Comscore Tracker

Mom, Ini 5 Tips Anak Baru Masuk SD Agar Mau Belajar Online

Memaksimalkan peran orangtua dalam mendampingi anak belajar

Ada yang berbeda dari penerimaan siswa baru sekolah dasar tahun ini. Jika tahun lalu orangtua masih bisa mengantarkan si kecil menuju sekolah untuk bertemu guru dan teman barunya, kini di pembelajaran tahun sekarang hal tersebut tidak terjadi.

Pandemik mengubah segalanya, mulai dari penerimaan siswa baru yang berbasis online, hingga pembelajaran pun harus dilakukan secara virtual. Tentu saja hal ini berimbas pada mental si kecil, bagaimana mereka yang antusias menyambut kehidupan baru, sirna sudah.

Lantas bagaimana agar si kecil tetap antusias selama belajar daring? Berikut 5 tips agar anak tetap ceria dan senang mengikuti pembelajaran jarak jauh. 

1. Gunakan media sederhana

Mom, Ini 5 Tips Anak Baru Masuk SD Agar Mau Belajar OnlineDok. Pribadi/Ahmad Syaiful Bahri

Dunia anak-anak adalah dunia bermain, pun demikian anak kelas satu yang baru masuk sekolah dasar. Mereka masih asyik dengan dunianya yang penuh dengan keceriaan. 

Kini ketika mereka akan ke sekolah, langsung dihadapkan dengan belajar jarak jauh yang tentu saja sulit dibayangkan anak-anak. Agar anak tidak bosan, pembelajaran  mengasyikkan perlu diterapkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan media. Tidak perlu mahal, namun membuat si kecil betah belajar. 

"Saya menggunakan daun untuk pembelajaran menggambar, anak-anak jadi betah," ujar Nurma, guru SDN 005/V Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat Jambi, Jum'at, (30/10/2020).

Setelah mendapatkan pelatihan Program PINTAR Tanoto Foundation, Nurma rajin mengajak paguyuban orangtua siswa membuat media pembelajaran sederhana.  

2. Materi yang menarik

Mom, Ini 5 Tips Anak Baru Masuk SD Agar Mau Belajar OnlineDok. Pribadi/Ahmad Syaiful Bahri

Agar si buyung dan si upik tetap rajin mengikuti pembelajaran jarak jauh, guru harus pintar membuat materi yang menarik. Moms bisa kok ngusulin ke gurunya agar mereka kreatif dalam menyediakan pembelajaran berkualitas. 

"Saya menggunakan buku besar agar anak-anak senang," ujar Erni Yanti, guru mitra Tanoto Foundation. 

Ia mengajak orang tua agar membuat buku besar di rumah, tentu dengan alat sederhana. Seperti buku gambar dan pulpen, spidol, serta pewarna. 

"Yang penting isi cerita menarik dengan gambar dan tulisan besar," kata Erni lagi. 

Baca Juga: Bapak Ibu Guru, Ini Lho 5 Tips Menjadi Guru Hebat di Era Daring 

3. Lingkungan yang nyaman

Mom, Ini 5 Tips Anak Baru Masuk SD Agar Mau Belajar OnlineDok. Pribadi/Ahmad Syaiful Bahri

Lingkungan yang nyaman berpengaruh terhadap pembelajaran jarak jauh si kecil, termasuk ketika berada di rumah. Nah,  mom bisa tanyakan langsung ke putra-putrinya, dimanakah tempat mereka belajar ternyaman di rumah. Tentu jawabannya beragam bukan? Yang penting si kecil nyaman. 

Ada yang menjawab di kamar, teras rumah, ruang tamu, maupun kamar pribadi. Yang perlu diperhatikan adalah kebersihan, tidak pengap, ada cahaya masuk, bila perlu ventilasi udara cukup. 

4. Dampingi anak belajar

Mom, Ini 5 Tips Anak Baru Masuk SD Agar Mau Belajar OnlineDok. Pribadi/Ahmad Syaiful Bahri

Ketika si kecil belajar dari rumah yang tidak didampingi guru, maka orangtua menjadi guru selama proses belajar dari rumah. Ayah atau ibu bisa bergantian mendampingi si upik agar tidak bosan. 

Didampingi orangtua juga membuat anak nyaman selama belajar dari rumah. Mulai dari membantu mengajarkan mengenalkan huruf, suku kata, kata, maupun hitung-hitungan matematika. Itu semua dilakukan agar anak merasa seperti belajar di sekolah. 

Walaupun orangtua tidak bisa sepenuhnya menggantikan peran guru di sekolah, minimal dengan kehadiran orangtua membuat anak tidak merasa sendiri. 

5. Ajak anak eksplorasi sekitar rumah

Mom, Ini 5 Tips Anak Baru Masuk SD Agar Mau Belajar OnlineDok. Pribadi/Ahmad Syaiful Bahri

Selain belajar dari rumah, orang tua sesekali harus mengajak anaknya belajar di lingkungan sekitar rumah. Misalnya di teras. Si kecil tentu akan senang dengan ajakan ibunya.

Selain itu, jika pembelajarannya adalah tentang alam, ajak anak kita untuk mengenal lebih dalam tentang alam sekitar, seperti mengenal tumbuhan, metamorfosis kupu-kupu, atau hal lainnya yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam. Lima hal tersebut jika dilakukan dengan baik selama belajar daring, tentu akan membuat si kecil menjadi riang meskipun belajarnya secara virtual.

Mom, itulah beberapa tips pembelajaran jarak jauh agar si kecil tidak boring ketika daring, yang terpenting adalah terus bangun komunikasi dengan gurunya. Semoga beberapa tips di atas dapat menjadi referensi dan manfaat untuk pembaca.  

Baca Juga: 5 Pendidikan Life Skill Ini Bisa Jadi Metode Balajar yang Asyik, Lho! 

Ahmad Syaiful Bahri Photo Writer Ahmad Syaiful Bahri

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya