Comscore Tracker

Punya Hobi Menulis? 5 Tips Memperkaya Diksi agar Tulisan Gak Monoton

Penulis pemula lebih pede menulis

Punya hobi menulis, tapi diksi yang kamu gunakan itu-itu saja? Sebagai penulis pemula ada baiknya kamu memperkaya diksi agar tulisanmu terkesan hidup dan enak dibaca.

Pemilihan diksi yang tepat akan membuat tulisan tampil berkelas. Tulisanmu pun akan dikagumi oleh banyak pembaca dengan pilihan diksi yang indah. Jangan khawatir jika kamu masih minim dalam pemilihan diksi. Berikut beberapa tips memperkaya diksi agar tulisanmu tidak monoton.

1. Perbanyak waktu membaca

Punya Hobi Menulis? 5 Tips Memperkaya Diksi agar Tulisan Gak Monotonilustrasi membaca buku (pexels.com/George Milton)

Tips paling klise, tapi efektif dalam memperkaya daftar diksi di kepala adalah membaca. Kamu bisa membaca berbagai buku sesuai dengan genre tulisanmu. Kamu juga bisa membaca dari berbagai platform agar tidak bosan.

Banyak membaca akan membuat penulis memiliki beragam kosakata. Usahakan resapi, pahami, dan perhatikan ejaan yang dibaca. Membacalah dengan pelan, tapi paham.

2. Jangan ragu mencatat diksi yang dianggap asing

Punya Hobi Menulis? 5 Tips Memperkaya Diksi agar Tulisan Gak Monotonilustrasi mencatat (pexel.com/judit peter)

Supaya diksi yang kamu temukan tidak menguap begitu saja, ada baiknya dicatat dalam notes kecil. Catatlah berbagai diksi yang kemungkinan besar bisa kamu gunakan nantinya. Jadi, jika swaktu-waktu membutuhkan diksi tersebut, kamu akan lebih cepat menemukannya.

Baca Juga: 12 Pemakaian Kosakata yang Kerap Salah Kaprah dalam Dunia Pendidikan

3. Akrabi tesaurus dan kamus

Punya Hobi Menulis? 5 Tips Memperkaya Diksi agar Tulisan Gak Monotonilustrasi membaca buku di rumah (pexels.com/karolina grabowska)

Sama halnya dengan kamus, sebagai penulis pemula kamu juga harus akrab dengan tesaurus. Tesaurus adalah kamus yang berisi kumpulan sinonim. Sebab banyak dari penulis menggunakan diksi yang sama dalam menjelaskan suatu kegiatan. Misalnya, kata melangkah. Lazim banget, bukan?

Sebaiknya kamu mengecek arti dari sebuah diksi yang kamu pilih. Kamu bisa menggunakan kamus online agar lebih efektif. Jangan sampai diksi yang kamu pilih menjadi ambigu dalam sebuah tulisan.

4. Follow akun menulis di berbagai platform

Punya Hobi Menulis? 5 Tips Memperkaya Diksi agar Tulisan Gak Monotonilustrasi media sosial (unsplash.com/Solen Feyissa)

Dewasa ini akun menulis di berbagai platform mulai menjamur. Kamu bisa mengikuti akun-akun tersebut untuk menambah ilmu dalam dunia kepenuliasan.

Biasanya mereka akan membagikan tips seputar menulis, event, lomba, diksi atau kosakata unik, arti kosakata, dan word game. Rajinlah mengunjungi platform menulis untuk mengasah bakatmu dan menambah daftar diksi.

5. Praktikkan apa yang kamu dapatkan

Punya Hobi Menulis? 5 Tips Memperkaya Diksi agar Tulisan Gak Monotonilustrasi mengetik (pexels.com/Vlada Karpovich)

Tidak ada gunanya bila daftar diksi di kepalamu dibiarkan menguap tanpa pernah digunakan. Menulislah dengan memilih diksi yang sudah kamu koleksi sebelumnya. Tulisanmu akan tampil lebih kece dan tidak monoton seperti yang sudah-sudah.

Itulah beberapa tips menulis untuk memperkaya diksi dalam tulisan. Sebagai penulis pemula, rajin-rajinlah memperkaya diksi seperti ulasan di atas. Selamat berkarya!

Baca Juga: 5 Cara Membaca Lebih Banyak Buku, Supaya Pengetahuanmu Bertambah! 

Amalia Hidayat Photo Writer Amalia Hidayat

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya