Comscore Tracker

Sambut Semester Baru, Ini 5 Tips Gokil buat Belajar Daring Lebih Asyik

Belajar jadi gak bikin bosan! #IniBaruGokil!

Pandemi COVID-19 masih berlangsung hingga saat ini. Hal itu menandakan pula berlanjutnya aktivitas yang harus dilakukan di rumah. Terlebih semenjak ditetapkannya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM, kegiatan sekolah pun masih dilakukan #DiRumahAja.

Menyambut semester baru, para pelajar pastinya sudah gak sabar untuk memulai kegiatan pembelajaran. Namun, selama masa pandemi banyak yang mengeluhkan kegiatan belajar dalam jaringan (daring). Mulai dari bosan, ribet, bahkan terkendala koneksi yang buruk jadi keluhan pelajar maupun para orang tua.

Nah, biar tetap semangat belajar daring selama PPKM, simak 5 tips gokil yang bisa kamu terapin biar gak bosan belajar di rumah yuk!

1. Atur jadwal belajar selama di rumah dengan MAXimal

Sambut Semester Baru, Ini 5 Tips Gokil buat Belajar Daring Lebih Asyikilustrasi orang belajar (unsplash.com/Avel Chuklanov)

Karena kegiatan belajar dilakukan secara daring di rumah, kadang kamu jadi merasa bebas untuk belajar kapan aja. Eits, tapi jangan salah, belajar di rumah juga bisa menimbulkan rasa malas, lho. Jangan sampai karena situasi dan tempat yang mendukung, kamu malah menunda-nunda untuk menyelesaikan pekerjaan, misalnya tugas sekolah.

Solusinya, kamu bisa mengatur waktu kapan untuk belajar dan kapan waktunya untuk istirahat. Dengan manajemen waktu yang baik, kegiatan belajar kamu selama di rumah dapat berjalan dengan MAXimal.

2. Pilih ruangan yang nyaman bagi kamu untuk belajar

Sambut Semester Baru, Ini 5 Tips Gokil buat Belajar Daring Lebih Asyikilustrasi ruang belajar (unsplash.com/Robert Bye)

Dengan belajar daring di rumah, maka kamu harus cermat memilih tempat untuk belajar. Gak mau kan di saat sedang belajar lalu tiba-tiba ada anggota keluarga kamu yang mengganggu, hal itu malah memengaruhi proses belajar kamu menjadi tidak efektif.

Kebanyakan orang memilih kamar sebagai tempat belajar. Namun, hindari buat belajar di atas kasur ya agar tidak menciptakan rasa malas dan mengantuk. Biar gak bosan, sekali-kali cobalah mencari tempat lain yang ada di rumah untuk kamu jadikan tempat belajar baru.

Baca Juga: Tetap Semangat, 5 Tips Belajar Efektif Saat Kuliah Online

3. Siapkan perlengkapan belajar daring kamu dengan lengkap

Sambut Semester Baru, Ini 5 Tips Gokil buat Belajar Daring Lebih Asyikilustrasi perlengkapan belajar daring (unsplash.com/Freddie Marriage)

Setelah mendapat ruangan yang pas dan nyaman untuk belajar, selanjutnya jangan lupa siapkan perlengkapan yang kamu butuhkan untuk mendukung pembelajaran daring kamu. Buatlah daftar barang-barang yang sekiranya akan menunjang proses belajar kamu.

Di antara barang-barang tersebut ialah, laptop, buku, alat tulis menulis, dan siapkan pula provider internet dengan kuota besar dan jaringan yang Gokil MAXimal.

4. Pastikan koneksi intenet kamu stabil buat belajar

Sambut Semester Baru, Ini 5 Tips Gokil buat Belajar Daring Lebih AsyikSmartfren GOKIL MAX (dok.pribadi/Dewi Andini)

Pembelajaran secara daring sangat bergantung dengan koneksi internet. Gak mau kan, kegiatan belajar kamu terkendala dengan masalah jaringan yang buruk? Efeknya tentu menghambat proses belajar kamu.

Tapi tenang aja guys, untungnya sekarang ada Smartfren Gokil Max dengan koneksi yang stabil abis. Mulai dari Rp30.000 rupiah, kamu sudah bisa menikmati jaringan yang 100 persen 4G dan super lancar yang bisa digunakan 24 jam di mana saja. Jangan khawatir, meskipun kuota sultan, harganya tetap ramah di kantong pelajar kok. #IniBaruGokil gak sih?

Biar makin puas, kamu bisa dapetin kuota sebesar 36 GB yang bisa dipakai di semua aplikasi cukup dengan Rp70.000, aja lho. Gak cuma itu aja, kamu bakal dimanjain dengan Extra Kuota 70 GB dari pukul 01.00-05.00 WIB. Dengan kuota besar dan koneksi internet yang cepat, gak ada lagi deh yang namanya ngelag saat lagi belajar.

Untuk dapetin Smartfren Gokil Max ini caranya mudah banget kok. Kamu bisa membelinya secara offline maupun online. Buat kamu yang gak mau keluar rumah, tinggal pesan melalui aplikasi GrabMart ataupun bisa lewat berbagai situs belanja online favorit kamu. Belajar jadi asyik dengan jaringan stabil yang super gokil. 

5. Jauhkan diri dari hal-hal yang bisa mengganggu proses belajar

Sambut Semester Baru, Ini 5 Tips Gokil buat Belajar Daring Lebih Asyikilustrasi orang belajar (unsplash.com/Annie Spratt)

Ada banyak hal yang bisa menjadi gangguan saat sedang belajar. Biar kegiatan belajar kamu di rumah makin efektif, cobalah untuk menjauhkan hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi kamu dalam belajar.

Gangguan tersebut diantaranya yaitu, godaan untuk bermain smartphone, nonton tv, atau bahkan keinginan untuk rebahan di kasur. Dengan memfokuskan diri belajar, kamu bisa mendapat hasil yang MAXimal dari usaha yang kamu lakukan.

Menjalani pembelajaran online tentunya menemui berbagai macam kendala. Tapi jangan sampai belajar daring menurunkan semangat belajar kamu, sobat.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan 5 tips di atas agar kegiatan belajar kamu tetap efektif dan MAXimal di masa pandemi COVID-19 ini. Tetap semangat belajar, ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Online Course Gratis, Bikin Belajar Lebih Mudah

Dewi Andini Photo Verified Writer Dewi Andini

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya