Comscore Tracker

Akibat Corona, Ini 5 Tips Efektif Belajar Online di Rumah

#dirumahaja Yuk, diterapkan! 

Presiden RI telah mengeluarkan kebijakan untuk bekerja, belajar dan ibadah di rumah agar virus Corona tidak semakin menyebar. Ini artinya, jika kamu pelajar maupun mahasiswa mau tidak mau harus mengelola waktu agar waktu belajarmu lebih efektif saat di rumah. 

Terkadang banyak sekali godaan di luar dugaan yang terjadi di rumah saat kamu ingin fokus belajar. Apalagi, jika sistem belajarmu melalui ponsel pintarmu itu. Nah, berikut 5 tips yang bisa kamu terapkan agar kegiatan belajarmu di rumah lebih efektif. Check this out! 

1. Mematikan notifikasi messanger​​​​​​​ dan media sosial

Akibat Corona, Ini 5 Tips Efektif Belajar Online di Rumahpexels.com/Mihis Alex

Hal pertama yang paling mengganggu saat pembelajaran online adalah notifikasi dari media sosial. Terlebih lagi, jika notifikasi itu tidak penting, seperti notifikasi grup misalnya. Maksud dari tidak penting di sini adalah, hal itu jangan kamu jadikan prioritas, tetap utamakan kegiatan belajarmu dahulu, jika sudah selesai baru kamu boleh cek media sosialmu. 

Tapi kenyataannya, tak sedikit yang sulit melakukan ini, lebih mengutamakan cek media sosial ketika hendak belajar. Banyak terjadi, ketika kamu sudah mulai fokus untuk belajar, tapi konsentrasimu buyar hanya karena melihat notifikasi yang muncul. Untuk itu, kamu harus me-mute sementara notifikasi-notifikasi yang akan mengganggu waktu belajarmu, ya! 

2. Mematikan televisi

Akibat Corona, Ini 5 Tips Efektif Belajar Online di Rumahpexels.com/Amateur Hub

Hal kedua yang mungkin akan mengganggu dirimu saat ingin belajar adalah televisi. Entah itu kamu mau menonton film, sinetron, ataupun acara-acara talkshow. Menonton televisi, boleh-boleh saja, agar kamu tahu perkembangan informasi yang terjadi di luar sana. Tapi, perhatikan waktunya. 

Usahakan untuk tidak menyalakan televisi ketika kamu hendak belajar. Karena hal ini akan membuat konsentrasimu terbagi menjadi dua, antara televisi, dengan materi yang ingin kamu pelajari. So, don't forget to turn off your television, ya! Buatlah skala prioritas apa-apa saja yang kamu harus dahulukan, yaitu belajar. 

Baca Juga: 5 Virtual Classroom Terbaik untuk Belajar di Rumah Saja

3. Jangan mengulur waktu

Akibat Corona, Ini 5 Tips Efektif Belajar Online di Rumahunsplash.com/Sonja Langford

Mengulur waktu adalah salah satu penyakit yang selalu menjangkiti para pembelajar, terlebih lagi pada saat di rumah. Pola pikir yang 'nanti-nanti saja' haruslah kamu hilangkan ketika di rumah. Rasakanlah seolah-olah bahwa dirimu hendak bersekolah, atau pergi ke kampus. 

Bangun pagi-pagi, siap-siap, merapikan buku, lakukanlah kegiatan yang selayaknya dilakukan seperti biasanya saat belajar offline di sekolah maupun di kampus. Jangan malah kamu bersantai-santai karena guru atau dosenmu tidak mengoreksi hasil belajarmu. Keep doing your routine! 

4. Pahami materi

Akibat Corona, Ini 5 Tips Efektif Belajar Online di Rumahpexels.com/Rahul Shah

Kalau ketiga poin sebelumnya itu berdasarkan faktor pengganggu eksternal atau dari luar, nah, poin ini berasal dari diri kamu sendiri, internal. Tidak sedikit para pembelajar yang memiliki cara belajar yang kurang tepat, sehingga membuat materi yang dipelajari sulit untuk masuk ke dalam memori.

Alasan ketidakefektifan ini salah satunya karena kamu mencoba menghafal materi yang telah disediakan oleh guru atau dosenmu. Maka dari itu, cobalah untuk mengubah cara belajarmu yang kurang tepat ini agar kegiatan belajarmu lebih efektif. Jangan menghafal, tapi pahamilah materi yang ada.

5. Catatlah

Akibat Corona, Ini 5 Tips Efektif Belajar Online di Rumahunsplash.com/Thought Catalog

Poin terakhir agar kegiatan belajar online di rumahmu bisa lebih efektif adalah mencatat. Dengan mencatat, maka memorimu akan bekerja lebih ekstra dibanding jika kamu hanya mendengarkan, lantas selesai begitu saja. Mencatat di sini, bukan diartikan ketika guru atau dosen yang menjelaskan via online (Skype) misalnya, lalu kamu mencatat apa yang mereka jelaskan detik itu juga. 

Tapi, cobalah kamu dengarkan dan pahami dulu apa yang mereka jelaskan dengan saksama. Nah, setelah pembelajaran online itu selesai mulailah tulis apa-apa saja yang kamu ingat dan pahami dari materi tersebut kemudian rangkai dengan kata-katamu sendiri di buku catatanmu. Sehingga, nanti ketika pembelajaran mulai berjalan seperti sedia kala, kamu sudah memiliki catatan materinya.

Itulah 5 tips agar kegiatan belajar online di rumahmu bisa lebih efektif. Jangan lupa diterapkan, ya! 

Baca Juga: 5 Kegiatan yang Akan Membuat Harimu di Rumah Jadi Produktif

Akibat Corona, Ini 5 Tips Efektif Belajar Online di Rumah(IDN Times/Arief Rahmat)

Alya Rekha Anjani Photo Verified Writer Alya Rekha Anjani

Born into nothing and grow into something. Akun IG: antologikata_id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya