Fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation.  Kata Sherly, ini nih ada 5 manfaat yang akan kamu dapatkan jika memilih jurusan PGSD. Ceck it out!

1. Selain mencerdaskan anak bangsa, menjadi guru adalah panggilan hati  

5 Alasan Jurusan PGSD Semakin Diminati Calon Mahasiswa  Dok. Pribadi/ Ahmad Syaiful Bahri

Memilih jurusan PGSD itu kita bakalan menjadi pencetak generasi penerus Indonesia lho. Kok bisa? Bisa dong, kan setelah lulus dari perkuliahan yang mencetak guru nantinya kita menjadi guru. 

Hal itu membuat mahasiswanya nanti akan mengajar anak-anak sekolah dasar. Pondasinya kita tanamkan sejak dini. Selain itu, mengajar juga panggilan hati, "Menjadi guru harus diniatkan ikhlas dari hati," ujar Sherly.

2. Peluang kerja lebih besar 

5 Alasan Jurusan PGSD Semakin Diminati Calon Mahasiswa  Dok. Pribadi/ Ahmad Syaiful Bahri

Banyak mahasiswa PGSD yang memilih jurusan terebut latar ingin memiliki karir sebagai PNS. Mereka bisa menggantikan guru-guru SD yang sudah pensiun. Ya, gaji jutaan dengan berbagai tunjangan membuat PGSD diminati besar para lulusan SMA/SMK/sederajat. Tentunya dengan alasan itulah, kamu harus cobain masuk PGSD. 

Baca Juga: Lagi di Fase Malas Kuliah? Lakukan 5 Hal Ini Supaya Motivasimu Kembali

3. Materi kuliah lebih dinamis  

5 Alasan Jurusan PGSD Semakin Diminati Calon Mahasiswa  Dok. Pribadi/ Ahmad Syaiful Bahri

Setelah mahasiswa PGSD menjadi guru, ia dituntut memiliki keahlian di berbagai bidang yang bisa diajarkan pada anak SD nantinya. Namun, di PGSD kita bisa diajarkan semua hal.

Nah buat kamu yang memiliki minat di bidang pramuka, PMR dan sebagainya, bisa menyalurkan hal tersebut di jurusan ini. "Banyak yang bisa dipelajari ketika kamu menjadi mahasiswa PGSD," kata Sherly.

4. Tempat yang tepat untuk mengembangkan diri dalam multi disiplin ilmu 

5 Alasan Jurusan PGSD Semakin Diminati Calon Mahasiswa  Dok. Pribadi/ Ahmad Syaiful Bahri

Ketika meyakinkan diri ambil jurusan PGSD. Kamu tidak hanya diajak belajar teori semata, namun lulusan PGSD lebih tahu bagaimana memahami karakter dan pengembangan kepribadian anak.

"Jadi mahasiswa PGSD bisa belajar banyak hal, karena nanti mereka akan jadi guru kelas," kata Sherly.

Kita bisa mempelajari IPA, IPS, Matematika, maupun lainnnya. Kamu juga bakal praktik lapangan langsung ke lingkungan sekolah nanti.

5. Ingin membentuk karakter anak sejak dini 

5 Alasan Jurusan PGSD Semakin Diminati Calon Mahasiswa  Dok. Pribadi/Ahmad Syaiful Bahri

Menjadi mahasiswa PGSD akan memberikan manfaat kepada kamu di masa yang akan datang. Pembentukan karakter anak akan bisa lakukan salah satunya menjadi guru SD. 

Nah, walaupun kita tidak sepenuhnya menjadi psikolog, setidaknya kita mengerti tentang anak didik kita. "Juga manfaatnya ketika kita berkeluarga ya, cobain deh," tutup Sherly.

Nah itu dia teman, 5 tips mengapa kalian harus memilih jurusan PGSD. Selamat mencoba ya.

Baca Juga: 7 Hal yang Hanya Akan Dirasakan Mahasiswa PGSD UNNES

Ahmad Syaiful Bahri Photo Writer Ahmad Syaiful Bahri

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya