Comscore Tracker

Gak Melulu Lokal, Ini 5 Beasiswa Luar Negeri yang Bisa Kamu Apply

#EdFunFact Kemungkinan kamu diterima lebih besar!

Siapa yang tak mau belajar di luar negeri secara cuma-cuma? Apalagi bisa sekalian traveling ke kota lain, bahkan bisa antar negara.

Berikut ini adalah 5 beasiswa luar negeri yang jarang didengar orang, tapi bisa kamu coba. Kali aja kamu bisa wujudkan mimpi itu!

1. Kuliah sambil belajar bahasa Turki dengan beasiswa pemerintah Turki

Gak Melulu Lokal, Ini 5 Beasiswa Luar Negeri yang Bisa Kamu ApplyInstagram.com/ppiturki

Türkiye Burslari,  beasiswa tersebut disediakan Pemerintah Turki untuk studi S1, S2 maupun S3 di universitas-universitas Turki. Beasiswa yang diberikan mencakup tunjangan bulanan 700 TL untuk S1, 950 TL untuk S2, dan 1.400 TL untuk S3.

Selain itu biaya kuliah semuanya ditanggung, diberikan akomodasi, serta tiket pesawat pp ke Turki. Manfaat lainnya, penerima beasiswa Turki mendapat tanggungan asuransi kesehatan serta kursus bahasa Turki selama setahun sebelum menjalani kuliah. Untuk pendaftaran bisa langsung membuka laman berikut: https://www.turkiyeburslari.gov.tr/

2. Kuliah dan belajar budaya Polandia dengan beasiswa pemerintah Polandia

Gak Melulu Lokal, Ini 5 Beasiswa Luar Negeri yang Bisa Kamu ApplyDok. Pribadi

Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Tinggi Republik Polandia telah membuka pendaftaran program beasiswa Ignacy Łukasiewicz yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang Magister (S2) di Polandia.

Sebelum kuliah, didahului dengan program bahasa Polandia di universitas yang ditunjuk (gratis sebagai bagian dari program beasiswa). Sedangkan program kuliahnya bisa memilih dalam pengantar bahasa Polandia ataupun bahasa Inggris.

Beasiswa yang diberikan mencakup tunjangan bulanan 1500 PLN. Selain itu biaya kuliah dan biaya kelas bahasa semuanya ditanggung beasiswa. Untuk mendaftar langsung saja klik: https://nawa.gov.pl

Baca Juga: Mudah, Ini 5 Fakta Beasiswa Chevening yang Wajib Kamu Tahu

3. Kuliah di Negeri Pizza, Italia dengan beasiswa pemerintah Italia

Gak Melulu Lokal, Ini 5 Beasiswa Luar Negeri yang Bisa Kamu ApplyInstagram.com/ppiitalia

Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Italia (MAECI) menyelenggarakan beasiswa untuk membiayai studi master (S2), PhD (S3), serta riset singkat yang berlangsung di universitas-universitas Italia atau lembaga-lembaga riset di Italia.

Penerima beasiswa Pemerintah Italia ini akan mendapatkan tunjangan sebesar 900 Euro setiap bulan. Selain tunjangan bulanan, juga disediakan asuransi kesehatan dan kecelakaan dari MAECI.

Beasiswa ini juga membebaskan penerimanya dari biaya pendaftaran dan biaya kuliah. Pelamar bisa langsung mendaftar di https://studyinitaly.esteri.it

4. Belajar di Hongaria dengan beasiswa pemerintah Hongaria

Gak Melulu Lokal, Ini 5 Beasiswa Luar Negeri yang Bisa Kamu ApplyInstagram.com/ppihongaria

Tempus Public Foundation menyelenggarakn Stipendium Hungaricum Scholarship Programme yakni program beasiswa untuk jenjang studi Master (S-2) dan Doktor (S-3) di Hungaria.

Beasiswa yang satu ini menanggung penuh biaya kuliah, tunjangan bulanan hingga masa kuliah selesai senilai 130 euro untuk Master dan 450 euro untuk Doktoral.

Selain itu beasiswa ini juga menanggung asrama tempat tinggal senilai 130 Euro, dan penerimanya juga berhak atas asuransi kesehatan. Untuk pendaftarannya bisa langsung kunjungi website http://studyinhungary.hu

5. Kuliah gratis di Rusia dengan beasiswa pemerintah Rusia

Gak Melulu Lokal, Ini 5 Beasiswa Luar Negeri yang Bisa Kamu ApplyInstagram.com/permiramoskow

Pusat Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Rusia (PKR) di Jakarta setiap tahunnya masih menerima aplikasi beasiswa pemerintah Rusia. Program beasiswa yang satu ii dibuka untuk jenjang pendidikan S-1 (empat tahun), S-2 (dua tahun), dan Spesialis (lima tahun).

Masing-masing jenjang pendidikan tersebut sebelumnya didahului dengan program bahasa Rusia di fakultas persiapan selama satu tahun dimana program ini gratis sebagai bagian dari program beasiswa.

Sayangnya, beasiswa yang ditawarkan hanya mencakup biaya studi, tidak termasuk biaya lainnya. Namun, penerima beasiswa diperbolehkan untuk mencari beasiswa tambahan. Daftar langsung di https://russia.study/en

Nah, setelah mengetahui 5 beasiswa ini kamu bisa mencoba peruntunganmu dengan mendaftar dan bersiaplah mimpimu menjadi kenyataan!

Baca Juga: Catat! Ini 5 Beasiswa S1 yang Bisa Kamu Apply Hingga Desember 2018

Altifani Rizky Hayyu Photo Writer Altifani Rizky Hayyu

Alumni S1 Fisika UI, Mahasiswi S2 Teknik Material AGH-UST Polandia. IG: @TifaniHayyu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya