Comscore Tracker

IWF 2020: 5 Tips Bikin Tulisan Hits ala Tsana Rintik Sedu!

Gak bingung lagi deh mulai nulis dari mana #IWF2020

Penulis, influencer, sekaligus podcaster muda Nadhifa Allya Tsana atau yang lebih dikenal dengan nama pena Rintik Sedu hadir sebagai speaker di sesi "Aksara, Sketsa, Suara" Indonesia Writers Festival 2020. Pada acara yang diadakan pada 22 September 2020 ini, Tsana membagikan tips menulis bagi pemula. Berikut ini ulasannya!

1. Mulai selesaikan tulisanmu

IWF 2020: 5 Tips Bikin Tulisan Hits ala Tsana Rintik Sedu!youtube.com/IDN Times

Jangan habiskan waktumu hanya untuk berimajinasi. Lekas tuangkan apa yang ada di pikiranmu itu menjadi sebuah cerita.

Itu karena tulisan yang bagus dan hits bukan soal seberapa keren diksi yang dipilih atau seberapa tebal cerita itu. Yang terpenting adalah tulisan atau ceritamu selesai dan utuh. Bagaimana bisa cerita yang hanya sepotong bisa melejit apalagi hits dibaca banyak orang, bukan? So, make it done your story! 

2. Saat stuck, gak perlu maksa

IWF 2020: 5 Tips Bikin Tulisan Hits ala Tsana Rintik Sedu!pexels.com/Engin Akyurt

Banyak penulis pemula yang mengeluhkan situasi saat ceritanya mentok alias bingung mau dibawa ke mana. Selain harus menyiapkan outline, ada hal lain yang bisa kamu lakukan jika dalam keadaan tersebut. 

Namun, jangan pernah memaksa untuk menulis atau melanjutkan cerita. Lakukan hal atau kegiatan lain dahulu. BIsa jadi, saat itulah kamu menemukan ide baru yang lebih fresh. Ingat, menulis bukan pekerjaan sekali duduk selesai! 

Baca Juga: IWF 2020: Gunakan 5 Teknik SEO Ini agar Artikelmu Dibaca Banyak Orang

3. Tunjukkan warna unik ceritamu

IWF 2020: 5 Tips Bikin Tulisan Hits ala Tsana Rintik Sedu!pexels.com/Gianne Karla Tolentino

Jangan terpaku pada alur cerita kebanyakan atau cerita yang mainstream. Cobalah menulis dari hati. Tulislah sesuatu yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan atau sesuatu yang dekat dengan kehidupanmu. Boleh jadi, apa yang kamu anggap tidak menarik dalam hidupmu justru bisa menarik orang lain. 

Tidak perlu memaksa diri untuk mengikuti pasar yang suka bacaan seperti apa. Namun, jadikan pasar atau pembaca yang mengikuti tulisanmu! Dengan begitu, keunikan dan kekhasan dari ceritamu akan lebih jujur tercipta.

4. Pilih judul setelah tulisanmu selesai

IWF 2020: 5 Tips Bikin Tulisan Hits ala Tsana Rintik Sedu!pexels.com/Alina Vichenko

Pemilihan judul menjadi poin penting jika kamu ingin melahirkan karya yang fenomenal. Secara tidak sadar, pembaca akan tertarik ketika melihat judulnya dulu. Judul bukan perkara satu, dua, atau tiga kata yang tertata di sampul buku, lho.

Judul harus bisa mencakup seluruh isi buku dan makna atau gagasan yang ingin disampaikan pada pembaca. Maka dari itu, penting untuk selesai dahulu ceritanya. Setelah itu, baru kamu bisa tentukan judul atau inti dari cerita dalam tulisanmu. 

5. Konsistensi

IWF 2020: 5 Tips Bikin Tulisan Hits ala Tsana Rintik Sedu!unplash.com/Cathryn Lavery

Kamu harus tetap menulis meski orang lain tidak suka dengan tulisanmu. Hadapi mereka. Ingatlah bahwa kamu menulis bukan untuk semua orang. Jangan cepat menyerah. Yang sering terjadi pada penulis pemula, mereka kecewa saat ceritanya tidak ada yang baca.

Padahal, kamu harus yakin bahwa menulis itu bukan hanya menerbitkan buku, setelah itu terkenal. Semua itu butuh proses yang panjang dan proses itulah yang harus dinikmati. Enjoy your process!

itulah lima tips menulis agar lahir sebuah tulisan yang hits ala Tsana alias Rintik Sedu. Ingatlah, tulisan hits bukan hanya soal seberapa banyak orang membacanya, tapi soal seberapa besar dampaknya. Selamat nulis! 

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2020. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2020 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 21 hingga 26 September 2020 melalui Zoom dan saluran YouTube IDN Times.

IWF 2020 sendiri menghadirkan lebih dari dua puluh pembicara kompeten di berbagai latar belakang, seperti Nadin Amizah, Sal Priadi, Agus Noor, Ivan lanin, Tsana, Kalis Mardiasih, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: IWF 2020: Tips Menulis Biografi dari Fenty Effendy 

Alya Rekha Anjani Photo Verified Writer Alya Rekha Anjani

Born into nothing and grow into something. Akun IG: antologikata_id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya