Comscore Tracker

Interaktif dan Kekinian, Ini 5 Aplikasi Belajar Bahasa Korea untukmu!

Belajar bahasa Korea sendirian dijamin anti bosan, deh!

Korea Selatan tidak hanya sukses mengenalkan KPop ke seluruh dunia tetapi juga budayanya, salah satunya adalah bahasa Korea. Banyak sekali orang yang tertarik untuk mempelajari bahasa Korea terutama para fans KPop dan pencinta drama Korea. Mereka tertarik belajar agar dapat membaca hangul atau huruf Korea, memahami lirik lagu, dan juga motivasi agar bisa menonton drama tanpa bantuan subtitle.

Jika kamu ingin belajar bahasa Korea namun memiliki kendala untuk mengikuti les bahasa, tenang saja! Kamu masih bisa belajar secara otodidak, fleksibel dan juga menyenangkan dengan bantuan aplikasi, lho! Berikut adalah 5 aplikasi khusus belajar bahasa Korea yang wajib kamu coba!

1. Eggbun

Interaktif dan Kekinian, Ini 5 Aplikasi Belajar Bahasa Korea untukmu!Twitter.com/eggbun_edu

Eggbun menyediakan tutor virtual, namanya Lanny. Kamu akan belajar seperti sedang mengobrol dengan Lanny. Aplikasi ini menyediakan keyboard bahasa Korea, lho! Jadi kamu tidak perlu bingung saat akan mengetik dengan hangul.

Eggbun memiliki fitur unik yang beragam, di antaranya adalah kartu budaya Korea. Fitur tersebut berguna bagi kamu yang ingin mengetahui budaya Korea mulai dari makanan, ekspresi, sampai macam-macam perayaan di Korea. Model chatting dan fitur unik yang beragam ini dijamin membuatmu gak akan gampang bosan, deh!

2. Sejong Korean Vocabulary

Interaktif dan Kekinian, Ini 5 Aplikasi Belajar Bahasa Korea untukmu!korea.net

Aplikasi ini dibuat oleh King Sejong Institute Foundation. Sejong Korean Vocabulary ini membantu menambah daftar kosakata bahasa Koreamu saja. Aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis dan dapat dijalankan secara offline atau tanpa akses internet.

Terdapat beberapa versi aplikasi yang dapat kamu unduh secara terpisah. Aplikasi Sejong terdiri dari aplikasi khusus belajar grammar, kosakata, dan juga melatih percakapan.

Fitur yang menarik dari Sejong ini adalah kamu dapat mengakses kamus terjemahan dari website besutan Korea Selatan, yaitu Naver. Kamu juga dapat melatih kemampuanmu dengan game mudah dan asyik yang dapat kamu mainkan berdasarkan tingkat materi yang sudah dipelajari, lho!

Baca Juga: 5 Perbedaan Penggunaan Sufiks Penyebutan Nama dalam Bahasa Korea

3. Lingodeer

Interaktif dan Kekinian, Ini 5 Aplikasi Belajar Bahasa Korea untukmu!tofugu.com

Hampir mirip dengan Eggbun, Lingodeer juga memakai ilustrasi-ilustrasi lucu untuk menunjang materi dan juga membuatmu tidak bosan. Lingodeer menggunakan sistem belajar seperti bermain game salah benar, teka-teki dan menyusun kalimat.

Uniknya, kamu dapat menyesuaikan kecepatan pemutar suara yang ingin kamu dengarkan. Selain itu kamu dapat melihat terjemahan per kata dari kalimat yang sedang dipelajari hanya dengan menekan salah satu kata saja. Setiap akhir materi akan ada soal latihan yang harus kamu isi.

4. KORLINK

Interaktif dan Kekinian, Ini 5 Aplikasi Belajar Bahasa Korea untukmu!twitter/@ttmik

Korlink merupakan aplikasi android untuk orang-orang yang ingin belajar materi bahasa Korea yang disediakan oleh website talktomeinkorean.com. aplikasi ini memudahkan kamu untuk menyimpan materi secara offline.

Sebelum adanya aplikasi Korlink, Talk To Me In Korean atau disingkat TTMIK ini membagikan ilmunya lewat web site dan juga channel YouTube. TTMIK memiliki sistematika pembelajaran yang sangat rapi sehingga memudahkan kamu untuk belajar secara bertahap. Tidak hanya melalui media tulis atau ebook, TTMIK juga menyediakan berkas suara untuk memudahkan kamu memahami cara pengucapan yang benar.

Fitur menarik dari website TTMIK adalah adanya tes tingkat kemampuan berbahasa Korea. Tes ini dilakukan untuk mengetahui berada di tingkat manakah kemampuan berbahasamu, setelah menyelesaikan tes tersebut kamu akan diberitahu materi mana yang cocok sesuai tingkatanmu!

5. Kong Kong

Interaktif dan Kekinian, Ini 5 Aplikasi Belajar Bahasa Korea untukmu!kongkong.kr

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumya, Kong Kong membantu kamu belajar dengan hal yang kamu sukai. Aplikasi ini menyuguhkan pembelajaran dengan menggunakan media dari cuplikan video musik idol dan juga acara televisi Korea, seperti drama dan variety show.

Terdapat satu kata atau kalimat yang menjadi materi belajar dari setiap videonya. Tidak hanya belajar kosakata, Kong Kong juga membantu kamu untuk mengetahui ekspresi-ekspresi dalam percakapan sehari-sehari.

Mempelajari sesuatu dari apa yang sangat kamu sukai pastinya bikin kamu semangat belajar, dong!

Nah, itu dia 5 aplikasi belajar bahasa Korea yang interaktif dan kekinian. Semoga dapat membantu kamu yang ingin belajar bahasa Korea, ya!

Baca Juga: 7 Kata Bahasa Inggris untuk Mengungkapkan Seseorang yang Sangat Baik

Alya Nur Azizah Photo Writer Alya Nur Azizah

Stars aren't the only thing that shines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya