Comscore Tracker

Sebentar Lagi Jadi Mahasiswa? Wajib Penuhi 4 Hal Ini Sebelum Skripsi

Mumpung lagi on fire kuliah nih

Dulunya hanyalah siswa, tapi sebentar lagi kamu akan punya status ‘maha’ nih alias jadi mahasiswa. Pasti kamu excited banget ‘kan untuk jajal dunia perkuliahan? Wajar kok, apalagi untuk mahasiswa baru. Nah, mumpung kamu lagi on fire nih, lebih baik kamu manfaatkan situasi ini pada empat hal positif berikut.

Sebisa mungkin semuanya sudah kamu penuhi sebelum skripsi ya. Supaya kalau sudah lulus nanti, kamu bisa langsung dapat pekerjaan.

1. Pengalaman organisasi dan UKM sesuai passion

Sebentar Lagi Jadi Mahasiswa? Wajib Penuhi 4 Hal Ini Sebelum SkripsiSuasana perkuliahan (Dok. Sampoerna University)

Beda halnya dengan semasa sekolah SMA di mana kamu biasanya hanya bisa bergaul dengan teman-teman seangkatan, di kampus justru kamu punya kesempatan yang besar untuk bergaul lintas angkatan. Itulah mengapa IDN Times menyarankanmu untuk ‘terjun’ ke organisasi dan UKM yang ada di kampusmu. Eits, jangan asal. Setidaknya sesuai dengan passion-mu.

Selain ini lebih fun, pengalaman berorganisasi dan UKM ini tentu saja akan menjadi bahan pertimbangan perusahaan ketika kamu melamar pekerjaan nanti. Apalagi, kalau kamu punya jabatan di organisasi atau UKM tersebut. Bukan sekadar ‘mejeng’ ya, kamu harus nikmati prosesnya ketika bekerjasama secara tim.

Baca Juga: 5 Kafe Dekat Kampus di Yogyakarta yang Nyaman untuk Nugas

2. Perbanyak pelatihan untuk menunjang skill

Sebentar Lagi Jadi Mahasiswa? Wajib Penuhi 4 Hal Ini Sebelum SkripsiSuasana perkuliahan (Dok. Sampoerna University)

Selain pengalaman organisasi dan UKM, cobalah untuk mengikuti pelatihan yang diadakan dari pihak kampus. Jangan pernah merasa ini akan membosankan atau underestimate pelatihan tersebut, percaya deh, ketika di semester akhir nanti pun kamu akan bersyukur pernah ikut kegiatan itu.

Oh ya, ini bisa jadi ‘modal’ kamu di CV nanti lho apalagi buat kamu yang akan menyandang status fresh graduate (dan tanpa pengalaman bekerja). Lumayan banget ‘kan menunjang skill untuk bekerja nanti? Jangan lupa simpan baik-baik sertifikatnya ya.

3. Incar gelar akademik

Sebentar Lagi Jadi Mahasiswa? Wajib Penuhi 4 Hal Ini Sebelum SkripsiSuasana wisuda (Dok. Sampoerna University)

Namanya juga mahasiswa baru (maba), pasti masih rajin banget nih. IDN Times harap kamu bisa pertahankan itu. Mumpung api semangatmu masih membara, langsung sikat habis yuk gelar akademik di kampus! Pasti kamu bertanya-tanya ya, kenapa harus ‘getol’ banget di semester awal? Jawabannya jelas, mumpung momentumnya pas banget nih.

Kalau kamu setuju dengan gelar akademik, IDN Times sarankan kamu memilih kampus yang sudah terbukti siap dalam keterampilan abad 21 seperti Sampoerna University. Ini sangat berguna untuk pekerjaan di masa depan bagi para mahasiswanya, bahkan Sampoerna University juga memberikanmu kesempatan untuk memperoleh international degree lho! Kok bisa?

Yap, soalnya Sampoerna University sudah bermitra dengan University of Arizona di Amerika Serikat. Kemitraan ini bisa kasih kesempatan kepada para mahasiswanya untuk mendapatkan gelar akademik Bachelor’s Degree dari Amerika Serikat (Dual Degree). Jelas dong, ini akan lebih memperbesar kesempatanmu setelah lulus dari Sampoerna University untuk mendapatkan pekerjaan baik nasional maupun global.

US degree Made Easy, cek informasi selengkapnya di sini ya!

4. Perluas koneksi atau jaringan relasi

Sebentar Lagi Jadi Mahasiswa? Wajib Penuhi 4 Hal Ini Sebelum SkripsiSuasana perkuliahan (Dok. Sampoerna University)

Last but not least, jaringan relasi. Sebisa mungkin, kamu di semester awal punya banyak teman ya dan jangan pandang angkatan. Pokoknya, harus bisa bersahabat baik dengan siapapun. Serius deh, kita gak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Bisa jadi, orang-orang tersebutlah yang justru membuka jalan kariermu.

Kalau di Sampoerna University, kamu bisa tenang nih. Soalnya, di sana kamu bisa memanfaatkan resource dan support kampus untuk informasi pekerjaan. Sampoerna University hingga saat ini memiliki Student & Alumni Affairs (SAA) untuk menjawab sekaligus bentuk dukungan bagi perkembangan para mahasiswanya. Mulai dari informasi lomba, kompetisi, internship (magang), bahkan hingga  lowongan pekerjaan untuk para lulusannya.

Tak hanya itu, program SAA dari Sampoerna University juga memiliki Career Service Group Chat lho untuk setiap lulusan angkatannya. Wowp paket lengkap banget ya kalau kuliah di sini. Yuk, langsung cek informasi selengkapnya di website dan juga Instagram Sampoerna University sekarang juga!

See you there! (WEB)

Baca Juga: Kampus Mulai Tatap Muka, Dinkes Sleman Pertimbangan Tes Sampling

Topic:

  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya