Comscore Tracker

7 Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata 'Tongue', Tahu Arti Tongue Tied? 

Dalam bahasa Inggris kata tongue berarti lidah. Dari sekian banyak idiom, ternyata idiom dalam bahasa Inggris juga banyak yang pakai kata tongue, lho.

Sebagai contoh jika dalam bahasa Indonesia sering menggunakan idiom bersilat lidah. Nah, dalam bahasa Inggris pun idiom pakai kata tongue sangat beragam dan kaya akan makna. 

Yuk, langsung aja simak tujuh idiom bahasa Inggris di bawah ini yang sama-sama gunakan kata tongue

1. The cat's got (one's) tongue

7 Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata 'Tongue', Tahu Arti Tongue Tied? ilustrasi percakapan (pexels.com/@elevate)

Idiom the cat's got (one's) tongue bukan diartikan kucing yang memiliki lidah seseorang, ya. Melainkan, idiom ini digunakan ketika seseorang tidak berbicara sama sekali. 

Misalnya, kamu punya teman yang pendiam, jarang bicara. Gunakan idiom ini untuk mengungkapkan hal tersebut. Atau bisa juga kita ada seseorang yang diajak bicara, atau ditanya malah diam saja. 

Agar lebih paham, perhatikan contoh penggunaanya berikut ini, ya.

I tried asking him about the incident, but it seems the cat's got his tongue.

2. Stick out (one's) tongue

7 Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata 'Tongue', Tahu Arti Tongue Tied? ilustrasi bermuka dua (pexels.com/@jersy)

Selanjutnya, idiom stick out its tongue. Idiom ini secara harfiah berarti seseorang yang menjulurkan lidah. Namun, makna yang dimaksud sebenarnya adalah mengabaikan seseorang atau sesuatu. 

Misalnya, saat ada peraturan di sekolah yang tidak ingin ditaati. Atau ketika ada sesuatu hal yang tidak dipedulikan. Idiom ini biasa digunakan dalam situasi mengabaikan tersebut. 

Perhatikan contoh penggunaannya dalam kalimat ini. 

You can't just stick out your tongue at the rules like that and expect to get away with it scot-free. 

3. On the tip of (one's) tongue

7 Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata 'Tongue', Tahu Arti Tongue Tied? ilustrasi dua wanita berbicara (pexels.com/@tirachard-kumtanom-112571)

Pernah dalam situasi hampir mengingat sesuatu, tapi, malah lupa? Ya, idiom on the tip of (one's) tongue ini bisa dipakai jika situasi tersebut kamu alami. 

Contoh kasusnya ketika kamu sedang mengobrol dengan teman. Lalu, kamu lupa ingin bicara apa. Atau saat kamu mencoba ingat-ingat jawaban yang sebenarnya kamu ketahui, tapi, lupa. 

Pahami contoh penggunaannya dalam kalimat berikut. 

I had the answer on the tip of my tongue, but couldn't think of it in time. 

4. Kind (one's) tongue

7 Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata 'Tongue', Tahu Arti Tongue Tied? ilustrasi presentasi (pexels.com/@divinetechygirl)

Jika kamu pernah dalam posisi takut, nervous, lalu, tiba-tiba kehabisan kata. Nah, jeda untuk memulihkan diri selepas situasi tersebut adalah makna dari idiom kind (one's) tongue

Misalnya begini, saat temanmu gugup setelah presentasi di depan kelas. Biasanya dia akan diam sejenak untuk kembali ke situasi normal. Intinya, orang panik tidak bisa diajak bicara dulu. 

Nah, contoh penggunaannya sebagaimana kalimat ini. 

It took him a minute, but Pete found his tongue again after we startled him at his surprise party.

5. Double-tongued

7 Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata 'Tongue', Tahu Arti Tongue Tied? ilustrasi dua orang bertengkar (pexels.com/@jopwell)

Secara harfiah idiom double-tongued ini bisa diartikan sebagai lidah dua. Namun, sebenarnya bukan lidahnya yang ada dua, melainkan apa yang dihasilkan oleh lidah itu yang ganda. 

Maksudnya, idiom ini digunakan untuk seseorang yang munafik. Dengan kata lain seseorang yang berucap berlainan sesuai kondisi atau situasi. Intinya, perkataan orang tersebut tidak bisa dipegang. 

Contoh penggunaannya dalam kalimat berikut. 

The double-tongued insurance salesmen promised them that the new plan would reduce their premiums and costs significantly. 

6. Silver tongue

7 Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata 'Tongue', Tahu Arti Tongue Tied? ilustrasi wanita orator (pexels.com/@mikhail-nilov)

Siapa, nih yang memiliki lidah berwarna silver? Eits, jangan salah paham dulu, idiom silver tongue ini bukan berarti orang yang lidahnya silver, ya. 

Jadi, idiom silver tongue ini ditujukan bagi orang-orang yang piawai dalam berorasi. Dengan kata lain, orang yang memiliki kemampuan memengaruhi atau mengajak hanya dengan kata-katanya. 

He might not have much experience in politics, but his silver tongue is bound to win over a great deal of voters.

7. Tongue tied

7 Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata 'Tongue', Tahu Arti Tongue Tied? ilustrasi rapat kantor (pexels.com/@tima-miroshnichenko)

Terakhir ada idiom tongue tied yang bukan berarti lidahnya terikat, ya. Maksud yang sebenarnya dari idiom ini adalah seseorang yang takut dan malu untuk bicara.

Dengan kata lain idiom ini bisa disamakan dengan lidah yang keluar. Misalnya, saat seseorang sedang bingung, kemudian, susah untuk bicara atau mengungkapkan maksudnya. 

Contoh penggunaannya seperti dalam kalimat di bawah ini, ya. 

The poor child gets awfully tongue-tied whenever she is confronted by an adult.

Dari ketujuh idiom yang pakai kata tongue di atas, ada yang pernah kamu pakai? Jangan lupa, ya, gunakan tongue tied untuk seseorang yang takut speak up

Alya Rekha Anjani Photo Verified Writer Alya Rekha Anjani

I scream so loud, but, no one heard a THING. So, I decided to write. Akun IG: antologikata_id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya