Comscore Tracker

5 Hal yang Akan Kamu Rasakan setelah Lulus dari SMA Sederajat

Banyak suka dukanya lho!

Apakah kamu sudah melalui masa-masa SMA sederajat? Mungkin bagi sebagian orang itu menjadi hal biasa, memang sudah sewajarnya jika kita lulus dari sekolah setelah mengenyam pendidikan hingga 3 tahun lamanya.

Namun hampir semua orang tidak sadar bahwa apa yang telah dia lalui menyimpan banyak hal yang akan dirasakan setelah lulus nanti. Mungkin kelihatannya sepele, namun kamu akan mengingatnya sampai kapan pun dan di mana pun.

berikut ini ada lima hal yang akan kamu rasakan setelah lulus dari SMA sederajat, bisa membuat kamu merindukan masa-masa sekolah dulu, lho!

1. Merindukan suasana kelas saat sekolah

5 Hal yang Akan Kamu Rasakan setelah Lulus dari SMA SederajatPexels.com/Pixabay

Apa yang kamu rindukan dari masa-masa sekolah? Kebanyakan orang memiliki pendapat yang berbeda-beda, tentu itu tergantung dari apa yang disukai saat dia menjalani kegiatan sekolah setiap harinya.

Namun salah satu hal yang paling dirindukan dari sekolahan adalah suasana kelas, tidak ada momen yang memiliki atmosfer sama dengan suasana kelas ketika kamu sekolah di SMA dulu.

Suasananya begitu kamu rindukan karena kamu belajar tidak sendiri, ada begitu banyak teman sekolah dengan kepribadian yang berbeda-beda sehingga suasana kelas tidak sepenuhnya hening dan membosankan.

2. Susahnya mencari uang sendiri di perantauan

5 Hal yang Akan Kamu Rasakan setelah Lulus dari SMA SederajatPexels.com/Rodolfo Quirós

Tidak sedikit orang yang memilih untuk bekerja setelah lulus dari SMA sederajat, mereka ingin segera menghasilkan uang untuk bisa membahagiakan kedua orangtuanya. Namun dari sini mereka sadar bahwa mencari uang di perantauan tidak semudah yang kita kira.

Memang melamar pekerjaan setelah lulus SMA punya peluang yang cukup besar untuk mendapatkan pekerjaan, namun hal itu sangat tidak mudah karena kita harus bersaing dengan pelamar lain.

Kalaupun kita sudah mendapat pekerjaan, belum tentu upah yang kamu dapatkan sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Intinya adalah mencari uang itu susah, bukan suatu hal yang bisa dianggap enteng.

3. Dewasa tidak seindah yang kamu bayangkan saat kecil dulu

5 Hal yang Akan Kamu Rasakan setelah Lulus dari SMA SederajatPexels.com/Inzmam Khan

Setelah lulus dari SMA, tentu kita sudah dikategorikan sebagai manusia dewasa karena sudah menginjak usia 18-20 tahun. Untuk itu kita sudah mencapai apa yang kita inginkan semasa kecil, segera dewasa untuk bisa melakukan berbagai macam hal menyenangkan.

Namun fakta berkata lain, ternyata dewasa tidak seindah yang kita bayangkan saat masa kecil dulu. Banyak hal yang terjadi di luar dugaan kita baik dalam hubungan percintaan, pekerjaan, atau pun masalah keuangan.

Baca Juga: Walau Gak Lulus SMA, 10 Artis Ini Sukses dalam Karier dan Kaya Raya

4. Dilema antara kerja atau kuliah

5 Hal yang Akan Kamu Rasakan setelah Lulus dari SMA SederajatPexels.com/Craig Adderley

Ada berbagai macam opsi yang bisa kamu pilih setelah lulus dari SMA sederajat, beberapa diantaranya adalah langsung bekerja, mengenyam pendidikan setinggi mungkin, atau bahkan menikah di usia muda untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Namun yang paling populer adalah pilih bekerja atau kuliah, banyak orang yang dilema akan hal ini. Beberapa orang bahkan mengambil keputusan sulit yang belum tentu sesuai dengan apa yang dia inginkan.

5. Teman sekolah menjadi orang yang kamu rindukan saat sendirian

5 Hal yang Akan Kamu Rasakan setelah Lulus dari SMA SederajatPexels.com/Min An

Hampir semua orang yang setelah lulus SMA tidak bertemu lagi dengan teman sekolahnya dulu, itu terjadi karena faktor pekerjaan atau pun pendidikan yang memang berbeda tempat.

Hal ini membuat siapa pun merasa merindukan teman sekolahnya dulu terlebih pada saat sedang sendirian, apalagi teman sekolah kamu merupakan sahabat dekat yang memang sudah terjalin lama.

Itu dia deretan hal menarik yang akan kamu rasakan setelah lulus dari SMA sederajat, banyak sekali suka dukanya sekalipun hanya ada beberapa kesan baik saat kamu mengenyam pendidikan SMA dulu.

Baca Juga: 5 Cara untuk Tetap Mendapatkan Ilmu Meskipun Kamu Sudah Lulus Sekolah

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya