Comscore Tracker

5 Tips Sederhana untuk Lebih Mudah Memahami Suatu Pelajaran 

Tingkatkan fokus dan perhatianmu lebih dulu! 

Beberapa orang mungkin memiliki kemampuan lebih mudah memahami suatu hal. Tetapi, tak sedikit pula orang yang cukup kesulitan ketika berusaha memahami suatu pelajaran.

Sejujurnya tanpa kita sadari, untuk bisa memahami pelajaran caranya tidak begitu sulit dan semua orang pasti bisa melakukannya. Hal utamanya ialah tekad dan niat. Namun, ini lima tips sederhana untuk lebih mudah memahami suatu pelajaran.

1. Tingkatkan fokus dan perhatianmu

5 Tips Sederhana untuk Lebih Mudah Memahami Suatu Pelajaran bustle.com

Hal utama yang harus kamu lakukan untuk bisa memahami suatu pelajaran ialah dengan meningkatkan fokus. Buang semua hal yang bersemayam di dalam pikiranmu, abaikan semua orang lalu tunjukkan perhatianmu hanya pada pelajaran yang sedang berlangsung.

2. Kurangi bicara dan perbanyak mendengar

5 Tips Sederhana untuk Lebih Mudah Memahami Suatu Pelajaran Pexels.com/Tess Emily Seymour

Pepatah mengatakan, "Tong kosong nyaring bunyinya."

Jadi jika kamu ingin mudah memahami suatu pelajaran, kurangi bicara. Sebab hal tersebut membuat pikiranmu terbagi, antara berbicara dan memperhatikan. Sedangkan memperbanyak mendengar bisa membuatmu jauh lebih fokus pada apa yang sedang dibahas.

Baca Juga: 5 Alasan Kita Perlu Terus Belajar, Tidak Ada Kata Percuma 

3. Tingkatkan rasa ingin tahumu

5 Tips Sederhana untuk Lebih Mudah Memahami Suatu Pelajaran Unsplash.com/Maliha Mannan

Dibandingkan dengan orang sok tahu segalanya, lebih baik dianggap bodoh dengan banyak bertanya. Anak muda zaman sekarang menyebutnya kepo atau selalu penasaran.

Nah, tingkatkan rasa keingintahuanmu ketika sedang belajar. Tanyakan apa saja yang ingin kamu tanyakan agar wawasanmu bertambah. Entah bertanya kepada seorang guru, orangtua, kakak atau adik, teman, bahkan tanyakan kepada Google. Cari sampai kamu menemukan jawabannya.

4. Gunakan otakmu untuk berpikir lebih keras

5 Tips Sederhana untuk Lebih Mudah Memahami Suatu Pelajaran world.edu

Beberapa anak di sekolah kadang lebih memilih untuk menyontek ketika ujian atau saat diberi tugas harian sekalipun kepada temannya. Tahukah kamu? Justru hal itulah yang membuatmu sulit memahami pelajaran.

Otak itu seperti sebuah mesin. Jika kamu gunakan dan kamu asah, maka otakmu akan bekerja dengan baik. Dan sebaliknya, jika kamu tak jarang menggunakan dan mengasahnya, otak akan berkarat dan tidak bisa bekerja lagi.

5. Percayalah pada kemampuan diri

5 Tips Sederhana untuk Lebih Mudah Memahami Suatu Pelajaran Pixabay.com/StockSnap

Jangan bandingkan dirimu dengan orang yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi, karena itu tidak ada gunanya. Percaya saja pada kemampuanmu, kamu pasti juga bisa melakukannya kok! Jadikan kesuksesan orang lain sebagai inspirasi serta motivasi untuk mengembangkan kemampuan yang kamu miliki.

Nah itulah lima tips sederhana agar kamu bisa lebih mudah memahami suatu pelajaran. Terapkan dan tetap semangat ya!

Baca Juga: 5 Cara Menyerap Ilmu dari Orang yang Kompeten, Biar Gak Asal Belajar!

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph) Aku suka menulis cerita dan sajak-sajak pendek di WP. Username-ku @AkromahZonic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya